15 Daftar Film Science Fiction Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

1207
film sci fi terbaik

Kamu penggemar berat film science fiction? Jika ya, yuk tambah wawasanmu dengan kumpulan film sci fi terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton!


Film Sci Fi Terbaik – Film fiksi ilmiah menjadi salah satu genre film terpopuler dan terlaris hingga kini. Hal ini dikarenakan keadaan realitas masyarakat yang mudah diidentifikasi secara logis atau memakai komputer, sehingga cepat terprediksi dan terasa membosankan.

Karena itulah Hollywood mencoba untuk ‘menghidupkan’ cerita sci-fi dan fantasi dalam upaya membuat dunia menyenangkan kembali. Hal ini juga dikarenakan melalui dunia misteri dan fiksi yang mengandung unsur khayalan, mereka dapat menawarkan harapan yang belum pernah dilihat oleh orang-orang di kehidupan nyata.

Apakah kamu salah satu dari penggemar film yang sarat ilmu pengetahuan ini? Jangan lewatkan faftar film sci-fi terbaik sepanjang masa berikut ini yang dapat membawamu ke ‘dunia lain’ dan pastinya juga cocok untuk semua umur!

Baca Juga: 15 Daftar Film Perang Terbaik Sepanjang Masa yang Diangkat dari Kisah Nyata

Film Sci Fi Terbaik

1. E.T. The Extra-terrestrial (1982)

film sci fi terbaik
Sumber Gambar: E.T. The Extra-terrestrial

Cerita tentang persahabatan antara alien dan anak manusia, mencari jalan keluar bersama untuk memulangkan sang alien. Seorang anak manusia bernama Elliot, menemukan makhluk asing di belakang rumahnya.

Elliot akhirnya membawanya ke rumah dan, Michael (kakak Elliot) serta Gertie, adiknya, bertemu dengan sosok asing tersebut. Mereka memutuskan untuk merahasiakan hal itu dari ibu mereka dan persahabatan di antara mereka dimulai. 

Elliot memiliki hubungan dan koneksi yang sangat erat dengan E.T. Ketiga kakak beradik ini membantu E.T untuk kembali ke rumahnya hingga keberadaannya diketahui agen pemerintahan.

Kisah film persahabatan ini memiliki jalan cerita yang mengharukan dengan adegan ikonik jari Elliot dan E.T yang masih membekas di benak penonton.

2. Back To The Future (1985)

film sci fi terbaik
Sumber Gambar: Fandom Podcast

Film yang dirilis pada 80an ini mengisahkan seorang anak SMA bernama Marty McFly yang secara tidak sengaja kembali ke masa lalu karena alat ciptaan teman ilmuwannya, Doc Brown. Marty kembali ke masa muda ayah ibunya dan mulai terlibat dalam kisah cinta mereka.

Marty harus menyatukan kembali orang tuanya ditambah permasalahan kompleks lainnya agar ia bisa kembali ke masa depan. Film bertema time travelling ini termasuk sebuah film ringan dengan humor-humor menghibur yang diselipkan di dalamnya.

Yang menarik, teknologi canggih yang ada di film ini pada zaman dahulu kini beberapa di antaranya terwujud menjadi nyata. Seperti sensor sidik jari, pemindai wajah hingga drone.

3. Aliens (1986)

film sci fi terbaik
Sumber Gambar: IMDb

Ellen Ripley, menjadi satu-satunya orang yang selamat di antara semua anggota kru pesawat luar angkasa karena serangan alien. Ia ditemukan setelah 57 tahun berada di luar angkasa oleh tim penyelamat. Insiden tersebut masih membekas dan menimbulkan trauma pada Ripley.

Carter Burke, yang merupakan perusahaan representatif Ripley, memintanya untuk ikut menginvestigasi putusnya kontak dengan planet dimana Ripley menemukan alien itu. Ternyata planet tersebut sudah dipenuhi oleh alien-alien yang menyerang manusia yang ada di planet tersebut.

Ripley pun bertemu dengan seorang anak perempuan sebagai satu-satunya yang selamat dan berusaha menyelamatkannya.

4. The Fly (1986)

film science fiction terbaik
Sumber Gambar: Vintage Movie Poster

Merupakan sebuah film remake, The Fly 1986 adalah film science fiction yang sarat akan adegan body horror. Seth Brundle adalah seorang ilmuwan eksentrik, ia mengundang Veronica Quaife ke labnya untuk menunjukkan penemuan barunya berupa mesin teleportasi yang disebut “Telepod”.

Brundle berpikir jika ia berhasil memindahkan benda hidup, percobaannya akan berhasil. Ia akhirnya menjadikan dirinya sebagai objek percobaan tetapi seekor lalat masuk ke dalam mesin transmisi dan ketika ia keluar dari mesin teleportasi, Brundle mendapati dirinya berubah.

5. Jurassic Park (1993)

film science fiction terbaik
Sumber Gambar: IMDb

Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini mengambil dinosaurus sebagai cerita dalam filmnya. Banyak yang menyukai film ini bahkan, sekuelnya masih berlanjut hingga sekarang. Seorang billionaire bernama John Hammond, telah menciptakan sebuah taman bernama Jurassic Park di Isla Nublar, sebuah pulau yang dihuni dinosaurus kloning.

Hammond mengundang seorang paleontologi, Alan Grant dan asistennya Ellie Sattler, juga ahli matematika Ian Malcolm yang nantinya akan bergabung dengan kedua cucu Hammond untuk datang ke Jurassic Park. Mereka pun menemukan beberapa predator yang bebas dan berkeliaran.

Tur di Jurassic Park berubah menjadi sebuah petualangan untuk bertahan dari serangan dinosaurus yang memburu mereka.

Android TV Box
Ubah televisi apa pun jadi smart TV dengan cara praktis!

Baca Juga: 6 Film Tentang Hacker Terbaik yang Paling Seru dan Menginspirasi

6. Wall-E (2008)

film science fiction terbaik
Sumber Gambar: Fandom

Sebuah film animasi dari Pixar Animation menceritakan tentang robot bernama Wall-E yang di program untuk membersihkan bumi yang penuh dengan sampah. Manusia tidak lagi tinggal di bumi karena tidak layak lagi untuk ditinggali. Wall-E menjadi satu-satunya robot yang tersisa di ditemani kecoa peliharaannya.

Suatu hari, Eve, sebuah robot modern datang dan merubah hari-hari Wall-E. Eve memiliki misi untuk mencari tahu apakah bumi masih aman untuk ditinggali manusia dan ia menyadari bahwa Wall-E adalah kunci dari misinya tersebut.

Hingga Eve menemukan tanaman yang dirawat Wall-E dan secara otomatis kembali ke luar angkasa untuk melaporkan kepada manusia. Wall-E yang tidak mengerti mengikutinya hingga ke luar angkasa.

7. Star Trek (2009)

film science fiction
Sumber Gambar: Star Trek

Ketika James T. Kirk dilahirkan, ayahnya terbunuh saat mengorbankan dirinya untuk kru kapal luar angkasa yang ia kendalikan ketika sedang melawan Romulan. James Kirk tumbuh menjadi seorang yang suka memberontak dan membuat masalah.

Kirk akhirnya bergabung dengan Starfleet saat Narada dan Nero muncul kembali. Kirk dan krunya; Nyota Uhura, Hikaru Sulu dan Pavel Chekov memulai petualangan bersama dan menggantikan tokoh legend sebelumnya.

Film ini merupakan sekuel dari film original Star Trek sebelumnya pada tahun 90an yang sangat digemari banyak pecinta film sci-fi.

8. Gravity (2013)

film science fiction
Sumber Gambar: Warner Bros

Sandra Bullock yang berperan menjadi Dr. Ryan Stone, merupakan insinyur medis brilian dan Matt Kowalski (George Clooney), seorang astronot veteran NASA. Ditugaskan untuk memperbaiki salah satu stasiun milik NASA ISS dan bekerja sama untuk bertahan dari bencana di luar angkasa.

Mereka kehilangan kontak dengan bumi dan menipisnya oksigen, membuat film ini semakin intens. Satu-satunya jalan pulang, kemungkinan adalah pergi lebih jauh ke dalam ruang angkasa yang menakutkan.

9. Interstellar (2014)

film science fiction
Sumber Gambar: Fandom

Bumi tidak dapat lagi ditinggali. Bahan makanan dan hasil bumi rusak, wabah dan bencana membuat bumi semakin kritis. Sebuah tim penjelajah mengambil misi paling penting dalam sejarah manusia untuk mencari tempat tinggal baru bagi manusia.

Joseph Cooper, seorang mantan pilot NASA harus berpisah dengan Murphy, anak perempuannya untuk menelusuri galaksi demi kehidupan dan masa depan manusia.

Film fiksi ilmiah ini memiliki cerita yang rumit dengan ilmu-ilmu fisika yang diselipkan di dalamnya. Walaupun membingungkan bagi sebagian orang tetapi, disitulah nilai plus yang ada pada film ini.

10. The Martian (2015)

daftar film sci fi terbaik
Sumber Gambar: Fandom

Masih dengan film sci-fi bertema astronot, The Martian mengisahkan tentang seorang astronot yang terdampar di planet Mars. Dalam film ini, Matt Damon menunjukkan acting-nya sebagai Mark Watney, yang tertinggal sendirian di planet Mars oleh rekan-rekan astronotnya. Ia ditinggal karena dikira telah tewas oleh krunya.

Dengan persediaan yang terbatas, Mark harus bertahan hingga mendapat bantuan penyelamatan dari Bumi. Film bertema astronot ini diangkat dari novel karya Andy Weir dan telah mengantongi beberapa penghargaan bergengsi seperti Golden Globe Award dan Hugo Award.

Speaker Dazumba
Nonton film lebih seru dan maksimal dengan speaker Dazumba terbaik!

