• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Fungsi dan Manfaat Microwave untuk Permudah Hidup Sehari-hari

Share

10 Fungsi dan Manfaat Microwave untuk Permudah Hidup Sehari-hari

Microwave sangat berguna bagi kehidupan masa kini, mulai dari menghangatkan makanan, merebus, hingga mengupas bawang. Simak fungsi dan manfaat microwave!


Fungsi Microwave – Saat ini microwave sudah menjadi peralatan memasak yang wajib ada di sudut dapur modern. Bagaimana tidak, fungsi dan manfaat dari microwave begitu banyak dan sangat menguntungkan.

Terutama bagi yang banyak menghabiskan waktu di dapur mengurus keperluan pangan, bahkan para ibu rumah tangga yang ingin menyenangkan suaminya yang baru pulang kerja.

Fungsi alat ini ternyata tak hanya untuk memanggang, lho. Masih banyak lagi fungsi dan manfaat dari pemakaian microwave, untuk itu yuk simak selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merk Microwave Low Watt Terbaik

Fungsi dan Manfaat Microwave

1. Mengembalikan Tekstur Renyah

fungsi microwave, kegunaan microwave
Sumber Gambar: Food Network

Fungsi ini pasti sudah kamu pahami betul. Microwave akan mudah mengembalikan tekstur renyah makananmu, misalnya seperti kripik, sereal, dan kulit ayam dari restoran cepat saji semalam.

Kamu hanya perlu menunggu 30 detik sampai makananmu kembali renyah. Cepat dan mudah bukan?

2. Melelehkan Makanan yang Membeku

fungsi microwave oven, kegunaan microwave oven
Sumber Gambar: The Conversation

Jika kamu sedang menginginkan makan roti dengan selai coklat yang sudah lama di atas meja makan, pastikan selaimu tidak mengeras. Jika memang sudah mengeras, jangan khawatir, manfaatkan microwave yang ada di sudut dapur rumahmu.

Kamu bisa dengan mudah melelehkan selai cokelat menggunakan microwave, dan menikmati rotimu.

3. Melembutkan Makanan

manfaat microwave
Sumber Gambar: NYT Cooking

Nah, jika sebelum ini selaimu yang mengeras, bagaimana jika rotimu yang mengeras dan sudah tidak enak? Metode yang sama bisa kamu gunakan loh!

Hanya dengan microwave, rotimu akan kembali lembut dan kembali siap untuk disantap.

4. Merebus Makanan

fungsi dan manfaat microwave
Sumber Gambar: Wikihow

Microwave juga bisa kamu manfaatkan untuk merebus makanan. Misalnya kentang, kamu hanya perlu membungkus kentang tersebut dengan plastik khusus bersegel yang sudah diisi air.

Masukkan kentang, tutup segelnya, tunggu sekitar 5 menit, lalu keluarkan. Kentang pun siap disantap.

5. Mengembangkan Adonan

fungsi dan manfaat microwave
Sumber Gambar: Certified Foodies

Bahkan dengan microwave kamu bisa mengembangkan adonan roti. Caranya mudah saja kok, pertama masukan gelas atau cangkir berisi air ke dalam microwave.

Kemudian, panaskan hingga menguap, lalu matikan microwave, dan masukan adonan tersebut. Uap yang dihasilkan akan membuat adonan roti menjadi mengembang.

jual oven listrik
Kebutuhan memanggang dan membuat roti semakin praktis dengan oven listrik terbaik!

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Jitu Memilih Microwave Terbaik

6. Mengupas Bawang Putih dengan Mudah

Jika kamu takut tanganmu terluka ketika mengupas kulit bawang putih, ada cara menarik yang bisa kamu coba, yaitu menggunakan microwave.

Kamu hanya perlu memasukan bawang yang ingin dipotong kedalam microwave dan menunggu sejenak. Setelah itu kamu tidak perlu kerepotan lagi ketika ingin mengupas bawang putih.

7. Mempermudah Iris Bawang

Manangis ketika perasaan sedang tidak sedih atau terlalu gembira merupakan hal yang aneh. Jika kamu tidak mau merasakan hal ini, ada baiknya ketika ingin memotong bawang bombay, kamu memenaskannya terlebih dulu.

Panaskan bawang bombay dengan microwave selama 30 detik. Jangan lupa untuk memotong bagian atas dan bawah bawang sebelum memanaskannya.

8. Membersihkan Lemak Talenan

Jika iklan sabun cuci piring di televisi mengatakan dapat mengangkat lemak-lemak yang menempel pada talenanmu dengan bersih, cara satu ini dijamin akan membuat talenanmu lebih bersih dua kali lipat lagi.

Setelah mencuci talenan bekas memotong daging yang meninggalkan lemak yang sulit dibersihkan, masukan talenan tersebut ke dalam microwave, kemudian bilas. Talenanmu akan lebih bersih dan kembali steril.

9. Mematangkan Jagung

Dengan menggunakan microwave, kamu tidak perlu menunggu lama merebus atau mengukus untuk mematangkan jagung. Yang perlu kamu lakukan hanya memasukan jagung ke dalam kantung plastik.

Isi kantung plastik khusus tersebut dengan air. Atur microwave dengan api yang tinggi, tunggu 5 menit. Voila! Jagung siap dinikmati.

10. Hasilkan Lebih Banyak Air Lemon

Microwave juga bermanfaat untuk menghasilkan air dari lemon lebih banyak. Ketika kamu ingin memeras lemon, masukan terlebih dulu ke dalam microwave selama kurang lebih 20 detik.

Lemon yang sudah dipanaskan terlebih dahulu akan mengeluarkan air lebih banyak ketika diperas.

Baca Juga: 10 Langkah dan Cara Mudah Menggunakan Microwave

Itu lah beberapa fungsi dan manfaat yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa kamu terapkan ketika mengalami beberapa situasi di atas, ya! Yuk, temukan microwave dan peralatan masak yang awet, serta bumbu dasar dan bahan masak terlengkap hanya di Tokopedia!

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

10 Resep Makanan Ringan Mudah Dibuat, Pas untuk Dijual!
Home and Living
10 Resep Makanan Ringan Mudah Dibuat, Pas untuk Dijual!
© 2009-2024, PT Tokopedia