• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

50 Makanan Terenak di Dunia, Rendang jadi Perwakilan Indonesia

Share

50 Makanan Terenak di Dunia, Rendang jadi Perwakilan Indonesia

Berasal dari Afrika hingga Asia, berikut ini adalah daftar makanan terenak di dunia yang bisa menggugah selera. Rendang Indonesia masuk di dalamnya.


Setiap makanan terbuat dari bahan yang berbeda dan melalui proses pengolahan yang berbeda untuk menghasilkan cita rasa yang unik dan khas. Begitu pun setiap negara di dunia yang memiliki beragam makanan dengan ciri khasnya masing-masing. 

Mulai dari yang bercita rasa pedas, gurih, manis hingga rasa lain yang belum terbayangkan. Ada pula yang memiliki aroma rempah yang tajam. Tentunya semua tidak terlepas dari kebudayaan yang dimiliki oleh setiap negara. 

Akan tetapi, diantara itu semua manakah yang paling enak? Dan manakah yang termasuk dalam makanan terbaik? Jika kamu penasaran, yuk simak daftar makanan terenak di dunia yang dapat menginspirasi rencana liburan kamu.

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Daftar Makanan Terenak di Dunia 2021

1. Massaman Curry, Thailand

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Avocado Pesto

Massaman Curry menjadi salah satu makanan terenak di dunia versi CNN. Makanan satu ini disebut sebagai raja kari dari semua raja makanan.

Hindangan asal Thailand ini memiliki cita rasa yang pedas, manis dan gurih. Makanan paling lezat di dunia ini bisa kamu temukan hampir di setiap sudut jalan.

Baca Juga: 22 Restoran Jepang di Jakarta dengan Rating Tertinggi

2. Neapolitan Pizza, Italy

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: My Pizza Corner

Pizza merupakan salah satu makanan asal Italia yang berhasil mendunia. Salah satunya adalah pizza Neapolitan yang berhasil menjadi makanan terbaik di dunia. Keunikan dari pizza ini adalah memiliki topping yang sederhana.

Selain itu, jenis pizza ini terbuat dari adonan yang ditambahkan dengan tomat, garam, minyak zaitun, kemangi dan juga keju. Penggemar pizza wajib banget coba, nih!

3. Coklat, Mexico

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Pinterest

Apakah kamu salah satu penggemar makanan manis? Cokelat adalah salah satu jenis makanan manis yang disukai oleh banyak orang. Bahkan, makanan satu ini memiliki hari khusus yang dikenal dengan ‘World Chocolate Day’ yang diperingati setiap tanggal 7 Juli setiap tahunnya.

Cokelat sendiri terbuat dari biji kokoa yang dapat diolah menjadi berbagai jenis cemilan. Mulai dari bahan campuran untuk kue, truffle, praline, dan kue kering.

4. Sushi, Japan

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Pexels

Sushi menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Makanan terenak satu ini terbuat dari beras Jepang yang dimasak menjadi nasi, kemudian diisi dengan berbagai jenis ikan mentah seperti salmon ataupun tuna.

Namun, saat ini juga sudah banyak yang isiannya telah dimasak terlebih dahulu bahkan juga ada yang disajikan sebagai sushi goreng.

5. Peking Duck, China

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Eater Atlanta

Makanan terenak di dunia berikutnya adalah Peking Duck, yakni olahan bebek yang dilapisi dengan sirup maltosa.

Hidangan asal China ini disajikan dengan pancake, bawang, dan hoisin atau saus kacang manis yang dimasak dengan metode panggang dalam oven. Di beberapa restoran otentik di China, hindangan ini lebih banyak disajikan kulitnya daripada daging bebek.

6. Hamburger, Jerman

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Pexels

Hamburger adalah salah satu jenis makanan cepat saji yang berhasil mendudukin peringkat keenam sebagai makana terenak di dunia. Sajian asal Jerman ini merupakan kombinasi roti, daging, dan salad yang berhasil menarik perhatian dunia. Selain itu, kamu bisa temukan makanan satu ini dengan mudah di berbagai restoran cepat saji.

7. Penang Assam Laksa, Malaysia

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Roti n Rice

Hidangan Laksa terpopuler asal Malaysia ini terbuat dari ikan makarel rebus, asam jawa, cabai, mint, serai, bawang, dan juga nanas.

Makanan ini juga mengandung kaldu ikan dengan memberi cita rasa asam pedas yang dapat membuat kamu bergoyang lidah saat menyantapnya. Penang assam laksa ini juga bisa disajikan bersama mie dan jahe yang dapat memberi efek menyegarkan bagi tubuh.

Manfaatkan voucher makan Tokopedia untuk mendapatkan harga spesial saat melakukan transaksi di restoran dan cafe favoritmu.

8. Tom Yum Goong, Thailand

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Thai Food Plus

Datang dari negara Thailand lagi, sajian yang terbuat dari udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk perut ini berhasil menempati posisi delapan sebagai makanan terbaik dan terenak di dunia.

Kamu bisa menyantap hidangan lezat ini dengan santan dan krim. Dapatkan sejumlah cita rasa yang beragam, mulai dari asam, asin, pedas, dan manis saat menyantapnya.

Baca Juga: Rekomendasi Restoran All You Can Eat yang Murah dan Enak di Jakarta

9. Es Krim, Global

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Pexels

Jika kamu adalah pecinta es krim, sangat wajib mencicipi makanan beku yang terbuat dari susu satu ini.

Es krim ini banyak digemari oleh masyarakat dunia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, tersedia dengan banyak varian rasa dan topping, seperti cokelat, sirup, selai hingga wafer.

10. Chicken Muamba, Gabon

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Ang Sarap

Makanan terbaik dunia berikutnya adalah hidangan asal Gabon yang terbuat dari ayam, bawang putih, cabai, tomat, merica, garam, mentega, dan okra. Chicken Muamba dihiasi dengan selai kacang dan biasanya dimakan pada musim dingin karena memberi sensasi hangat saat memakannya.

11. Rendang, Indonesia

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Taste Asian Food

Rasanya tidak aneh lagi jika rendang menjadi satu-satunya makanan khas Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Hidangan asal Minang ini terbuat dari daging sapi yang direbus dengan santan dan campuran rempah, seperti serai, lengkuas, bawang, putih, kunyit, jahe, dan cabai. Setelah itu, direbus selama beberapa jam agar lebih empuk dan lezat.

12. Piri-piri Chicken, Mozambik

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Immaculate Bites

Piri-piri chicken merupakan masakan khas Afrika selatan yang banyak dicintai oleh masyarakat di seluruh dunia. Jika dilihat sekilas, hidangan satu ini tampak seperti ayam panggang dengan bumbu yang melimpah.

Sajian ayam ini dimasak dengan jeruk nipis, merica, bawang putih, santan, dan saus piri-piri. Untuk hidangan aslinya, kamu bisa menikmatinya di ibu kota Mozambik, yakni Maputo.

13. Corn on The Cob, Global

makanan terenak di dunia

Mungkin hampir semua penduduk di penjuru dunia sudah tahu dengan jenis makanan satu ini. Corn on the cob ini merupakan istilah kuliner yang digunakan untuk jagung rebus yang berasal dari jagung manis.

Jenis jagung manis sendiri adalah salah satu varietas jagung yang paling umum dikonsumsi langsung dengan tongkolnya. Menarik sekali bukan, jagung rebus masuk ke dalam jajaran makanan terbaik di dunia?

14. Donat, Amerika Serikat

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Freepik

Kue bulat asal Amerika Serikat ini rasanya tidak perlu dipekernalkan lagi. Sebab, sudah hampir semua orang tahu dan menyukai cemilan lezat ini. Meski memiliki kalori yang tinggi, dijamin akan membuat kamu ketagihan dan susah menolak rasanya yang begitu enak dan nikmat.

produk mangga
Temukan berbagai produk olahan mangga yang lezat untuk camilan sehat di sini!

15. Pierogi, Polandia

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Sajian Sedap

Pierogi adalah paket kelezatan yang dapat dipadukan dengan berbagai makanan lainnya, mulai dari kentang, asinan kubis, daging, keju, buah, topping mentega cair, sour cream, maupun bawang goreng.

Makanan ini direbus secara tradisional, namun umumnya juga tersedia dalam sajian goreng.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Hotel Ternyaman untuk Staycation di Jakarta

16. Pastel De Nata, Portugal

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Aria Esmeralda

Pastel de nata mungkin adalah salah satu hidangan pendamping yang terlezat di dunia. Makanan satu ini merupakan kue tart custard telur yang ditaburi dengan kayu manis.

Tidak hanya di Portugal, sajian satu ini juga sangat populer di bagian lain Eropa Barat, Asian, dan juga Brasil. Pantas saja masuk jajaran makanan terenak di dunia ya, Toppers?

17. Lobster, Global

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Freepik

Lupakan semua hidangan mewah, kamu wajib coba salah satu hidangan yang dibuat oleh koki terbaik.

Untuk mendapatkan cita rasa terbaik yang lezat secara alami, makanan ini dimasak dengan sederhana. Cara terbaik untuk menikmati lobster adalah dengan merebusnya dan menyajikannya dengan mentega cair dan irisan lemon.

18. Shish Kebab

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Selerasa

Shish kebab merupakan hidangan daging sapi yang dipanggang dan ditusuk seperti sate. Sajian ini mirip dengan sebuah hingan shashlik yang bisa ditemukan di kawasan Kaukasus.

Tidak hanya daging sapi, makanan terbaik ini juga bisa menggunakan daging domba, ayam, dan ikan todak. Cocok sekali untuk dinikmati dengan nasi dan sayuran untuk menu musim panas kamu.

19. Bunny Chow, Afrika Selatan

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Tesco Real Food

Terlepas dari namanya, makanan ini sama sekali tidak menggunakan daging kelinci. Bunny Chow termasuk salah satu street food yang paling disukai di Afrika Selatan.

Terbuat dari roti tawar yang kemudian dilubangi dan diisi dengan karir super pedas. Hidangan ini berasal dari komunitas India Durban.

20. Arepas, Venezuela

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Serious Eats

Selanjutnya adalah makanan yang terbuat dari adonan jagung yang bisa kamu lengkapi dengan sejumlah topping lezat, seperti keju, ayam suwir, kulit babi renyah, perico, daging sapi, tomat, dan alpukat.

Baca juga:

21. Croissant, Perancis

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Cookist

Wah, siapa sih yang nggak tahu makanan populer satu ini? Jenis pastry yang disiram dengan mentega, dan dioleskan selai raspberry dibagian atasnya sangat cocok untuk menjadi salah satu menu sarapan yang cocok disandingkan dengan secangkir kopi hangat di pagi hari.

22. Poke, Amerika Serikat

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Once Upon a Chef

Makanan pembuka khas Hawaii ini merupakan ikan mentah segar yang dibumbui dengan cara yang berbeda. Selain nikmat, hidangan lezat ini juga sehat, lho. Tidak hanya di Amerika Serikat, makanan ini juga telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia.

JUAL MAKARONI
Kerja lembur akan semakin semangat jika ditemani dengan snack Makaroni yang enak ini. Temukan beragam rasa Makaroni yang maknyoos cuma di Tokopedia!

23. Lasagna, Italy

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: The Country Cook

Setelah pizza, makanan khas Italia kembali memasuki jejeran daftar makanan terenak di dunia. Lazagna adalah salah satu makanan Italia yang terkenal.

Sajian lezat ini dibuat dengan berlapis pasta, saus tomat, daging cincang yang sangat cocok untuk dimakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Baca Juga: 10 Menu Makan Siang Enak yang Bisa Kamu Beli di Tokopedia Nyam!

24. Champ, Irlandia

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: BBC Cook

Champ adalah salah satu hidangan juara asal Irlandia, yang terbuat dari kentang tumbuk dengan bawang, mentega dan merica.

Makanan ini menjadi sempurna dengan tambahan daging atau ikan apapun. Sangat cocok sebagai andalan makanan pendamping menu utama.

25. Butter Garlic Crab, India

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Lousiana Cookin

Hidangan lezat asal India ini dibuat dengan merebus kepiting ke dalam campuran saus mentega dan bawang putih hingga meresep ke setiap sudut dan celah yang melapisi setiap inci daging.

Dengan cara masak yang sederhana kamu sudah bisa mendapatkan cita rasa yang mewah dan menggugah selera, lho!

26. Fajitas, Meksiko

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Spend with Pennies

Fajitas merupakan makanan khas Meksiko yang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Makanan satu ini terbuat dari daging yang dipadukan dengan capsicum, bawang bombang, guacamole, sour cream dan salsa ke dalam tortilla. Karena cara buatnya yang mudah, kamu juga bisa membuatnya di rumah, lho.

27. Lechón, Filipina

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Riverten Kitchen

Lechón adalah hidangan nasional asal Filipina yang terbuat dari babi muda utuh yang dipanggang diatas aram selama beberapa jam.

Dari prosesnya ini akan menghasilkan daging yang empuk dan kulit yang renyah. Biasanya, menu ini disajikan di acara-acara khusus sepanjang tahun.

jual makanan dan minuman
Mulai dari makanan dan minuman terfavorit hingga camilan dan makanan khas daerah ada di sini!

28. Pho, Vietnam

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Selerasa

Hidangan nasiona satu ini hanya terbuat dari kaldu, bihun segar, dan beberapa bumbu lainnya. Biasanya, dipadukan dengan daging atau atau daging sapi. Aroma dan rasanya dijamin akan membuat kamu sulit berpaling.

29. Ohmi-Gyu Beef Steak, Jepang

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Food Diversity

Daging sapi Wagyu Jepang adalah salah satu daging premium dari Peternakan Takar yang telah diakui oleh Istana Kekaisaran Jepang. Daging satu ini memang dikenal dengan harganya yang fantastis.

Daging sapi banyak dimakan dengan gaya sashimi, diolesi dengan jeruk purut dan sea salt. Marbling yang dimiliki memberi tekstur lembut dan meleleh dilidah, serta meninggalkan rasa daging sapi klasik yang lembut.

BACA JUGA: Cafe Hits di Bandung yang Murah Tapi Instagramable

30. Goi Cuon, Vietnam

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Katie’s Test Kitchen

Cemilan asal Vietnam ini berbahan dasar daging babi, udang, bumbu, bihun, dan lainnya yang dibungkus dengan kertas nasi.

Makanan ini memiliki rasa yang khas dengan rempah menyegarkan yang meledak di mulut saat memakannya. Agar lebih nikmat, kamu bisa celupkan ke dalam saus Vietnama yang sedikit manis.

31. Parma Ham, Italia

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Lavender and Lovage

Irisan ham kering yang asin dan tipis ini akan membuat cita rasa dari berbagai makanan lainnya menjadi lebih sempurna. Biasanya, dipadukan sebagai topping pizza, pendamping salad, dililit dengan grissini, dan pendamping buah melon.

32. Ankimo, Jepang

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Just One Cookbook

Ankimo adalah hidangan asal Jepang yang terbuat dari hati monkfish yang dibaluri dengan garam, lalu disiram dengan sake.

Setelah itu, digulung dan dikukus. Biasanya, makanan ini disajikan dengan momiji-oroshi, daun bawang yang tipis, dan saus ponzu. Dijamin kamu tidak menyesal saat mencobanya, karena Ankimo termasuk salah satu makanan terbaik di Jepang.

33. Fish ‘N Chips, Inggris

makanan terenak di dunia

Fish and chips merupakan hidangan yang terdiri dari ikan goreng yang disajikan dengan chips atau keripik. Kedua komponen dari makanan asal Inggris ini diperkenalkan dari budaya imigran yang berbeda.

Sehingga meciptakan perpaduan kuliner yang menjadi salah satu makanan khas Inggris yang renyah di luar dan lembut di dalam.

34. Maple Syrup, Kanada

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Serious Eats

Pernah mencoba makan pancake tanpa sirup maple? Pasti rasanya ada yang kurang bukan? Sirup mapel biasanya dibuat dari pohon maple, baik maple merah maupun maple hitam dan jenis maple lainnya. Di Kanada sendiri, sirup maple sering menjadi salah satu hadiah bagi orang tua.

Baca Juga: Makanan Khas Daerah di Indonesia Paling Favorit dan Terkenal

35. Chili Crab, Singapura

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Serious Eats

Rasanya kurang lengkap jika kamu mengunji Singapura tanpa mencoba makanan khas yang pedas satu ini.

Umumnya, makanan ini dibuat dari kepiting dengan lada hitam, kuning telur asin, keju panggang, dan lain-lain.

Saus tomat yang pedas itulah yang menjadi penggugah selera ketika melihatnya. Sangat tidak heran jika makanan ini masih menjadi menu best seller lokal.

36. Hummus, Timur Tengah

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Jisuking

Mungkin sudah banyak yang tahu makanan terbaik asal Timur Tengah ini. Sajian nikmat ini dibuat dengan buncis, bawang putih, jus lemon, dan tahini. Memiliki rasa enak yang cukup tajam dan biasa dipadukan dengan roti, daging, sayuran, kacang-kacangan maupun kue beras.

37. Chicken Parm, Australia

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Food Network

Penonton pub Australia mengklaim hidangan Italia ini sebagai miliki mereka. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa makanan ini memang cukup menyita perhatian karena tampilannya yang menggoda.

Makanan ini terbuat dari ayam fillet yang dibaluri dengan keju parmesan dan keju mozzarella yang meleleh, serta dipadukan dengan saus tomat yang pedas dan bawang putih.

38. French Toast, Hongkong

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Joy Food Sunshine

Roti panggang Prancis ala Hongkong ini merupakan dua potong roti bakar yang diolesi selai kacang atau selai sarikaya, kemudian direndam dalam adonan telur.

Lalu, digoreng dengan mentega dan disajikan dengan sirup dan mentega diatasnya. Nikmati dengan secangkir teh hangat.

39. Ketchup, Amerika Serikat

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Inspired Taste

Ketchup merupakan sambal atau bumbu yang wajib ada di atas meja, dan banyak orang yang biasnaya mengacu pada saus tomat.

Padahal, resep aslinya menggunakan putih telur, jamur, tiram, anggur, kerang, kenari, dan bahan-bahan lainnya.

baca juga: Rekomendasi Restoran All You Can Eat yang Murah dan Enak di Jakarta

40. Marzipan, Jerman

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Cookido

Marzipan merupakan sejenis permen yang cukup populer di Eropa dan terbuat dari gula dan badam yang dihaluskan.

Permen ini dikenal karena memiliki rasa dan karakteristik unik yang berasal dari badam pahit. Jangan sampai kamu terkecoh dengan imitasi murah yang menggunakan pasta kedelai atau esens almond, ya!

41. Stinky Tofu, Asia Tenggara

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Tofu Today

Stinky tofu adalah salah satu makanan paling ikonik di Asia Tenggara. Makanan ini memiliki bau yang cukup menyengat karena dibuat melalui proses fermentasi.

Biasanya, dijual di pasar malam atau kios pinggir jalan sebagai cemilan. Selain itu, juga banyak di jual di bar makan siang sebagai lauk. Tertarik mencobanya?

42. Buttered Toast with Marmite, Inggris

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Roti n Rice

Sepertinya, apapun yang diolesi dengan mentega akan terasa enak bukan? Seperti Buttered Toast with Marmite yang menjadi salah satu makanan terbaik di dunia.

Roti panggang satu ini memiliki cita rasa yang cukup tajam, asin, dan juga asam. Untuk memberi rasa ekstra, kamu bisa menambahkan lapisan selain di atasnya.

43. Taco, Meksiko

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Food Network

Taco adalah hidangan tradisional asal Meksiko yang terdiri dari tortilla jagung atau gandum dengan berukuran sedang.

Makanan ini dilipat disekitar isian dan dimakan dengan tangan. Isian dari hidangan satu ini biasanya daging sapi panggang dan bawang bombay.

44. Poutine, Kanada

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Seasons and Suppers

Meskipun asal-usulnya belum pasti, dan ada beberapa klaim yang bersaing tentang penemuan hidangan ini, jelasnya Poutine muncul di Quebec, Kanada pada akhir tahun 1950-an di wilayah Centre-du-Quebec.

Hidangan ini terbuat dari kentang goreng yang disiram dengan keju dan saus coklat. Manis dan asin, seperti apa ya perpaduan rasanya?

Baca Juga: Objek Wisata di Bogor yang Sedang Hits dan Wajib Dikunjungi

45. Chicken Rice, Singapura

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: When a Vagabond Cooks

Sering disebut sebagai hidangan nasional Singapura, ayam kukus atau rebus ini biasa disajikan diatas nasi berminyak yang harum, dilengkapi dengan irisan mentimun.

Varian lainnya juga bisa dengan ayam bakar atau ayam kecap. Saus celup yang terbuat dari kecap hitam premium, cabai, bawang putih, dan jahe tumbuk semakin memberi rasa terbaik pada makanan satu ini.

46. Som Tam, Thailand

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Selerasa

Menu satu ini bisa dibilang adalah salad Thailand yang terbuat dari bawang putih dan cabai. Kemudian, dipadukan dengan air asam jawa, kecap ikan, kacang tanah, udang kering, tomat, air jeruk nipis, pasta tebu, kacang panjang, dan pepaya hijau parut.

Biasanya, banyak dibuat dengan kepitis maupun saus ikan yang difermantis. Meski begitu, tetap tidak ada yang menandingi rasa sederhana aslinya.

47. Seafood Paella, Spanyol

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Simply Recipes

Berbagai macam seafood seperti udang, lobster, kerang, dan sotong yang dipadukan dengan berbagai bumbu,minyak, dan garam, serta berpadu dengan nasi putih akan membawa kamu ke dalam suasana liburan saat menyantapnya.

Bayangkan saja kamu ada disebuah pantai dengan angin sepoi-sepoi dan panci paella yang beruap ada dihadapan kamu. Nikamat sekali bukan?

48. Potato Chips

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Beyond The Chicken Coop

Tidak diketahui pasti kapan dan dimana pertama kali keripik kentang itu lahir. Namun, resep paling awal diketahui muncul dalam buku masak terlaris di tahun 1817 oleh orang Inggris bernama William Kitchiner.

Makanan ini termasuk cemilan yang paling ramah dan terbaik di dunia, dan banyak digemari oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

49. Masala Dosa, India

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Cook With Manali

Makanan asal India ini merupakan krep renyah dari adonan nasi yang membungkus campuran kentang tumbuk pedas, yang kemudian dicelupkan ke dalam chutney kelapa, acar, saus berbasis tomat dan miju-miju, serta bumbu lainnya.

Biasanya menjadi menu sarapan yang akan membuat kamu kenyang sampai jadwal makan siang.

50. Buttered Popcorn, Amerika Selatan

makanan terenak di dunia
Sumber Gambar: Top Secret Recipes

Nah, kalau makanan satu ini paling cocok sebagai teman menonton Netflix di tengah malam. Kamu bisa mengolah jagung ini dengan mentega yang dilumuri dengan saos karamel. Dijamin aktivitas nonton kamu akan semakin seru!

baca juga: Wisata Kuliner Malam di Bogor yang Nikmat Menggoyang lidah

Itu dia Toppers, daftar makanan terenak di dunia yang sayang untuk dilewatkan saat liburan. Kamu tertarik mencoba yang mana, nih?

Sekarang kamu juga tidak perlu repot jika ingin liburan keluar kota maupun luar negeri, semua kebutuhan liburan seperti tiket, koper, dan lainnya sudah bisa dibeli secara mudah di Tokopedia.

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Penulis: Cindy Krisania

© 2009-2024, PT Tokopedia