Baca Juga: Film Action Terbaik Sepanjang Masa

11. War For The Planet Of The Apes (2017)

daftar film sci fi terbaik
Sumber Gambar: Fox Movies

Merupakan trilogi dari Planet of The Apes, film fiksi ilmiah ini bercerita tentang perang antara kera dan manusia. Masih dengan tokoh yang sama yaitu Caesar, sebagai pemimpin dari kawanan kera. Di film ini Caesar mencoba membalaskan dendam karena keluarganya terbunuh oleh pasukan tentara manusia.

Hingga mereka bertemu dengan sang kolonel dan melawan satu sama lain yang akan menentukan takdir dari masing-masing kaumnya. War For The Planet Of The Apes ini menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI) dan motion capture yang epik dan memberikan emosi yang nyata pada filmnya.

12. The Space Between Us (2017)

daftar film sci fi terbaik
Sumber Gambar: Fandom

The Space Between Us merupakan film sci-fi bernuansa romance dimana, Gardner Elliot adalah orang pertama yang lahir di planet Mars. Tumbuh di Mars, Gardner yang menginjak usia 16 tahun memiliki intelektual yang tinggi dan rasa ingin tahu yang tinggi hingga akhirnya ia bertemu dengan Tulsa dari Colorado secara online.

Sampai akhirnya ia mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke bumi akan tetapi, ternyata para peneliti menemukan bahwa organ tubuh Gardner tidak dapat bertahan dengan atmosfer bumi. Bagi para penyuka film science fiction dan romance, film ini bisa masuk ke dalam daftarmu.

13. Justice League (2017)

film sci fi terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Warner Bros

Bagi pecinta superhero DC, tentunya film yang satu ini adalah tontonan yang wajib. Bagaimana tidak, para superhero akan bergabung menjadi satu tim untuk melawan ancaman besar yang bisa membahayakan manusia.

Bruce Wayne mengumpulkan hero seperti Wonder Woman, Aquaman, Cyborg dan Flash untuk mengalahkan Steppenwolf yang kembali ke bumi dan tentara Parademons.

Aksi dari setiap tokoh ikonik DC ini membuat Justice League menjadi film yang semakin seru untuk di tonton. Film sci-fi hero ini merupakan film lanjutan dari film DC sebelumnya, yaitu Batman vs Superman.

14. Thor: Ragnarok (2017)

film sci fi terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Marvel

Bagi pecinta Marvel Cinematic Universe siapa yang tidak mengetahui tokoh Thor? Film dari salah satu tokoh Marvel ini tentunya tidak akan dilewatkan bagi penggemarnya. Merupakan sekuel ketiga dari film Thor sebelumnya, kali ini pada film Thor: Ragnarok memberikan sentuhan komedi yang lebih banyak dari sebelumnya.

Thor terkurung di planet Sakaar tanpa palunya dan harus segera kembali ke tempat asalnya, Asgard. Ia harus kembali untuk menyelamatkan Asgard dan menghentikan kehancuran tempat tinggalnya tersebut dari tangan Hela yang kuat dan kejam. Tetapi, sebelumnya, ia harus bertahan dari kontes gladiator dan melawan temannya sendiri sang Incredible Hulk.

Aksi dewa petir yang diperankan Chris Hemsworth ini akan membawa keseruan ditambah komedi yang diselipkan di dalamnya. Penampilan Thor pun berbeda dari penampilan pada film Thor sebelumnya. Pastinya seru!

15. Star Wars: The Last Jedi (2017)

film sci fi terbaik sepanjang masa
Sumber Gambar: Star Wars

Rey, datang ke sebuah pulau terpencil untuk menemui Luke Skywalker dan memperkuat kemampuannya lewat bimbingan Jedi terakhir tersebut. Sementara itu, Resistance sedang melakukan persiapan untuk melawan First Order. Star Wars episode ke 8 ini merupakan lanjutan dari Star Wars Force Awaken.

Masih dengan tokoh-tokoh seperti Rey, Finn, Luke, dan Poe yang berjuang melindungi alam semesta. Rian Johnson mengantarkan cerita dengan baik dan berhasil menghidupkan plot kepada para penggemarnya. Pastinya Star Wars fans tidak akan melewatkan film sci-fi yang satu ini.

Baca Juga: 7 Film Komedi Terbaik Sepanjang Masa

Sangat seru dan menegangkan bukan daftar film sci-fi di atas? Dengan menonton film ber-genre fiksi ilmiah, kamu juga bisa menambah wawasan, terutama tentang ilmu pengetahuan atau science dan memperkuat imajinasimu, lho!

Agar aktivitas menonton lebih ‘khusyuk’ dan maksimal, jangan lupa koleksi film favorit terbaik dan pasang TV kabel tanpa repot hanya di Tokopedia!

pasang tv kabel
Pasang TV kabel lebih praktis dan nikmati berbagai penawaran menarik di sini!

Bagikan Artikel