10 Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami dan Efektif bagi Perokok

11251
cara membersihkan paru paru secara alami

Cara Membersihkan Paru-paru Kota-kota besar sangat berpolusi. Hal ini membuat banyak orang memiliki paru-paru yang tidak sehat. Apalagi, orang-orang yang kecanduan merokok, paru-parunya akan terlihat berwarna lebih gelap dibanding mereka yang menjalani hidup sehat.

Untuk kalian yang ingin hidup lebih sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk, berikut ini 10 cara ‘membersihkan’ paru-paru secara alami, terutama bagi para perokok. Yuk, langsung baca selengkapnya di bawah!

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat, Yuk! Ini Dia 7 Cara Berhenti Merokok

Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami bagi Perokok

1. Jahe dan Peppermint

cara membersihkan paru paru secara alami
Sumber Foto: Pixabay

Cara membersihkan paru-paru berikutnya adalah dengan mengonsumsi jahe dan peppermint, Toppers! Ternyata, jahe dan peppermint itu mampu membersihkan paru-paru karena kandungannya yang dapat mengeliminasi polutan dari udara yang dihirup. Selain itu, menthol yang terdapat pada peppermint berguna untuk merilekskan otot saluran pernapasan.

2. Omega 3

cara membersihkan paru paru secara alami
Sumber Foto: Pexels

Selain jahe dan peppermint, cara membersihkan paru-paru yang cukup ampuh adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Nutrisi ini merupakan zat yang dapat membuat paru-paru lebih sehat dengan mengurangi tingkat produksi lendir yang akan mengurangi risiko gejala penyakit paru-paru.

Kamu dapat menemukan omega 3 melalui makanan seafood, seperti kepiting, kerang, tuna, salmon, dan juga lobster. Tapi ingat, jangan terlalu banyak makan seafood bagi kamu yang menderita kolesterol tinggi.

3. Kalium

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kalium juga merupakan cara membersihkan paru-paru, Toppers. Hal ini karena kalium bertindak sebagai tonik pembersih yang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan organ pernapasan ini. Beberapa buah yang memiliki kandungan kalium yang banyak adalah kurma, pisang, aprikot, dan pepaya.

4. Berolahraga

cara membersihkan paru paru secara alami
Sumber Foto: Pexels

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus rutin berolahraga minimal dua kali dalam seminggu. Dengan berolahraga, paru-paru akan bekerja lebih maksimal dan menormalkan pernapasan.

5. Sauna

Berikutnya, bersauna pun juga merupakan cara membersihkan paru-paru yang cukup bagus, Toppers. Hal ini karena ketika kamu bersauna, keringat yang dikeluarkan tubuhmu akan membantu menghilangkan racun yang ada di tubuhmu. Dengan ini, paru-paru juga akan merasa lebih enak karena racun tersebut telah dibuang.

jahe merah

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Olahraga Senam Zumba Ini

6. Kedelai

cara membersihkan paru paru secara alami
Sumber Foto: Pexels

Meningkatkan konsumsi kedelai juga merupakan cara membersihkan paru-paru, Toppers! Kandungan flavonoid yang terdapat pada kedelai dapat bertindak sebagai anti-peradang pada paru-paru dan juga melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker.

7. Bawang Putih

Tak hanya membuat masakan lebih enak, bawang putih juga merupakan tanaman yang punya khasiat luar biasa bagi kesehatan, salah satunya untuk paru-paru. Penelitian menyebutkan, rutin mengonsumsi bawang putih dua kali seminggu dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Ini karena bawang putih mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas, dan zat bernama allicin yang mampu mengatasi inflamasi.

8. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan B5. Bagi perokok, sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi brokoli. Sayuran ini mampu mengurangi kadar nikotin dalam tubuh, dan memulihkan kembali kebutuhan vitamin C yang hilang karena kebiasaan merokok.

9. Jauhi Rokok

cara membersihkan paru paru secara alami
Sumber Foto: Pexels

Hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk membersihkan paru-paru secara alami adalah dengan menjauhi rokok itu sendiri. Memang akan sulit, tapi sedikit demi sedikit kamu akan terbiasa menghilangkan kebiasan merokok. Sebisa mungkin jauhi juga orang yang sedang merokok, Toppers. Jika kamu terpaksa berada di ruangan yang ada orang sedang merokok, usahakanlah untuk menggunakan masker.

10. Air Putih

Kebiasaan merokok dapat membuat pecandunya mengalami dehidrasi. Peneliti mengatakan, banyak mengonsumsi air putih akan membantu kamu untuk berhenti merokok dan mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh. Dengan begitu, secara perlahan nikotin dalam paru-paru terkikis bersamaan dengan berhentinya kebiasaan merokok.

baca juga: Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari

Itulah beberapa cara membersihkan paru-paru secara alami dan ampuh, Toppers! Jika kamu sedang ingin membersihkan paru-parumu demi kesehatan tubuh, pastikan untuk mengikuti cara-cara di atas, dan jangan lupa berolahraga agar hasilnya bisa lebih maksimal. Untuk itu, temukan berbagai macam peralatan olahraga terbaik dan termurah hanya di Tokopedia!

Bagikan Artikel