• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Makanan yang Konon akan Membawa Keberuntungan Bagimu

Share

11 Makanan yang Konon akan Membawa Keberuntungan Bagimu

Keberuntungan dipercaya bisa datang dari angka, tanaman hingga hewan peliharaan. Tapi tahu kah kamu kalau makanan juga bisa membawa hoki?


Makanan Pembawa Keberuntungan – Indonesia memiliki 34 provinsi yang berbeda-beda. Artinya, di setiap daerah memiliki budayanya masing-masing salah satunya kuliner. Kebayang kan ada berapa banyak jenis makanan di dunia kalau kuliner Indonesia sendiri saja sangat luas.

Dari keberagaman tersebut terciptalah jenis-jenis kuliner hasil dari perpaduan budaya di sekitarnya. Tidak sedikit juga kalau makanan yang mungkin adalah salah satu menu makanmu hari ini bawa keberuntungan, lho Toppers!

Yuk, simak apa saja makanan yang bisa membawa keberuntungan berikut ini. Siapa tahu dengan menyantap makanan tersebut akan membuatmu beruntung di Maret Mantap Tokopedia!

Tap Tap Mantap

Baca Juga: Cara Ikutan Tap Tap Mantap – Tokopedia Maret Mantap!

Makanan Pembawa Keberuntungan

1. Mie

Indomie Jadul
Bernostalgia dengan Indomie jadul yang tetap nikmat!

Mie sudah menjadi makanan populer di seluruh kalangan masyarakat dunia dari negara barat hingga timur dan Asia. pada tradisi China, mie di konsumsi pada perayaan malam tahun baru karena dipercaya sebagai pembawa keberuntungan serta panjang umur.

Bukan hanya pada perayaan malam tahun baru saja, pada hari ulang tahun seseorang, mie menjadi sebuah hidangan wajib untuk penambah umur panjang.

Hidangan mie juga harus utuh, tidak boleh terpotong supaya hoki dan umurnya juga tidak ikut terpotong.

2. Ikan

Joran Pancing Portabel
Memancing lebih praktis dan mudah, serta dapatkan ikan lebih banyak dengan joran pancing portable terbaik di sini!

Kaya akan Omega-3 serta kandungan gizi lainnya menjadikan ikan sebagai makanan bergizi bahkan, makanan laut tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Di balik dampak baik untuk tubuh, ikan pun juga dipercaya membawa hoki.

Berbagai negara memiliki tradisinya masing-masing soal ikan. Budaya Tionghoa akan memakan ikan rebus sampai tidak tersisa karena dianggap memberi umur panjang serta kesehatan.

Sedangkan di Jerman, ikan karper adalah makanan pembawa keberuntungan. Bahkan, sisiknya diselipkan dalam dompet untuk membawa kemakmuran.

3. Roti Bulat

makanan keberuntungan, makanan pembawa hoki
Sumber Gambar: BBC Good Food

Bukan hanya mie, roti juga sudah menjadi makanan populer di dunia dari negara Barat hingga Asia. Masyarakat di beberapa negara percaya bahwa roti bisa memberi kemakmuran dan panjang umur.

Beberapa negara yang percaya akan hal ini, yaitu Meksiko, Yunani, hingga Belanda. Ada pun roti yang dimaksud adalah seperti bun, donat, bagel, dan jenis roti lainnya.

4. Ehomaki

makanan keberuntungan, makanan pembawa hoki
Sumber Gambar: Moshi Nippon

Tahukah kalian, sushi roll asal Jepang juga dipercaya bisa membawa keberuntungan? Nah, ehomaki sendiri adalah tradisi makan sushi roll tanpa dipotong pada setiap tanggal 3 Februari, sehari sebelum musim semi di Jepang.

Selain memakannya tanpa dipotong, kalian juga harus mengikuti arah angin keberuntungan. Karena, masyarakat Jepang percaya bahwa ehomaki akan membawa keberuntungan, kesehatan serta kemakmuran.

5. Sayuran Hijau

makanan keberuntungan, makanan pembawa hoki
Sumber Gambar: BistroMD

Karena warna hijaunya, sayuran hijau dilambangkan identik dengan uang kertas. Di negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Irlandia menganggap sayuran hijau sebagai lambang kekayaan dan kemakmuran ekonomi.

Beberapa sayuran yang dimaksud, yaitu kale, brokoli, kubis dan lainnya.

6. Delima

makanan keberuntungan, makanan pembawa hoki
Sumber Gambar: Healthline

Buah delima memiliki warna merah seperti jantung hati mewakili kehidupan serta kesuburan dan umur panjang. Sifat buahnya untuk obat dijadikan lambang kesehatan. Lalu, bijinya yang banyak, disimbolkan sebagai kemakmuran.

Itulah kepercayaan penduduk Turki terhadap delima. Mereka percaya kalau buah merah ini membawa keberuntungan serta kesejahteraan.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: 12 Makanan yang Wajib Ada Saat Tahun Baru Imlek

7. Anggur

makanan keberuntungan, makanan pembawa hoki
Sumber Gambar: Grapes from California

Warga Spanyol dan Portugal percaya buah anggur bisa memberikan keberuntungan. Dengan memakan 12 buah anggur pada tengah malam menjelang pergantian tahun akan membawa keberuntungan untuk tahun selanjutnya.

12 anggur menggambarkan 12 bulan ke depan. Jadi, kalau makan 12 anggur di tahun baru, 12 bulan selanjutnya bisa mendapatkan untung.

8. Kacang Tunggak

makanan keberuntungan, makanan pembawa hoki
Sumber Gambar: Total Harvest

Menurut warga Amerika bagian Selatan seperti Brasil, kacang tunggak adalah simbol uang koin. Pada zaman perang saudara, banyak penduduk mengalami kelaparan karena penjarahan makanan saat perang.

Saat itu warga hanya menemukan beberapa tanaman salah satunya kacang tunggak. Sehingga kacang ini merupakn kacang sejarah bagi rakyat Amerika Selatan.

Mereka percaya kalau mengkonsumsi kacang tunggak akan membawa keberuntungan di tahun baru.

9. Ketupat

makanan pembawa keberuntungan
Sumber Gambar: Wikipedia

Ketupat merupakan makanan khas Indonesia yang merupakan nasi lontong dibungkus dengan janur berbentuk segi empat. Makanan khas Idul Fitri ini ternyata dipercaya membawa keberuntungan loh Toppers.

Diawali dari tradisi masyarakat Jawa menggantung ketupat di depan pintu, rakyat Indonesia percaya kalau ketupat bisa jadi simbol keberuntungan.

Kabarnya Sunan Kalijaga mengenalkan tradisi ketupat sebagai sajian khas Lebaran yang hingga saat ini disantap bersama keluarga di kala bulan suci tahun baru Ramadan.

Dengan memakan ketupat dipercaya akan membawa keberuntungan serta berkah di tahun baru Hijriah. Ketupat juga merupakan sebuah simbol maaf dan silaturahmi.

10. Tteokguk

Sumber Gambar: Korean Bapsang

Tteokguk adalah sajian khas tahun baru Korea Selatan berbentuk sup dengan potongan kue beras di dalamnya. Masyarakat Korea percaya kalau makanan tersebut akan membawa keberuntungan ketika dimakan pada tahun baru.

Sup kue beras tersebut adalah lambang keberuntungan tahun baru dan mewakili bertambahnya usia satu tahun. Jadi, sajian ini menjadi makanan wajib bagi warga Korea Selatan untuk merayakan tahun baru.

11. Onigiri

Sumber Gambar: Pickled Plum

Makanan populer Jepang, Onigiri juga menjadi salah satu makanan pembawa keberuntungan. Bentuk khas segitiga menyerupai gunung akan mendatangkan berkah bagi siapa saja yang menyantap makanan ini.

Gunung menjadi sebuah tempat sakral karena masyarakat Jepang percaya kalau para dewa bersemayam di tempat tersebut. Jadi, ketika seseorang memakan onigiri niscaya dewa akan memberikan berkah pada orang tersebut.

Baca Juga: Cara Mendapatkan & Menggunakan Kupon Mantap Tokopedia!

Gimana Toppers, tertarik untuk mencoba? Siapa tahu kalian bisa beruntung dengan menyantap deretan makanan tersebut. Lagipula, kandungan gizinya pun cukup lengkap.

Jadi bukan hanya bawa untung, kesehatan tubuhmu juga akan ikutan untung. Tapi, kembali lagi tetap dalam kadar secukupnya ya!

Promo Maret Mantap Tokopedia

Nah, makanan hoki tersebut juga bisa membawamu dapat kesempatan besar memiliki barang idaman secara cuma-cuma. Jangan lupa untuk ikutan Tap Tap Mantap Tokopedia setiap hari sepanjang Maret untuk dapatkan berbagai hadiah menarik dengan nilai total Rp 15 miliar!

Selain itu, promo-promo Maret Mantap lainnya dari Tokopedia mulai dari Cashback Mantap hingga Rp 1 Juta dan juga Free Ongkir 5 kali akan buat bulan Maret Toppers dijamin makin Mantap!

jual makanan dan minuman
Mulai dari makanan dan minuman terfavorit sehari-hari, camilan kekinian hingga bumbu masak dapur ada di sini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juni 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juni 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia