• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Makanan untuk Radang Tenggorokan, Nyaman Dikonsumsi & Mempercepat Penyembuhan

Share

10 Makanan untuk Radang Tenggorokan, Nyaman Dikonsumsi & Mempercepat Penyembuhan

Sedang radang tenggorokan dan ingin cepat sembuh? Simak makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan sakitnya!


Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) yang biasa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Biasanya, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam 5–10 hari. Meskipun bisa sembuh sendiri, bukan berarti kamu harus mengabaikan radang tenggorokan. Untuk mempercepat penyembuhan, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan bergizi guna meredakan kondisi tersebut. Apa saja jenis makanannya? Di bawah ini adalah daftar makanan untuk kamu yang sedang radang tenggorokan.

Baca Juga: Berbagai Menu Makanan Sehat Bergizi agar Bugar dan Kebal Penyakit

Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan

Supaya radang tenggorokan cepat sembuh, kamu tetap memerlukan asupan makanan bernutrisi yang cukup. Itu sebabnya, pilihlah makanan yang tepat, jangan sampai asupan makananmu malah memperparah peradangan. Simak rekomendasi makanan untuk bantu redakan radang tenggorokan berikut.

1. Sup Hangat

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Real Simple

Rekomendasi makanan pertama yang bisa bantu pulihkan radang tenggorokanmu ialah sup hangat. Semangkuk sup hangat dapat membantu membersihkan saluran udara yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan. Kaldu dalam sup dapat membantu menghambat pergerakan sel darah putih yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Kuah hangatnya juga dapat melegakan sakit tenggorokan dan meningkatkan pergerakan lendir hidung serta membuat tetap terhidrasi.

2. Madu

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Healthline

Madu terkenal dengan kandungan antioksidan yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, membantu meredakan peradangan, dan juga dipercaya efektif dalam melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Tentunya, hal Ini akan sangat baik untuk mempercepat kesembuhan pada radang tenggorokan. Campuran madu, lemon, dan air hangat juga dapat melegakan radang tenggorokanmu.

3. Oatmeal

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Food Detik

Mengutip Medical News Today, antioksidan dan magnesium dalam gandum membantu mengurangi peradangan, sementara seng mendukung kekebalan dan penyembuhan. Oatmeal juga mudah dicerna usus karena sarat akan serat dan bahan-bahan yang membantu menghilangkan racun dari tubuh. Teksturnya yang lembut membuat semangkuk bubur oatmeal hangat mudah ditelan dan membantu mencegah iritasi tenggorokan. Kamu juga bisa mencampurkan oatmeal hingga dua sendok madu atau potongan buah agar mendapat manfaat kesehatan tambahan.

4. Pisang

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Nippon Express

Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah ditelan saat kamu mengalami radang tenggorokan. Jika tidak begitu suka makan pisang langsung, kamu bisa membuat pisang jadi jus dan diminum perlahan-lahan. Kandungan vitamin B6, kalium, dan vitamin C yang terdapat pada buah ini bermanfaat untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Campurkan pisang ke bubur oatmeal atau dibuat salad bersama yogurt juga tak masalah.

5. Sayuran

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Food detik

Wortel, kol, kentang, dan sayuran lainnya dapat menjadi makanan yang membantu mengatasi radang tenggorokan asalkan dimasak sampai lunak. Pilihlah sayuran segar untuk dimasak supaya kandungan gizinya tetap terjaga. Dibandingkan rebus biasa, kamu bisa merebus sayuran ini bersama dengan susu rendah lemak dan kunyit. Namun jika tak ada kunyit dan susu, tak masalah juga hanya direbus dengan air bersih.

Baca Juga: Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar: Aman untuk Kesehatan!
tokopedia now

Belanja mau cepat sampai? Coba Tokopedia NOW di Aplikasi Tokopedia!

6. Jahe

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Women’s Health

Makanan yang bisa membantu mengobati radang tenggorokan lainnya yakni jahe. Bumbu dapur ini memiliki sifat anti peradangan, memiliki formula antivirus dan antibakteri, serta menjaga daya tahan tubuh. Cara menggunakan jahe sebagai obat radang tenggorokan alami cukup praktis. Seduh jahe yang sudah ditumbuk. Bila perlu, kamu juga bisa mengolah jahe untuk membuat wedang ronde.

7. Peppermint

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Detik Health

Selain dapat menyegarkan napas, kandungan mentol pada peppermint juga dapat membantu meringankan gejala radang tenggorokan dan batuk. Peppermint memiliki khasiat anti radang, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendukung penyembuhan. Toppers mungkin sudah pernah dengar bagaimana beberapa permen mint juga bisa meredakan sakit tenggorokanmu. Namun, lebih baik kamu memanfaatkan peppermint yang diolah sendiri saja dibandingkan mengonsumsi permen mint dengan jumlah banyak.

8. Ubi Kukus Tumbuk

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Okezone

Melansir Health, ubi jalar termasuk makanan yang bisa membantu mengobati radang tenggorokan secara alami. Makanan ini mengandung vitamin A dan C yang kaya akan antioksidan dan anti peradangan. Ubi kukus tumbuk juga nyaman dikonsumsi saat sakit tenggorokan. Untuk menambah cita rasa, tambahkan bubuk kayu manis yang memberikan tambahan antioksidan untuk melawan infeksi bakteri, virus, maupun jamur.

9. Telur Rebus

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: Diabetes Food Hub

Telur merupakan sumber protein yang baik. Protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Dibandingkan telur goreng, kamu bisa makan telur rebus. Ini karena telur rebus memiliki tekstur yang lebih lembut daripada telur yang digoreng dengan minyak atau mentega. Itu sebabnya, telur rebus dinilai cocok menjadi makanan untuk radang tenggorokan.

10. Mashed Potato

makanan untuk saat radang tenggorokan

Sumber Gambar: The Spruce Eat

Mashed potato atau kentang tumbuk bertekstur lembut menjadikannya pilihan tepat untuk kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan. Tak perlu membuang kulitnya, rebus atau kukus dan tumbuk bersamaan dengan dagingnya. Di samping itu, kulit kentang mengandung magnesium, vitamin C, dan antioksidan, yang membantu mempercepat pemulihan.

Baca Juga: Manfaat Pola Hidup Sehat dan Bersih, Nikmati Hasilnya!

Itu dia beberapa jenis makanan yang nyaman dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan sakit tenggorokanmu. Jika radang tenggorokanmu tak kunjung membaik dan muncul gejala lain seperti demam atau batuk, kamu bisa konsultasikan ke dokter ya, Toppers. Beberapa rekomendasi makanan di atas ternyata tersedia juga di Tokopedia lho, Toppers. Mulai dari buah-buahan, madu, hingga oatmeal, semuanya ada di Tokopedia! Yuk, tunggu apa lagi? Cek Tokopedia sekarang juga dan dapatkan diskon serta promo menarik lainnya!

produk kesehatan

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia