• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Struktur Lapisan Bumi Beserta Gambar dan Penjelasannya

26 February 2024

Share

Struktur Lapisan Bumi Beserta Gambar dan Penjelasannya

Planet bumi tersusun dari empat lapisan yang memiliki suhu dan bentuk yang berbeda. Berikut adalah struktur lapisan bumi beserta gambar dan penjelasannya.


Seperti yang sudah diketahui, kita tinggal di dalam planet Bumi yang merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni makhluk hidup.

Hal tersebut dikarenakan Bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen, dan memiliki cukup air untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Suhu udara di Bumi tidaklah terlalu panas dan terlalu dingin, yaitu rata-rata 22 derajat Celcius. Permukaan planet ini sebanyak 70% merupakan perairan dan sisanya adalah benua dan pulau.

Bagian dalam Bumi memiliki sifat aktif dengan inti yang terdiri dari besi padat. Sedangkan pada inti luar berupa fluida yang menciptakan medan magnet, dan lapisan tebal yang relatif padat di bagian mantel.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, berikut adalah struktur lapisan Bumi beserta gambar dan penjelasannya.

Gambar Lapisan Bumi

gambar lapisan bumi

Sumber gambar: snowbrains

Struktur Lapisan Bumi

struktur lapisan bumi

Berikut adalah struktur lapisan bumi selengkapnya!

1. Crust (Kerak Bumi)

Crust merupakan bagian terluar dari lapisan Bumi yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan lainnya.

Pada lapisan ini, terdapat unsur-unsur kimia seperti oksigen, silikon, aluminium, besi, kalsium, natrium, kalium, dan magnesium.

Lapisan Bumi paling luar ini juga terdiri dari dua jenis, yaitu lapisan kerak benua di daratan dan samudra di dasar laut.

Ketebalan pada kerak benua adalah 30 hingga 70 km, sementara kerak samudra memiliki ketebalan 6 sampai 11 km.

Pada bagian terluar Bumi, terjadi juga sebuah proses endogen yang membuat permukaan Bumi tidak rata akibat energi di dalamnya. Proses ini yang menyebabkan terbentuknya pegunungan dan bukit-bukit.

Proses ini juga terdiri dari tiga macam, yaitu tektonisme yang terjadi akibat pergerakan lapisan Bumi yang dapat menyebabkan retak, vulkanisme yang disebabkan oleh keluarnya magma dari perut ke permukaan, dan seisme pergerakan lempeng tektonik yang membuat permukaan bergetar atau gempa.

Baca Juga: Ciri Ciri Makhluk Hidup Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

2. Mantle (Mantel Bumi)

Lapisan Bumi kedua adalah mantel yang merupakan lapisan paling tebal dengan ketebalan mencapai 2.900 km. lapisan ini juga disebut lapisan astenosfer karena fungsinya yaitu untuk melindungi inti Bumi.

Pada lapisan ini, terdapat dua jenis mantel, yaitu mantel luar dan mantel dalam. Mantel luar memiliki ketebalan 10 sampai 300 km di bawah permukaan Bumi dengan suhu 1.400 hingga 3.000 derajat Kelvin yang membuat logam-logam di dalamnya sudah mengeras.

Pada bagian mantel dalam, ketebalannya 300 sampai 2890 km di bawah permukaan Bumi dengan suhu yang dapat mencapai 3.000 derajat Kelvin. Pada lapisan Bumi ini, sudah mulai berisikan logam cair.

3. Outer Core (Inti Luar)

Lapisan Bumi ini merupakan lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2266 km yang terdiri dari besi dan nikel di atas inti dalam dan di bawah mantel.

Suhu inti luar berkisar dari 4.300 derajat Kelvin di bagian luar hingga 5.000 derajat Kelvin di dekat inti dalam.

Dari suhunya yang tinggi, sudah dapat dipastikan bahwa lapisan ini berupa fluida dengan tingkat viskositas yang rendah. Arus Eddy yang terdapat pada inti luar juga telah mempengaruhi medan magnet Bumi.

4. Inner Core / Inti Dalam

Sesuai dengan namanya, inti dalam merupakan lapisan Bumi paling dalam yang berbentuk bola padat berjari-jari sekitar 1.220 km.

Lapisan ini merupakan lapisan terpanas dari Bumi dengan kedalaman 5.150 sampai 6.370 km dengan suhu 5.500 derajat Kelvin.

Lapisan ini dipercaya tersusun atas besi dan nikel, disertai juga belerang, karbon, oksigen, silikon, dan kalium dalam persentase kecil.

Baca Juga: Siklus Hidrologi Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Lapisan Udara yang Menyelubungi Bumi

Selain lapisan Bumi yang bersifat fisik di atas, terdapat pula empat susunan kimia pada planet Bumi, yang di antaranya:

  • Atmosfer

Lapisan udara yang membungkus Bumi dengan ketebalan lebih dari 650 km. Lapisan Bumi ini tersusun dari nitrogen sebesar 78% dan oksigen sebesar 21%. Terdapat lima jenis atmosfer, yaitu troposfer, strafosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

  • Hidrosfer

Lapisan air yang berada di permukaan Bumi, seperti samudra, danau, sungai, air tanah, serta uap.

  • Litosfer

Lapisan kerak paling luar yang terdiri dari batuan dan dapat bergerak sehingga bisa menimbulkan pergeseran benua.

  • Biosfer

Lapisan hidup yang tertuju kepada lapisan yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Lapisan Bumi ini mencakup daratan, air, udara, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Penelitian, Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

Selain memiliki lapisan yang berbentuk material, Bumi juga mempunyai lapisan yang berbentuk kimiawi.

Semakin dalam lapisan Bumi, maka suhu dan bentuknya pun akan berubah karena panas dan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Itulah penjelasan mengenai struktur lapisan Bumi, Toppers! Hingga saat ini, eksplorasi inti Bumi sangat tidak dianjurkan karena suhu yang akan meningkat secara drastis juga zat-zat kimia didalamnya.

Agar ilmu pengetahuan kamu lebih luas, yuk gabung program eLearning atau kursus online. Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan voucher belajar dengan mudah dan hemat di Tokopedia untuk memperluas ilmu pengetahuan.

Penulis: Lazuardi

© 2009-2024, PT Tokopedia