• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Daging Sapi: Protein Nikmat, Otot Kuat

Share

11 Manfaat Daging Sapi: Protein Nikmat, Otot Kuat

Manfaat makan daging sapi bagi kesehatan tubuh. Sumber protein lezat, cegah anemia hingga baik untuk otot.


Daging sapi adalah salah satu daging merah yang paling umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Banyak sekali makanan khas Indonesia yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Sebut saja kuliner seperti rendang, rawon, sate, empal, dan lain-lain. Sebab, salah satu sumber protein terpopuler ini memang memiliki tekstur dan rasa yang nikmat. Namun, daging sapi bukan sekedar enak, lho, Toppers.

Di dalam daging sapi juga terkandung banyak nutrisi yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran enggak, apa saja manfaat daging sapi?

Baca Juga:

Manfaat Makan Daging Sapi bagi Kesehatan

Kaya nutrisi, daging sapi menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

1. Sumber Protein

manfaat daging sapi
Sumber Gambar: Pexels/@goumbik

Protein itu penting banget, Toppers, untuk tubuh kamu! Protein merupakan nutrisi yang membantu tubuh untuk membuat dan memperbaiki tulang, tulang rawan dan juga kulit.

Nah, daging sapi adalah salah satu sumber protein tertinggi yang bisa kamu dapatkan. 170 gram (g) daging sapi yang 80% bebas lemak memiliki 46 g protein, lho.

2. Kaya Mineral

Selain protein, daging sapi juga kaya akan mineral, Toppers. Daging sapi yang 80% bebas lemak bisa memberikan kamu lebih dari 50% dari kebutuhan harian selenium dan zinc kamu.

Daging sapi dapat menghindarkan Toppers dari defisiensi mineral. Beberapa dari mineral yang bisa kamu dapatkan dari daging sapi antara lain adaah iron, magnesium, selenium dan zinc.

3. Meningkatkan Imunitas

manfaat daging sapi
Sumber Gambar: Pexels/@pixelme

Zinc yang terkandung dalam daging sapi dapat membantu mendukung sistem imun kamu, Toppers. Selain itu, daging sapi juga mengandung karnosin yang dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artinya, daging sapi bisa membantu kamu untuk menjadi lebih kuat melawan serangan penyakit!

4. Membantu Mencegah Anemia

Daging sapi bisa membantu mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau anemia defisiensi besi.

Nah, kamu bisa mendapatkan kebutuhan zat besi ini dari daging sapi. Untuk orang-orang yang berisiko memiliki penyakit ini, daging sapi dapat membantu untuk mencegahnya.

Zat besi yang Toppers bisa dapatkan dari daging sapi akan membantu produksi hemoglobin yang turut membantu darah mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

5. Sumber Vitamin

manfaat daging sapi
Sumber Gambar: Pexels/@solliefoto

Daging sapi juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu, antara lain vitamin B6, vitamin B12, niacin dan riboflavin.

Daging ini memiliki kandungan vitamin B yang tinggi. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, kualitas tidur, bahkan mood. Vitamin B12 hanya bisa kamu dapatkan di bahan pangan hewani, Toppers.

Baca Juga:

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

6. Meningkatkan Stamina

Stamina kamu juga bisa terbantu, lho, berkat mengkonsumsi daging sapi. Sebab, karnosin yang terdapat pada daging sapi dapat mengurangi rasa lelah yang kamu rasakan saat beraktivitas, terlebih saat berolahraga. Jadi lebih kuat, deh, dalam menjalani hari!

7. Menurunkan Berat Badan

manfaat daging sapi
Sumber Gambar: Pexels/@totalshape

Untuk kamu yang ingin menjaga berat badan, daging sapi bisa membantu kamu, lho. L-carnitine yang terdapat pada daging sapi ternyata dapat membantu menurunkan berat badan, Toppers.

Asam linoleat terkonjugasi yang terdapat pada daging sapi pun dipercaya bisa membantu penurunan lemak. Meski begitu, manfaat daging sapi yang ini juga bergantung pada jenis daging sapi, porsi, dan cara pengolahannya, Toppers.

8. Memperkuat Tulang

Ingin memiliki tulang yang kuat? Daging sapi juga memiliki manfaat itu, lho. Pasalnya, daging sapi mengandung fosfor yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi kamu, lho, Toppers. Jadi, mengonsumsi daging sapi bisa membuat tulang kamu lebih kuat, nih!

9. Baik untuk Otot

manfaat makan daging sapi
Sumber Gambar: Pexels/@andres-ayrton

Daging sapi juga bagus banget untuk otot kamu. Manfaat ini bisa didapatkan berkat protein tinggi yang terkandung di daging sapi. Protein dapat membangun jaringan otot yang hilang alami akibat keausan, Toppers.

Dengan mengonsumsi daging sapi, kamu bisa tercegah dari hilangnya massa otot. Kehilangan massa otot memiliki dampak-dampak negatif, lho Toppers, seperti melemahnya tubuh dan sulitnya menjaga keseimbangan.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka, ternyata daging sapi juga memiliki manfaat untuk kulit kamu! Nutrisi dan mineral yang terkandung pada daging sapi dapat membantu proses regenerasi kulit, lho.

Selain itu, zat antikarsinogenik yang bisa kamu dapatkan dari daging sapi dapat mencegah pertumbuhan kanker, salah satunya kanker kulit.

11. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat daging sapi bagi kesehatan
Sumber Gambar: Pexels/@valeriya

Manfaat terakhir di daftar ini, adalah manfaat makan daging sapi untuk penyembuhan luka. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan protein yang terdapat di dalamnya.

Tak hanya itu, mineral, yang terdapat pada daging sapi, memiliki peran untuk mendistribusikan oksigen ke jaringan yang rusak, yang penting banget untuk proses penyembuhan luka, Toppers.

Baca Juga:

Demikianlah sederet manfaat daging sapi untuk kesehatan. Tetapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan porsi dan cara pengolahannya ya Toppers, agar bisa mendapatkan nutrisinya secara optimal.


produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Talitha Rucira Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia