15 Menu Makanan Sehat Bergizi agar Bugar dan Kebal Penyakit

0
135
daftar menu makanan sehat dan bergizi setiap hari

Agar tubuh selalu sehat dan bugar, serta kebal penyakit, kamu bisa andalkan daftar menu makanan sehat dan bergizi setiap hari berikut ini!


Menu Makanan Sehat – Menjaga gaya hidup sehat bisa dilakukan tidak hanya dengan olahraga saja, tetapi juga dengan memperhatikan pola makan dan apa saja yang dikonsumsi sehari-hari.

Kamu perlu mengkonsumsi buah-buahan, sayuran hijau, dan mengurangi makanan dengan pengawet atau bahan buatan yang tidak alami agar badan terasa sehat dan tidak sering jatuh sakit.

Terdapat beberapa makanan yang masuk ke dalam kategori superfood yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit dan membuat kamu merasa sehat.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui apa saja makanan sehat dan bergizi yang dapat dikonsumsi setiap hari di dalam daftar tersebut dan manfaatnya untuk tubuh kamu, yuk!

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Baca Juga: Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih, Nikmati 10 Manfaatnya!

Daftar Menu Makan Sehat & Bergizi

1. Oatmeal

makanan sehat, menu makanan sehat
Sumber Gambar: Healthline

Oatmeal adalah salah satu makanan superfood yang biasa disantap ketika sarapan. Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal sangat baik untuk sistem pencernaan.

Makanan ini juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga konsumsi makanan sepanjang hari dapat lebih terjaga.

Sajikan oatmeal dengan susu dan madu untuk menambah rasa manis alami, atau bisa juga diolah menjadi snack seperti granola bar, cookies, dan lain-lain. 

2. Kacang-kacangan

makanan sehat, menu makanan sehat
Sumber Gambar: Bon Appetit

Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung dan jadi salah satu pencegah diabetes lho, Toppers. Hal ini dikarenakan kacang mengandung magnesium dan lemak tak jenuh yang sehat untuk tubuh.

Kandungan lain dalam kacang yang sangat bermanfaat untuk tubuh adalah antioksidan untuk menangkal radikal bebas, dan serat yang baik untuk pencernaan.

3. Buah Jeruk

makanan sehat, menu makanan sehat
Sumber Gambar: The Waffle Factory

Buah yang satu ini merupakan sumber vitamin C, serat, dan folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C dalam jeruk sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan antibodi yang dapat melawan infeksi dalam tubuh.

Selain itu, jeruk juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan mengencangkan kulit dengan kolagen.

Kamu bisa mengkonsumsi buah ini satu setiap harinya agar badan tetap bugar dan kebutuhan tubuh akan vitamin C terpenuhi.

4. Yogurt

makanan sehat dan bergizi, makanan yang sehat
Sumber Gambar: Abbeycroft Leisure

Yogurt mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Selain itu, terdapat juga kandungan lain yang sangat baik untuk tubuh, yaitu kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, direkomendasikan untuk mengkonsumsi yogurt  Yunani (Greek yoghurt) rasa plain agar mendapat ekstra protein dan tidak terlalu banyak gula tambahan.

Jika menginginkan rasa manis, coba tambahkan dengan pemanis alami seperti madu.

5. Beri-berian

makanan sehat dan bergizi, makanan yang sehat
Sumber Gambar: Everyday Health

Beri (stroberi, blueberry, raspberry, dan sebagainya) adalah jenis buah manis yang kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi yang dapat menangkal banyak penyakit.

Raspberry dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah kanker, blueberry dapat memperkuat ingatan, dan stroberi dapat mempercantik kulit dengan kandungan vitamin C-nya.

Kamu bisa menjadikan berbagai macam beri sebagai snack, dicampur dengan yogurt, sereal, smoothies, atau langsung dimakan.

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Baca Juga: 15 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari

6. Teh Hijau

makanan sehat dan bergizi, makanan yang sehat
Sumber Gambar: BBC Good Food

Ketika sedang pusing atau mual, banyak orang yang suka meminum teh untuk menghilangkan perasaan-perasaan tersebut.

Ternyata, terdapat jenis teh yang lebih berkhasiat untuk tubuh dibanding teh biasa, yaitu teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan dan dapat mengurangi inflamasi. 

Jika diminum secara rutin seperti setelah makan atau beberapa jam sebelum tidur, teh hijau dipercaya dapat mengikat lemak-lemak berlebih dari makanan, melancarkan pencernaan.

Sehingga cocok dikonsumsi jika kamu sedang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

7. Buah Alpukat

makanan sehat dan bergizi, makanan yang sehat
Sumber Gambar: The Daily Meal

Alpukat merupakan buah yang sangat kaya akan nutrisi: serat, vitamin, mineral, dan lemak (healthy fats) yang dapat mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi alpukat baik secara langsung, dijadikan jus, atau sebagai pelengkap makanan lain.

Jika rutin memakan buah alpukat, risiko penyakit berat seperti jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker dipercaya akan menurun.

8. Ubi

daftar menu makanan sehat setiap hari
Sumber Gambar: Food Network

Toppers pasti sudah tahu kan, bahwa umbi-umbian yang biasa dibakar atau kukus satu ini sangat berkhasiat untuk tubuh? Ketika dimakan dan masuk ke dalam tubuh, kandungan dalam ubi diproses menjadi vitamin A aktif yang dapat menjaga kesehatan mata, tulang, dan kekebalan tubuh.

Selain itu, ubi juga mengandung vitamin C, B6, kalium, dan mangan yang sangat baik untuk tubuh.

Jika ingin sambil menjaga berat badan, kamu bisa menggantikan nasi dengan berbagai jenis ubi, lho. Sumber energi yang baik, manis, serta baik untuk tubuh dan pencernaan.

9. Telur

daftar menu makanan sehat setiap hari
Sumber Gambar: Pumpkin ‘N Spice

Bahan makanan yang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh lho, Toppers. Kandungan dalam kuning telur dapat menjaga kesehatan mata dan melindungi kulit dari kerusakan karena terpapar sinar UV.

Kamu bisa mengkonsumsi telur dengan cara apapun sesuai dengan selera, tetapi jika ingin benar-benar sehat, disarankan untuk menyajikan telur rebus atau kukus. 

10. Brokoli

daftar menu makanan sehat setiap hari
Sumber Gambar: Andrew Zimmern

Sayur memang merupakan makanan sederhana yang sangat kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, A, C, dan folat

Juga terdapat kandungan sulforaphane yang dapat merangsang enzim detoksifikasi tubuh, sehingga dapat mencegah kanker.

Jika ingin merebus brokoli, disarankan jangan terlalu lama agar sayur ini tidak kehilangan nutrisinya ya, Toppers.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Buang Racun dalam Tubuh dengan 10 Buah untuk Detox Terbaik

11. Bayam

daftar menu makanan sehat setiap hari
Sumber Gambar: Simply Recipes

Jika sebelumnya ada brokoli, kini ada bayam—sayur hijau yang kandungannya juga begitu menutrisi tubuh. Kandungan bayam antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, serat tinggi, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium.

Sama seperti brokoli, disarankan juga untuk tidak terlalu lama memasak bayam agar nutrisinya tidak hilang ketika direbus atau goreng.

Terdapat beberapa penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, melawan kanker, dan menjaga fungsi otak. 

12. Ikan Salmon

daftar menu makanan sehat
Sumber Gambar: Serious Eats

Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk otak dan tubuh. Salmon adalah salah satu jenis ikan yang paling kaya akan nutrisi.

Ketika mengkonsumsi salmon, kamu bisa mendapatkan protein, vitamin B, lemak sehat, kalium, dan selenium. Salmon juga dipercaya dapat menurunkan risiko sakit jantung dan diabetes, dengan cara menjaga berat badan sehat yang ideal.

Toppers bisa mengkonsumsi salmon 2 sampai 3 kali seminggu, agar nutrisi yang dibutuhkan badan tetap terpenuhi.

13. Minyak Zaitun

daftar menu makanan sehat
Sumber Gambar: Healthline

Minyak zaitun sangat kaya akan vitamin E, polifenol, dan lemak tak jenuh. Semua kandungan ini dapat berperan baik dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Jika ingin menumis atau menggoreng sesuatu, gunakan minyak zaitun agar hidangan tetap sehat dan bernutrisi.

Selain minyak zaitun, kamu juga bisa mengkonsumsi buah zaitunnya secara langsung, meskipun rasanya sedikit pahit. Tetapi jika sudah dibiasakan mengkonsumsi zaitun, lama kelamaan akan terbiasa dengan rasanya, kok. 

14. Tomat

daftar menu makanan bergizi
Sumber Gambar: Food Network

Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan likopen yang terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Tekstur dan rasanya yang segar juga membuat buah satu ini enak untuk dimakan langsung, diolah menjadi jus, atau dijadikan pelengkap makanan seperti salad dan lain-lain. 

15. Bawang Putih

daftar menu makanan bergizi
Sumber Gambar: Food Network

Terakhir, bawang putih. Bahan makanan yang biasa dijadikan bumbu utama berbagai makanan ini ternyata merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, selenium, mangan, dan juga serat yang baik untuk tubuh.

Mungkin Toppers juga tahu bahwa bawang putih juga sering digunakan untuk berbagai macam jenis pengobatan alami dan alternatif.

Bawang putih dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan tekanan darah, dan juga dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Baca Juga: 10 Tips & Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Tulang

Nah, itu dia daftar menu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi dan kreasikan sendiri di rumah sesuai keinginanmu, Toppers.

Jika ingin selalu bugar dan kebal terhadap berbagai macam penyakit, kamu juga harus menyeimbangi dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga, tidak begadang dan tidur cukup, serta berhenti konsumsi hal-hal yang tidak baik untuk tubuh.

Yuk, konsumsi menu makanan sehat setiap hari dan nikmati hidup yang lebih bugar mulai sekarang juga!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Bagikan Artikel