Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing, Jangan Keliru!

18 May 2022
Share icon
Share
6 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing, Jangan Keliru!

Jangan sampai salah, berikut cara membedakan daging sapi dan daging kambing. Yuk, baca sampai habis!

Daging termasuk sumber protein yang banyak disukai banyak orang, khususnya daging sapi dan kambing. Kedua daging tersebut biasanya menjadi simbol perayaan Idul Adha umat Islam saat proses penyembelihan yang dilakukan pada hari raya. Selain itu, daging sapi dan daging kambing juga biasanya jadi menu favorit di acara besar seperti pernikahan, aqiqah, atau arisan. Karena daging sudah dipotong-potong, secara sekilas tampilannya mungkin tampak sama. Namun, ada trik untuk membedakan daging sapi dan kambing. Perbedaan daging sapi dan kambing bisa dilihat dari karakteristiknya yang mudah dikenali. Yuk, simak artikel berikut untuk tahu perbedaan di antara keduanya!

Baca Juga: Resep Iga Bakar: Daging Empuk, Lezat & Menggugah Selera!

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Fimela

Daging sapi dan kambing cukup populer dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kedua jenis daging ini merupakan sumber protein hewani yang manfaatnya dibutuhkan oleh tubuh. Kedua jenis daging tersebut biasanya diolah untuk makanan seperti sate, rendang, tongseng, dan gulai. Buat kamu yang hanya menyukai daging sapi atau daging kambing saja, tak perlu bingung untuk membedakan keduanya. Ada beberapa cara untuk mengenali daging kambing dan sapi. Berikut cara-cara yang bisa kamu praktikan:

1. Perhatikan Warnanya

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Flickr

Cara termudah membedakan daging sapi dan daging kambing adalah dengan memperhatikan warna dagingnya. Kedua daging tersebut memang terlihat merah, namun pada daging kambing warnanya lebih merah cerah dan daging sapi cenderung merah pucat. Jika sudah terpapar udara, warna daging kambing menjadi pucat keunguan sedangkan daging sapi berubah warnanya menjadi cokelat gelap. Perbedaan warna yang cukup mencolok, bukan?

2. Kenali Teskturnya

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Our Everyday Life

Selanjutnya, kamu juga bisa mengetahui perbedaan daging sapi dan daging kambing dari tekstur dagingnya. Tekstur daging sapi cenderung halus dan lembut saat dipegang, sedangkan daging kambing yang terasa lebih kasar. Tekstur daging sapi juga cukup keras, sehingga lemaknya tampak padat. Sedangkan daging kambing, gumpalan lemaknya terkumpul pada salah satu bagian tertentu saja.

3. Cium Aromanya

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Freepik

Kamu juga bisa melihat perbedaan di antara kedua daging tersebut dengan mencium aromanya. Aroma atau bau daging sapi dan kambing jelas berbeda. Daging kambing memiliki aroma yang lebih mencolok dibanding dengan daging sapi. Daging kambing akan tercium aroma yang cukup amis jika dibandingkan dengan daging sapi. Aroma daging sapi tidak begitu mencolok dan tidak terlalu amis. Baunya juga mudah hilang saat sudah dimasak. Sementara aroma daging kambing bisa tetap ada.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Udang agar Tetap Segar dalam 7 Langkah

4. Pehatikan Seratnya

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Liebherr

Hal lain yang bisa kamu jadikan patokan membedakan daging sapi dan daging kambing ialah dengan mengamati serat dagingnya. Daging sapi memiliki serat yang lebih kecil dan tak terlihat, tetapi jumlahnya cukup banyak. Sedangkan daging kambing, seratnya cenderung lebih tebal dan rapat.Supaya lebih jelas, coba renggangkan dagingnya dan kamu akan bisa melihat serat daging yang lebih mendetail.

5. Kenali Perbedaan Cita Rasanya

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Green Queen

Perbedaan daging sapi dan kambing juga bakal terlihat di cita rasa. Saat dimasak, daging sapi dan kambing punya rasa yang berbeda. Kambing punya rasa yang lebih gurih dibanding sapi. Baunya yang khas juga bisa mempengaruhi rasa daging kambing. Daging sapi tak mengeluarkan bau yang khas seperti daging kambing.

6. Perhatikan Tampaknya saat Matang

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Sumber Gambar: Beef Magazine

Saat matang, kedua daging tersebut juga tampak berbeda. Daging sapi bisa lebih empuk dibanding daging kambing yang cenderung alot meskipun sudah dimasak dengan benar. Jika kamu menemukan daging gulai yang keras dipotong dengan bau anyir, kemungkinan itu daging kambing, Toppers.

Baca Juga: Manfaat Daging Sapi: Protein Nikmat, Otot Kuat

Itulah beberapa cara untuk membedakan daging sapi dan kambing. Bagaimana Toppers, sudah paham cara membedakannya? Ketika akan masak atau memakannya, perhatikan baik-baik dan jangan sampai keliru ya, Toppers. Selain itu, ingat juga untuk tetap memperhatikan porsi dan cara pengolahannya ya Toppers, agar bisa mendapatkan nutrisinya secara optimal.

peralatan dapur tokopedia

Sudah tak sabar ingin memasak? Yuk, segera beli perlengkapan dapur terlengkap hanya di Tokopedia!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Bisa Awet Setahun!
    Home and Living
    Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Bisa Awet Setahun!
    Editor Picks
    27 Film Horor Indonesia Terbaik dan Terseram Sepanjang Masa (2022)
    27 Film Horor Indonesia Terbaik dan Terseram Sepanjang Masa (2022)
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia