15 Makanan Khas India yang Mendunia

5893
makanan khas India

Makanan Khas India – Untuk Toppers yang suka dengan budaya India pasti sering menemukan berbagai makanan khas yang unik dan lezat, baik lewat berbagai film atau drama Bollywood ataupun restoran India yang terkenal. Selain lezat, kuliner India juga mengandung komposisi bahan seperti rempah-rempah yang banyak ditemui di Indonesia sehingga banyak restoran India di Indonesia. Dikarenakan bumbu masak yang serupa, Toppers bahkan bisa dengan mudah membuat makanan khas India sendiri, lho!  Rasa dan aroma dari kuliner asli India ini juga unik dan mempunyai ciri khas yang beda dari masakan lainnya.

Mau tahu makanan khas India apa saja yang wajib kamu coba dan yang sudah mendunia? Yuk, simak berbagai infonya berikut ini:

Makanan Khas India yang Mendunia

Kathi Roll

makanan khas India
Sumber: Jason Lam

Street food atau jajanan kaki lima khas India juga menyajikan cita rasa lezat yang wajib dicoba kalau Toppers pecinta kuliner atau budaya India. Kathi roll ini merupakan salah satu jajanan kaki lima khas India yang paling terkenal dan mempunyai rasa sederhana dan bisa diterima oleh lidah siapa saja.

Sekilas kathi roll ini mirip dengan kebab ala timur tengah, tapi yang membuat beda adalah roti yang membungkusnya. Kathi roll menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti ala India asli yang enak banget.

Jalebi

makanan khas India
Sumber: Vitamin

Jalebi adalah makanan khas India yang merupakan permen atau manisan. Manisan khas India ini bisa dibilang wajib ada di rumah-rumah orang India. Camilan ini bentuknya hampir sama dengan pretzel dan dibuat dari tepung yang dibentuk melingkar untuk kemudian digoreng hingga matang. Setelah digoreng, jalebi akan direndam dalam sirup gula hingga permukaannya mengilap dan mengkristal. Jalebi bisa disajikan hangat ataupun dingin.

Samosa

makanan khas India
Sumber: Sonia Goyal

Snack dari India yang paling populer dan dikenal di dunia adalah samosa. Samosa ini mirip dengan pastel, yang membedakan hanya isiannya saja. Samosa merupakan makanan khas India yang menawarkan cita rasa gurih dengan tekstur yang renyah. Selain bercita rasa original dan gurih, sekarang samosa juga telah dimodifikasi sehingga memiliki berbagai varian rasa seperti cokelat dan susu, dan berbentuk segitiga.

Baca juga: Makanan Khas Sunda Yang Bikin Perut Laper

Tikka Masala

makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Tikka masala atau sering disebut kari ayam ini juga sangat terkenal dan bahkan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang. Kari ayam ini dimasak berwarna yoghurt, cream, dan tomat jadi warnanya lebih orange. Tikka masala juga punya rasa kari yang kuat banget dan cocok dimakan dengan nasi putih hangat.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Biryani

makanan khas India
Sumber: Pexels

Makanan khas India terkenal hampir di seluruh dunia dengan banyak sebutan, yaitu biryani, beryani, biriani, atau nasi briyani. Nasi biryani ini merupakan salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga. Satu hal yang tidak boleh lepas dari nasi biryani yaitu beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering. Nasi biryani yang sudah matang berikutnya ditambahkan dengan lauk pelengkap seperti aneka daging dan sayuran.

Dosa

makanan khas India
Sumber: Pexels

Pasti saat mendengar nama makanan khas India ini, sebagian masyarakat Indonesia akan bertanya-tanya, kenapa dinamakan dosa? Tapi, apa itu makanan dosa dari India ini? Dosa yaitu makanan yang mirip seperti lekker crepes, rasanya enak, bentuknya kering, dan teksturnya renyah. Dosa dibuat dari bahan dasar kacang dan beras yang sudah difermentasi. Makanan ini juga bagus banget buat kesehatan karena mengandung kadar karbohidrat tinggi dan rendah kandungan lemak serta kalori.

Ayam Tandoori

makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Masakan ini dinamakan ayam tandoori karena ayamnya melewati proses yang bernama tandoori. Tandoori sendiri yaitu cara memasak bahan makanan dengan bumbu yang dibuat meresap ke dalam bahan untuk kemudian dipanggang dalam oven tandoori bertemperatur sangat tinggi atau mencapai 300 derajat celcius. Bumbu yang biasanya digunakan untuk melumuri ayam ini antara lain minyak mustar, garam musala, garam bubuk, yoghurt, bubuk cabai, bubuk ketumbar, bubum jinten, dan bumbu khas India yang bernama kasoori methi. Tidak cuma terkenal di seluruh dunia, tapi cara memasak ayam ini juga sudah dilakukan di negara-negara lain untuk bahan makanan selain ayam.

Chole Bhature

makanan khas India
Sumber: Amanderson2

Chole bhature ini merupakan salah satu makanan khas India dengan bahan dasar kacang-kacangan. Chole sendiri merupakan kacang yang bisa ditemukan di India dengan mudah, bentuknya juga unik. Chole harus direndam terlebih dahulu selama satu malam untuk kemudian dimasak bersama beberapa bumbu yang juga dicampurkan dengan yoghurt. Sementara bhature yaitu roti yang berbentuk lebar setelah melewati proses penggorengan. Ukuran bhature cukup besar tapi di dalamnya tidak ada isi. Oleh karenanya, chole dan bhature bisa disantap sebagai sajian yang saling melengkapi.

Pakora

Makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Nah, Pakora ini merupakan makanan khas India yang umumnya dihidangkan sebagai menu pembuka. Bahan yang digunakan untuk membuat pakora antara lain tepung, bumbu rempah, dan sayur-sayuran yang dipotong-potong. Secara tampilan, pakora mirip dengan peyek dan jamur crispy. Bedanya, pakora dihidangkan dengan saus cocolan, sambal pedas, atau kecap asin. Pakora bisa disajkan sebagai cemilan, atau makanan yang mengenyangkan karena ada berbagai karbohidrat di dalamnya.

Baca juga: Makanan Khas Palembang Selain Pempek

Naan

makanan khas India
Sumber: Alpha

Kamu pasti sering melihat roti ini di berbagai festival kuliner atau di film drama India. Naan ini merupakan makanan khas India berbentuk roti yang terbuat dari bahan dasar tepung ragi. Diolah di dalam oven modern ataupun tradisional yang terbuat tanah liat atau orang India menyebutnya dengan tandoor. Roti ini juga sering dimakan bersama hidangan lain seperti ayam tandoori dan palak paneer.

Kulfi

makanan khas India
Sumber: snowpea&bokchoi

Kulfi bisa dikategorikan sebagai makanan penutup atau dessert ala India. Makanan khas India yang terkenal enak dan segar ini dibuat dari bahan dasar susu segar dan gula yang direbus pada api kecil. Kulfi biasanya dibuat pada sebuah wadah dari tanah liat bernama matka yang berisikan es batu dan garam agar kulfi enggak mudah meleleh. Untuk penyajiannya, kulfi umumnya dihidangkan di atas selembar daun kemudian disiram rempah-rempah tropis dan bahkan bihun. Kulfi mempunyai rasa yang beragam, seperti mawar, mangga, vanili dan rasa lain kesukaanmu.

Gulab Jamun

makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Toppers, kamu familiar dengan gulab jamun ini? Makanan khas India ini yaitu makanan sederhana yang berbentuk bulat seperti bola dengan ukuran kecil-kecil. Gulab jamun terbuat dari biskuit, susu bubuk, susu cair, dan mentega leleh. Adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat dan digoreng matang kemudian akan direndam dalam sirup air mawar selama beberapa jam hingga seharian. Setelah sirupnya menyerap, gulab jamun baru bisa dimakan dengan rasa manis dan aroma mawar yang enak dan segar.

Papri Chaat

makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Kamu bisa mencoba dan menemukan Papri Chaat di India atau restoran India dengan mudah karena cemilan yang satu ini memang merupakan salah favorit snack favorit orang India. Papri Chaat memiliki rasa unik yang mungkin belum pernah kamu rasakan sebelumnya dari masakan-masakan lain. Adonan yang mirip dengan pangsit goreng diisi dengan kentang rebus, kacang polong rebus dan disiram dengan saus yoghurt bisa bikin kamu ketagihan dan mau nambah terus.

Lassi

makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Minuman smoothie ala India ini juga udah mendunia, lho. Lassi ini cara pembuatannya mirip dengan milkshake, bahan-bahan yang digunakan yaitu yoghurt dan rempah-rempah. Selain rempah-rempah ada juga lassi yang dicampur dengan buah-buahan lainnya yang dijamin segar dan menyehatan apalagi diminum saat siang hari.

Dhokla

makanan khas India
Sumber: Wikimedia

Kamu yang suka sayur-sayuran atau vegetarian pasti cocok dengan makanan ini. Dhokla dikenal sebagai makanan khas India vegetarian. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dhokla ini terbuat dari berbagai sayuran dan juga cukup sederhana hanya campuran tepung beras dan kacang. Dhokla biasanya disajikan untuk pelengkap makan malam, makan siang, sarapan atau dijadikan snack karena enak dan ringan dimakan.

Masyarakat Indonesia sudah lama mengenali dan menggemari segala berbagai hal yang berbau India, termasuk salah satunya yang paling populer yaitu kulinernya yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Kamu bisa coba beberapa makanan khas India diatas yang enak dan menyehatkan di berbagai restoran India, atau kamu bisa membuatnya sendiri. Pasti kamu bisa ketagihan dan mau nambah terus. Penasaran dengan kuliner khas India yang sudah mendunia ini, Toppers?

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel