• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Minuman untuk Insomnia, Bantu Tidur Lebih Cepat

Share

5 Minuman untuk Insomnia, Bantu Tidur Lebih Cepat

Minuman untuk insomnia yang membantu agar lebih cepat terlelap. Menenangkan pikiran hingga mentatasi kecemasan berlebih.


Tidur yang cukup menjadi suatu hal wajib dan merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Orang dewasa normalnya membutuhkan 7-9 jam waktu untuk tidur. Kekurangan atau terlalu banyak tidur bisa menimbulkan masalah seperti depresi, diabetes, penyakit jantung, hingga kematian.

Berbicara mengenai tidur, tidak semua orang dapat memulai tidur dengan mudah. Ada satu kondisi di mana seseorang kesulitan memulai tidur atau mempertahankan tidurnya. Hal ini yang sering kita kenal sebagai insomnia.

Jika kamu sedang mengalami kesulitan tidur karena insomnia, berikut ini beberapa minuman untuk insomnia yang dapat membantu tidur lebih cepat. Yuk, simak ulasannya!

Baca Juga: Insomnia: Gejala, Penyebab & Cara Mengatasi

Minuman untuk Insomnia Paling Ampuh

Konsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi insomnia di malam hari. Beruntungnya, terdapat beberapa minuman yang merangsang tidur dan dapat membantu kamu untuk lebih cepat merasakan kantuk.

Berikut ini daftar pilihan minuman yang dapat kamu coba untuk mengatasi insomnia:

1. Susu Hangat

article

Mungkin kamu pernah melihat beberapa adegan film ketika sang ibu memberikan susu hangat kepada anak-anaknya sebelum tidur. Ternyata dibalik tindakan ini ada alasan ilmiahnya, lho, Toppers. Susu hangat memang menjadi salah satu minuman untuk insomnia yang dapat merangsang rasa kantuk.

Dilansir dari Healthline, susu memiliki kandungan bernama triptofan, yang secara alami meningkatkan hormon serotonin yang dikenal berfungsi memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan. Hormon serotonin meningkatkan hormon pengatur tidur, yaitu melatonin.

Hormon melatonin dapat meningkatkan tidur dan memerangi berbagai gangguan tidur, termasuk insomnia.

Beli Susu Murni di Sini

2. Golden Milk

article

Golden milk atau susu emas ini mungkin lebih akrab sapaannya di Indonesia dengan nama susu kunyit. Selain menghangatkan tubuh, ternyata susu kunyit dapat membantu mengurangi gangguan tidur.

Susu untuk insomnia ini dapat dibuat dengan mudah:

  • Cukup campurkan ½ cangkir (118 ml) susu, 1 sendok teh kunyit bubuk, 1 buah jahe potongan kecil, dan 1 sendok teh madu.
  • Rebus susu dan campuran bahan tersebut selama 3-5 menit.
  • Kemudian, golden milk dapat segera dikonsumsi.

Sama-sama mengandung triptofan pada susu, campuran kunyit yang kaya akan senyawa kurkumin dapat meringankan efek kurang tidur, mengurangi peradangan, dan mengobati gejala kecemasan dan depresi dengan aman.

Beli Kunyit Bubuk Asli di Sini

3. Teh Chamomile

article

Apabila kamu memiliki alergi pada susu atau intoleransi laktosa, minuman yang satu ini dapat kamu coba, yaitu teh chamomile.

Berfokus untuk meningkatkan kualitas tidur, teh ini dibuat dengan cara memasukkan bunga chamomile ke dalam air panas. Kini sudah banyak produk teh chamomile yang dijual di dalam kemasan dan siap seduh.

Teh chamomile memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meredakan gejala pilek, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit. Chamomile dapat membantu mengatasi kecemasan dan insomnia, di mana hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hingga saat ini penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan terkait manfaat teh chamomile untuk membantu mengatasi insomnia. Namun, satu hal yang pasti, berdasarkan studi terakhir, mengonsumsi teh chamomile dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur.

Beli Teh Chamomile di Sini

Baca Juga: Bahaya Insomnia bagi Tubuh, Dampaknya Bisa Fatal

4. Smoothie Pisang-Almond

article

Minuman untuk insomnia tidak perlu yang membosankan atau tidak enak, kok, Toppers. Jika kamu tidak tertarik dengan beberapa pilihan di atas, smoothie bisa menjadi opsi yang pas.

Buah pisang diketahui memiliki kandungan tinggi kalium dan magnesium, almond memiliki kandungan triptofan dan melatonin. Selain di dalam pisang, kandungan kalium dan magnesium juga terdapat pada almond dapat membantu mengendurkan otot. Sehingga dapat bersantai di penghujung hari yang panjang.

Smoothie pisang-almond mengandung banyak senyawa yang meningkatkan tidur. Minuman ini tentunya cocok untuk kamu konsumsi agar mengurangi insomnia di malam hari.

Beli Buah Pisang di Sini

5. Jus Ceri

article

Ceri juga merupakan buah yang memiliki kandungan triptofan, yang merupakan pemicu produksi hormon melatonin. Kandungan ini yang diyakini menjadi salah satu alasan buah ini dapat membantu tidur.

Penelitian mencatat bahwa mengonsumsi dua gelas (480 ml) jus ceri setiap harinya selama dua minggu dapat meningkatkan total waktu tidur sebesar 84 menit, juga membantu mengobati gejala insomnia pada orang dewasa berusia 50 tahun ke atas.

Mengonsumsi jus ceri tepat untukmu yang mengalami insomnia dengan kasus sulit mempertahankan tidur, atau memiliki kualitas tidur yang buruk. Ceri yang paling dianjurkan untuk dibuat sebagai jus ceri adalah Montmorency tart cherry.

Karena buah ceri yang memiliki rasa manis sedikit asam ini memiliki melatonin enam kali lebih banyak dibandingkan Balaton cherry yang memiliki rasa manis.

Beli Buah Ceri di Sini

Baca Juga: Cara Cepat Tidur untuk Insomnia, Bikin Lelap

Nah, sekarang sudah tahu, kan, Toppers, minuman-minuman yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi insomnia? Semoga daftar pilihan minuman untuk insomnia di atas dapat membantumu untuk tidur lebih cepat.

Kini kamu bisa mendapatkan berbagai minuman dan produk kesehatan yang kamu butuhkan melalui Tokopedia. Beragam perlengkapan kamar tidur juga bisa kamu dapatkan untuk membantumu tidur lebih nyaman dan mengurangi insomnia.

Penulis: Nabila Zahra Apriliani

© 2009-2024, PT Tokopedia