• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi bagi Penderita Asma

Share

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi bagi Penderita Asma

Tak ada makanan tertentu yang sepenuhnya mampu sembuhkan asma, tapi bisa hindari kambuh. Ini makanan untuk penderita asma yang baik dikonsumsi!


Asma memang adalah penyakit peradangan pada saluran pernapasan. Namun, menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan tertentu bisa mencegah serangan asma datang.

Perlu diingat bagi yang punya alergi terhadap berbagai kandungan atau jenis makanan tertentu, tetap harus diperhatikan dan cermat dalam memilih. Mungkin banyak yang tidak menyadari kalau makanan merupakan faktor yang krusial bagi penderita asma.

Sampai sekarang, belum dapat dipastikan apa penyebab penyakit asma. Begitu pula, belum ada obat atau makanan tertentu yang diklaim dapat menyembuhkan asma sepenuhnya.

Yang bisa kamu lakukan adalah selalu sedia inhaler ke mana pun kamu pergi serta mencegah gejala asma muncul. Karena kamu enggak pernah tahu kapan gejala asma tersebut menjadi semakin parah.

Menjaga kesehatan tubuh memang adalah sebuah kewajiban sekaligus pilihan yang bisa kamu ambil atau tidak. Toppers pasti gak mau kan sampai serangan asma bertambah parah sehingga bisa berakibat fatal?

Yuk, perhatikan asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita asma di bawah ini!

Produk Kesehatan / GoApotik
Temukan segala kebutuhan produk kesehatan secara cepat dan praktis di sini!

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Asma yang Ternyata Berbeda-beda Pemicunya

Makanan untuk Penderita Asma

1. Alpukat

makanan untuk penderita asma
Sumber Gambar: Healthline

Makanan pertama yang baik dikonsumsi penderita asma adalah alpukat. Alpukat disebut sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi, sehingga sangat bagus bagi kesehatan.

Alpukat memiliki kandungan glutathione yang mampu menangkal radikal bebas seperti histamine. Buat Toppers yang alergi dengan kacang-kacangan, alpukat bisa menjadi penggantinya karena buah satu ini juga tinggi akan vitamin E.

Perlu diketahui kalau kacang-kacangan juga berkhasiat baik bagi penderita asma karena kaya akan vitamin E. Vitamin E diketahui bisa menghentikan partikel radikal bebas yang bisa mengiritasi paru-paru.

2. Chia Seed

makanan untuk penderita asma
Sumber Gambar: Food & Wine Magazine

Chia seed tergolong sebagai salah satu superfood, karenea kaya akan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Terutama omega-3 yang mampu meredakan gejala asma karena alergi.

3. Kale

makanan untuk penderita asma
Sumber Gambar: BBC

Makanan yang bisa mengurangi gejala asma satu ini datang dari sayur-sayuran. Tahukah Toppers kalau Kale memiliki lebih banyak vitamin C per mangkok daripada satu buah jeruk utuh?

Vitamin C terbukti dapat mengurangi kontraksi otot di saluran berpanasan. Selain sumber vitamin C, kale juga mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin B6, serta yang terpenting adalah beta-karoten. Kandungan beta-karoten dipelajari dapat mengurangi gejala asma. 

4. Kunyit

makanan untuk penderita asma
Sumber Gambar: NDTV Food

Kunyit terkenal sebagai rempah yang punya banyak khasiat untuk menangkal berbagai macam penyakit. Dengan memperlancar aliran darah dan melemaskan otot-otot tubuh, kunyit berperan dalam menghindari serangan asma kambuh.

5. Bayam

makanan untuk penderita asma
Sumber Gambar: Food Network

Makanan yang baik untuk penderita asma selanjutnya adalah bayam. Karena banyaknya nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, bayam sampai disebut sebagai “superfood.”

Bayam memang padat akan kandungan gizi, antara lain vitamin C, beta-karoten, vitamin E, kalium, seng, zat besi, kalsium dan magnesium. Kandungan beta-karoten memiliki peran besar dalam mencegah gejala asma muncul.

Oleh sebab itu, makanan yang mengandung beta-karoten akan berkhasiat baik bagi penderita asma.

masker medis evo
Hindari polusi, debu dan kuman penyebab penyakit dengan masker pilihan berwarna menarik!

Baca Juga: Ketahui 10 Faktor Penyebab Asma, Tangani Secara Tepat!

6. Apel

makanan yang baik untuk penderita asma
Sumber Gambar: Britannica

“An apple a day keeps the doctor away”, yang artinya makan sebutir apel setiap hari akan terhindarkan dari penyakit. Pepatah ini menunjukan kalau apel memang sangat berkhasiat bagi kesehatan kita.

Terdapat kandungan bioflavonoid seperti quercetin yang diketahui memiliki antihistamin, antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Bahkan, wanita hamil yang rajin mengkonsumsi apel dapat melindungi anak mereka dari penyakit asma.

Selain nikmat dimakan langsung, kamu juga bisa kreasikan apel menjadi jus buah atau smoothies, Toppers. 

7. Pisang

makanan yang baik untuk penderita asma
Sumber Gambar: Medical News Today

Di kalangan penderita asma, pisang telah diketahui secara luas bisa menghindarkan penderita asma yang khususnya anak-anak dari gejala mengi. Mengi adalah suara yang timbul akibat udara dipaksa keluar melalui saluran pernapasan yang tersumbat atau menyempit.

Pisang bisa mengurangi peradangan pada saluran pernapasan karena ia memiliki kandungan asam fenolik yang relatif tinggi dibanding buah lainnya. Di sisi lain, pisang juga merupakan sumber kalium terbaik yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

Selain itu, pisang juga bisa menurunkan tekanan darah sehingga selain fungsi paru-paru kamu terjaga, fungsi jantung pun ikut terjaga. Pokoknya ga ada ruginya deh, Toppers, mengonsumsi pisang setiap hari.

8. Bawang Putih

makanan yang baik untuk penderita asma
Sumber Gambar: The Candida Diet

Bawang putih memang kerap kali sudah terbukti bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hanya saja bau yang tidak sedap ketika menyantapnya mentah-mentah membuat orang mencari alternatif lain.

Padahal untuk penderita asma, bawang putih sebetulnya sangat ampuh dalam mencegah gejala asma muncul. Bawang putih membantu penderita asma dalam mencegah paru-paru tersendat dan mengurangi peradangan saluran pernapasan.

9. Jahe

makanan yang baik untuk penderita asma
Sumber Gambar: Food Network

Makan terakhir yang baik untuk penderita asma yaitu jahe. Jahe sudah dipercaya sedari dulu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker. Ternyata jahe juga ampuh dalam mengatasi asma.

Jahe mampu mengontrol saluran pernapasan, meningkatkan relaksasi pada otot saluran napas sehingga tingkat penyerapan kalsium teratur. Kemampuan jahe yang terakhir tersebut berperan dalam mengurangi serangan asma.

Inilah sebabnya jahe patut dijadikan sebagai makanan untuk penderita asma.

10. Wortel

makanan yang baik untuk penderita asma
Sumber Gambar: The Spruce Eats

Wortel mengandung banyak vitamin A, vitamin C dan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kesehatan paru-paru. Wortel juga berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh guna menghindari serangan asma yang kambuh.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Asma Kambuh dengan Hal yang Sederhana

Bagaimanapun juga tubuh kita adalah tanggung jawab kita masing-masing, bukan? Punya kontrol terhadap makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh merupakan hal yang wajib, terlebih dengan adanya penyakit tertentu dalam tubuh kita.

Makanan memang menjadi faktor yang harus benar-benar diperhatikan bagi penderita asma. Salah makan, bisa memicu datangnya serangan asma. Sebaliknya, konsumsi makanan yang bisa mencegah munculnya gejala asma agar jauh meringankan beban kamu, Toppers.

Terakhir, pastikan kebutuhan minum air putih yang cukup setiap hari ya agar tubuh terhidrasi dengan baik! Karena ini juga jadi salah satu faktor penting untuk menghindari serangan asma.

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Nathania Griselda

© 2009-2024, PT Tokopedia