• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bikin Tubuh Lebih Sehat

Share

5 Manfaat Biji Bunga Matahari yang Bikin Tubuh Lebih Sehat

Tak cuma jadi camilan favorit, biji bunga matahari juga kaya akan nutrisi bermanfaat. Berikut manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan & kecantikan!


Manfaat Biji Bunga Matahari – Biji bunga matahari atau yang sering disebut kwaci terkenal sebagai salah satu camilan favorit yang lezat. Namun, ada banyak manfaat biji bunga matahari masih jarang diketahui oleh orang-orang.

Padahal biji bunga matahari yang biasa dijadikan camilan ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit loh!

Penasaran? Inilah manfaat biji bunga matahari untuk kesahatan dan kecantikan, Toppers!

Produk Kesehatan / GoApotik
Temukan segala kebutuhan produk kesehatan secara cepat dan praktis di sini!

Baca juga: 10 Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Rambut yang Tak Terduga

Manfaat Biji Bunga Matahari

1. Sebagai Anti-inflamasi

manfaat biji bunga matahari
Sumber Gambar: Healtline

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E ini mampu menetralkan radikal bebas yang merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak, dan kolesterol.

Dengan terlindungnya komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan, sehingga dapat mengurangi gejala asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis.

Selain itu, banyak manfaat biji bunga matahari karena kandungan antioksidan tinggi ini seperti mengurangi resiko penyakit jantung, kanker dan membantu mengurangi keparahan.

Bisa juga mengurangi fekuensi hot flashes pada wanita yang mengalami menopause, serta membantu mengurangi komplikasi diabetes.

2. Menurunkan Kolesterol

manfaat biji bunga matahari
Sumber Gambar: Kisaan Bazar

Sebuah studi dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry, menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Seperti biji wijen (400-413 mg per 100 g), kacang kenari (113 mg per 100 g), biji bunga matahari (270-289 mg per 100 g) dan biji labu (265 mg per 100 g)

Fungsi dari pitosterol sendiri adalah menurunkan kolesterol. Selain itu, kandungan asam lemak linoleat tak jenuh pada biji bunga matahari juga mampu meningkatkan kadal HDL atau “lemak baik”.

3. Mengurangi Stres dan Depresi

manfaat biji bunga matahari
Sumber Gambar: Old Farmer’s Almanac

Manfaat biji bunga matahari lainnya adalah mampu membantu mengurangi depresi dan stress.

Hal ini disebabkan oleh kadungan Niacin dan Pyridoxine dalam biji bunga matahari yang dapat meningkatkan aktivitas GABA (Gamma-aminobutyric Acid) dalam otak, yang membantu mengurangi kecemasan dan neurosis.

Jadi, manfaat biji bunga matahari juga bisa sebagai obat anti-stress juga loh!

4. Baik untuk Tulang

manfaat biji bunga matahari
Sumber Gambar: Britannica

Kandungan bermanfaat lainnya yang bisa Toppers dapatkan dari biji bunga matahari adalah magnesium. Magnesium sendiri berperan dalam mengatur kalsium yang diserap oleh tubuh.

Hal ini tak hanya membuat biji bunga matahari baik untuk kesehatan tulang, namun juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan cidera atau patah tulang.

5. Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit

manfaat biji bunga matahari
Sumber Gambar: Food Philosophy Blog

Seperti yang disebutkan diawal, biji bunga matahari kaya akan kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan.

Antioksidan ini juga diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas yang artinya membuat kulitmu menjadi lebih sehat!

Baca juga: 10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Jika mengonsumsi biji bunga matahari dirasa terlalu merepotkan. Toppers tidak perlu cemas, karena manfaat biji bunga matahari bisa kini sudah banyak terdapat di dalam berbagai suplemen vitamin dan juga produk kecantikan herbal yang ada di Tokopedia.

Yuk, buat tubuh lebih sehat dan kulit lebih segar dengan konsumsi biji bunga matahari!

kacang sehat
Ingin ngemil yang sehat? Ini solusinya!
© 2009-2024, PT Tokopedia