• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Perkuat Imun hingga Obati Batuk

12 August 2022

Share

15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Perkuat Imun hingga Obati Batuk

Selain dijadikan bumbu masakan, manfaat jahe untuk kesehatan juga luar biasa. Dari tingkatkan imun, redakan batuk hingga bantu diet.


Jahe merupakan rempah yang biasa dijadikan bumbu masak sebagai pelezat makanan bagi ibu rumah tangga. Ternyata selain bermanfaat untuk ‘amunisi’ dapur, jahe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Karena jahe memiliki kandungan zat fitokimia yang bermanfaat sebagai analgesik, anti peradangan dan anti-bakteri. Jahe juga memiliki kandungan vitamin B5 dan vitamin B6 yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Selain itu, masih sangat banyak manfaat jahe bagi kesehatan. Simak daftarnya berikut ini!

Baca Juga: Deretan Khasiat Jahe Merah untuk Menangkal Penyakit yang Efektif

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe selain dapat menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin, ada manfaat lain yang baik untuk tubuh, lho, Toppers. Salah satunya, dengan mengkonsumsi jahe, daya tahan tubuh kamu jadi kuat dan mampu menangkal berbagai penyakit. Selengkapnya di bawah ini:

1. Menurunkan Berat Badan

seorang wanita tidak lagi pas dengan jeansnya

Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat jahe yang pertama adalah menurunkan berat badan. Karena ketika mengonsumsi jahe pembuluh darah akan melebar, sehingga suhu tubuh menjadi naik dan mempercepat proses pembakaran lemak.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

berlari memompa jantung agar sehat

Sumber Gambar: Pixabay

Jahe juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Karena kandungan dalam jahe dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida berlebih dalam tubuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

3. Mengatasi Masuk Angin

ilustrasi masuk angin atau meriang tidak enak badan

Sumber Gambar: Unsplash

Manfaat jahe selanjutnya adalah untuk mengatasi masuk angin. Masuk angin pasti membuat tidak nyaman dalam menjalani aktivitas.

Masuk angin dapat diatasi dengan mengonsumsi air jahe, sehingga tubuh menjadi hangat dan angin bisa dikeluarkan dengan maksimal.

4. Meredakan Batuk dan Pilek

seorang anak kecil terkena influenza atau flu

Sumber Gambar: Pixabay

Banyak produk obat batuk dan pilek  atau permen pelega  tenggorokan yang menggunakan bahan dasar jahe.

Karena jahe terbukti dapat melegakan tenggorokan dengan cara menghancurkan lendir pada tenggorokan sehingga mudah dibuang dari sistem pernapasan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

dua wanita meloncat bahagia

Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat jahe beruikutnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi jahe kamu akan tidak mudah jatuh sakit karena jahe berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas.

6. Mengatasi Gejala Osteoarthritis

seorang atlet sedang terkapar di atas hamparan hijau lapangan

Sumber Gambar: Pixabay

Osteoarthritis merupakan gangguan persendian yang menyebabkan sendi di bagian tubuh seperti tangan, lutut dan pinggul menjadi nyeri dan kaku.

Dengan mengonsumsi jahe secara rutin dapat meningkatkan produksi asam salisilat yang bermanfaat untuk mengurangi gejala tersebut.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

seorang pria sedang makan

Sumber Gambar: Pixabay

Jahe juga memiliki manfaat bagi pencernaan. Jahe bermanfaat untuk mengatasi masalah perut kembung dan mual. Selain itu jahe juga berfungsi membersihkan usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Deretan Manfaat Bawang Putih untuk Tubuh Kamu

8. Mengatasi Nyeri Otot

atlet merasa kesakitan di lapangan

Sumber Gambar: Pixabay

Kandungan yang terdapat di dalam jahe telah diketahui secara efektif meredakan nyeri otot. Studi membuktikan bahwa rutin mengonsumsi 2 gram (g) jahe per hari selama 11 hari, mampu menurunkan nyeri otot secara signifikan.

9. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

tester diabetes

Sumber Gambar: Unsplash

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa jahe merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk menangkal diabetes. Rutin konsumsi jahe mampu menurunkan angka gula dalam darah sebanyak 12 persen!

10. Mengurangi Nyeri saat Menstruasi

ilustrasi perempuan kesakitan karena haid

Sumber Gambar: Pixabay

Bagi para wanita yang sering mengalami nyeri saat datang bulan, jahe mungkin bisa membantu. Studi menyarankan, konsumsi 1 g jahe setiap hari dalam tiga hari pertama periode menstruasi, maka hasilnya akan efektif.

11. Menurunkan Tingkat Kolesterol

ilustrasi kolesterol yang ada di sel darah merah

Sumber Gambar: CSL Behring

Kolesterol jahat alias high level lipoprotein (LDL) adalah faktor penyebab banyak penyakit berbahaya, salah satunya serangan jantung. Konsumsi sari jahe mampu menurunkan kolesterol secara ampuh.

Dengan catatan, kamu juga hindari jauh-jauh makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan mulailah konsumsi makanan sehat setiap hari.

12. Bantu Memerangi Kanker

logo peringatan kanker serviks

Sumber Gambar: Unsplash

Kandungan dalam jahe telah diteliti bermanfaat untuk membantu tubuh memerangi beberapa bentuk sel kanker. Menurut British Journal of Nutrition, jahe dapat membunuh sel-sel kanker di prostat, ovarium dan kanker kolorektal. 

13. Mencegah Penuaan Dini

dua orang perempuan muda bahagia

Sumber Gambar: Unsplash

Kejadian penuaan memang tidak bisa dihindarkan dengan berjalannya waktu. Namun, mengonsumsi jahe yang memiliki kadar antioksidan dan anti-inflamasi yang cukup tinggi dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan.

Jahe dapat mengontrol radikal bebas berbahaya yang dapat mempengaruhi metabolisme dan stres oksidatif di dalam tubuh. Kedua hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi kulit seseorang, sedangkan dengan rutin mengonsumsi jahe akan meminimalisir hal tersebut.

14. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

nenek berada di kursi roda

Sumber Gambar: Unsplash

Konon, menurut beberapa penelitan pada hewan, senyawa yang terdapat pada jahe dapat menghambat respons peradangan yang terjadi di otak. Banyak penelitian juga telah menunjukkan bahwa jahe mencegah hilangnya sel-sel otak manusia.

Dengan menjaga sel-sel otak tersebut, Toppers dapat mengurangi risiko alzheimer atau penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan. Studi lain juga berpendapat bahwa jahe dapat meningkatkan memori dan waktu reaksi lebih baik.

15. Menjaga Kesehatan Mulut dan Obat Diare

perempuan sedang melet memperlihatkan lidah

Sumber Gambar: Unsplash

Jahe memang terkenal dengan antibakterinya. Menurut studi Phytotheraphy Research, senyama yang ada dalam jahe bernama gingerol bekerja untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, sehingga bakteri tidak dapat tumbuh.

Selain itu, jahe juga sangat efektif untuk meredakan masalah pencernaan, seperti diare dan bisa mencegah cairan menumpuk di usus. Jahe dipercaya juga dapat menyembuhkan diare yang disebabkan oleh makanan yang kotor atau terkontaminasi.

Baca Juga: Ini Deretan Manfaat dari Kunyit yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, itu dia daftar manfaat jahe untuk Kesehatan! Untuk merasakan manfaat jahe di atas, kamu harus mengonsumsi jahe yang sudah diolah secara rutin. 

Agar lebih praktis, dapatkan jahe dan olahan jahe yang siap di konsumsi di Tokopedia! Dapatkan juga penawaran menarik yang berisi diskon dan promo agar belanjamu makin hemat.

jahe merah

Temukan jahe merah instan berkualitas dengan penawaran terbaik di sini!

© 2009-2024, PT Tokopedia