• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Kuliner Tradisional Batak dengan Cita Rasa Khas yang Unik

Share

12 Kuliner Tradisional Batak dengan Cita Rasa Khas yang Unik

Makanan Khas Batak – Suku Batak merupakan suku bangsa asli Nusantara yang mayoritas mendiami tanah Sumatera Utara. Batak sendiri terdiri dari berbagai suku bangsa serumpun meliputi Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Angkola, hingga Pakpak.

Sebagai salah satu suku bangsa terbesar di Indonesia, Batak memiliki sejarah panjang dan kebudayaan yang sangat kaya, salah satunya dalam hal kuliner. Berikut beberapa pilihan kuliner tradisional khas Batak yang tentu menawarkan cita rasa berbeda yang khas serta unik:

Baca juga: 30 Makanan Khas Sunda Lezat yang Bikin Perut Laper

Makanan Tradisional Khas Batak

1. Arsik

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Tokopedia

Berbahan dasar ikan air tawar seperti ikan mas, nila, hingga mujair, Arsik adalah panganan khas Batak yang kerap disajikan pada saat acara-acara adat.

Salah satu kekhasan dari kuliner Batak satu ini adalah penggunaan “andaliman”, rempah yang memiliki cita rasa pedas yang mampu memberikan sensasi rasa hangat pada saat dimakan.

Makanan khas Batak ini bisa disajikan berkuah ataupun kering dan memiliki aroma khas yang takkan gagal menggugah seleramu.

2. Natinombur

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Tribunnews

Masih berupa olahan ikan, Natinombur adalah makanan khas Batak selanjutnya yang juga berbahan dasar ikan air tawar. Diolah bersama ragam rempah dan juga santan sebelum kemudian dibakar hingga matang.

Dahulu, kuliner khas Batak ini merupakan hidangan bagi para nelayan di Danau Toba dan kerap disantap ketika para nelayan beristirahat di pantai pinggiran danau.

3. Naniura

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Detik

Berbeda dengan dua olahan ikan sebelumnya, Naniura umumnya disajikan dalam keadaan mentah. Tak salah jika banyak orang kemudian menjulukinya sebagai “sushi” khas Batak. Salah satu rahasia kelezatan dari makanan tradisional khas Batak.

Dengan ragam bumbu dan cita rasa asam dari cuka ataupun belimbing wuluh membantu proses pematangan dari Naniura sekaligus membuat makanan khas Batak ini terasa menyegarkan.

4. Saksang

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: MerahPutih

Makanan khas Batak selanjutnya ini memiliki bahan dasar yang berbeda, yakni Babi. Namun, tak sedikit juga yang mengganti bahan dasar Babi ini menjadi daging Anjing.

Tak hanya bahan dasarnya yang membuat kuliner khas Batak ini menjadi unik, namun juga proses pembuatannya yaitu dengan mencampurkan daging dengan darah dari daging itu sendiri.

Proses memasak ini memiliki nilai filosofi dan kepercayaan dimana daging dan darah tak boleh dipisahkan karena merupakan satu kesatuan dan jika dipisah akan membuat rasa dari daging menjadi tidak enak.

5. Dali Ni Horbo

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Tripelaketoba

Dali Ni Horbo adalah kuliner tradisional Batak selanjutnya yang juga cukup terkenal. Terbuat dari bahan dasar susu kerbau yang kemudian dimasak dengan bumbu dan juga proses yang masih tradisional.

Sekilas, hasil akhir dari makanan khas Batak ini terlihat seperti tahu, namun cita rasa asin dan gurihnya yang sangat khas tentu membuatnya terasa sangat berbeda dengan tahu yang berbahan dasar kacang kedelai.

6. Manuk Napinadar

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Resep Masakan Tradisional Indonesia

Buat pecinta kuliner olahan ayam, makanan khas Batak satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Serupa dengan Saksang, ciri khas dari ayam bakar ini adalah dagingnya yang dibumbui bersama dari daging ayam itu sendiri.

Dengan ciri khas rasa yang pedas, Manuk Napinadar wajib masuk dalam daftar makanan Batak untuk Toppers cicipi.

Baca juga: 28 Tujuan Wisata Kuliner Medan Favorit

7. Kue Ombus-Ombus

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Cerita Medan

Panganan khas Batak selanjutnya adalah Kue Ombus-Ombus, salah satu makanan ringan yang sering muncul dalam acara-acara adat Batak.

Berasal dari kota Siborong-borong, Tapanuli Utara, kuliner Batak berbahan dasar tepung beras ini memiliki rasa manis dari gula merah yang khas serta lezat.

8. Mie Gomak

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Tokopedia

Untuk pecinta kuliner mie, ada kuliner khas Batak yang cocok untukmu yaitu Mie Gomak. Terbuat dari bahan mie yang kerap disebut Mie Besar oleh masyarakat Batak, asal nama Gomak sendiri dipercaya karena proses pembuatannya yakni digomak-gomak (digenggam).

Mie yang telah matang kemudian disirami kuah dan sambal yang telah diolah bersama ragam bumbu khas Batak, termasuk rempah “andaliman” sehingga rasanya menjadi semakin sedap dan khas.

9. Babi Panggang Karo

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Flickr

Salah satu kuliner khas Batak yang sangat populer adalah Babi Panggang Karo atau kerap disingkat menjadi BPK.

Dari namanya saja Toppers sudah bisa menebak bila masakan khas Batak ini merupakan panganan asal Suku Karo. Memiliki cita rasa gurih dan renyah pada bagian luar, tak heran jika masakan khas Batak ini populer bahkan hingga ke berbagai daerah di luar Sumatera Utara.

10. Tanggo-Tanggo

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Hitabatak

Tanggo-tanggo merupakan olahan masakan khas Batak yang memiliki bahan tak berbeda jauh dengan Saksang.

Perbedaannya adalah daging yang digunakan umumnya diambil dari hewan yang berusia lebih mudah sehingga bumbu menjadi lebih meresap dan masakan memiliki tekstur yang lebih empuk.

11. Daun Ubi Tumbuk

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Wikipedia

Untuk lauk menemani berbagai masakan Batak di atas, ada olahan Daun Ubi Tumbuk yang menjadi salah satu masakan khas Batak yang cukup mudah ditemui.

Salah satu ciri khas olahan daun ubi khas Batak ini adalah penggunaan Buah Rimbang yang kemudian ditumbuk bersama berbagai bumbu rempah seperti cabai, bawang merah dan bawang putih sebelum dimasak bersama santan hingga matang.

12. Daun Ubi Jantung Pisang

Makanan Khas Batak
Sumber gambar: Okezone

Selain ditumbuk, olahan daun ubi khas Batak juga bisa dimasak bersama potongan daun pisang dan ditumis bersama kelapa parut dan rempah lainnya. Memiliki rasa asin dan gurih yang khas, lauk khas Batak ini bisa menjadi hidangan pendamping yang tepat untuk disantap bersama nasi dan masakan khas Batak lainnya seperti Manuk Napinadar dan Naniura.

Baca juga: 32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

Ada banyak sekali bukan ragam kuliner khas Batak yang bisa dicicipi saat berkunjung ke tanah Batak di Sumatera Utara? Makanan khas Batak mana yang paling membuatmu penasaran?

Agar petualangan kuliner Batak jadi lebih mudah, yuk lengkapi kebutuhan traveling di Aplikasi Tokopedia. Mulai dari tiket pesawat hingga pesan kamar hotel kini jauh lebih mudah lewat Tokopedia!

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
© 2009-2024, PT Tokopedia