13 Manfaat Kunyit Asam: Jamu Daya Tahan hingga Atasi Haid

0
519
kunyit asam, jamu kunyit asam
Sumber Gambar: Freepik

Manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh. Ramuan tradisional yang tingkatkan imun, redakan nyeri haid hingga obati maag.


Kunyit asam sejak dulu dikenal sebagai minuman yang memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Seperti namanya, jamu ini berbahan utama kunyit atau kunir yang merupakan rempah-rempah yang telah lama dikenal sebagai obat herbal tradisional.

Jamu kunyit asam juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh tanpa efek samping berlebihan. Ini berkat kandungan kurkumin dalam kunyit yang berperan sebagai antioksidan alami dan antiperadangan.

Penasaran dengan manfaat jamu kunyit asam dan kandungan di dalamnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini, Toppers!

Baca Juga: Manfaat Kunyit: Anti Peradangan hingga Perangi Kanker

Kandungan Jamu Kunyit Asam

kunyit asam, jamu kunyit asam
Sumber Gambar: Freepik

Bila kamu membuat jamu kunyit asam secara tradisional, maka bahan utamanya adalah kunyit yang dicampur asam Jawa, gula merah, garam dan gula putih. Berikut masing-masing kandungan nutrisi dari kunyit dan asam.

Kunyit:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula
  • Zat besi
  • Potasium
  • Vitamin C

Asam Jawa:

  • Magnesium
  • Potasium
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3

Baca Juga: Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan: Tak Kalah dari Kunyit!

Manfaat/Khasiat Jamu Kunyit Asam

manfaat jamu kunyit asam, khasiat kunyit asam
Sumber Gambar: Freepik

Kunyit bisa membantu mengatasi berbagai masalah penyakit serius, mengurangi peradangan hingga nyeri haid. Selain itu, berikut berbagai manfaat yang bisa kamu nikmati dengan mengonsumsi jamu kunyit asam:

1. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah asam memiliki kandungan magnesium dan polifenol yang mampu mencegah penyakit diabetes, tidak terkecuali kunyit yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki enzim alpha-amilase yang mampu menghentikan penyerapan karbohidrat. Oleh sebab itu, kunyit asam sering direkomendasikan bagi para pengidap diabetes.

2. Mencegah dan Mengurangi Risiko Kanker

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker. Kurkumin juga berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan, sehingga dapat mencegah risiko mutasi sel kanker dalam tubuh.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi kunyit asam secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena kunyit asam mengandung anti bakteri dan anti peradangan.

Secara tidak langsung, kunyit asam juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit.

4. Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit Jantung

Berkat kandungan kurkumin pada kunyit, kamu bisa menekan risiko penyakit jantung, Hal ini karena kurkumin memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang. 

Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Kurkumin yang terdapat pada kunyit pada meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan kata lain, kamu bisa menghindari penyakit yang diakibatkan menurunnya fungsi otak.

6. Meredakan Nyeri Saat Haid

Kunyit asam sudah sejak lama menjadi salah satu senjata rahasia wanita untuk meredakan nyeri saat haid. Manfaat kunyit asam dapat dirasakan karena kandungan kurkumin dalam kunyit.

Kurkumin dapat menahan produksi hormon yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri, sehingga kontraksi rahim dapat mereda dan nyeri haid menjadi berkurang.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kunyit asam dapat menjadi alternatif minum sehat pilihan kamu.

Kunyit asam mampu menjaga kadar gula darah serta kolesterol. Sehingga kamu bisa terhindar dari risiko obesitas dan kenaikan berat badan yang drastis.

kunyit putih anti kanker
Temukan produk ekstrak kunyit putih untuk mengatasi berbagai macam penyakit!

Baca Juga: Obat Masuk Angin Alami: Herbal Tradisional, Antimual

8. Mencegah Penuaan Dini

Bila kamu sering terpapar radikal bebas dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka risiko penuaan dini dapat meningkat drastis.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengonsumsi kunyit asam yang mengandung antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

9. Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Manfaat kunyit asam untuk mengatasi jerawat sudah diketahui sejak lama.

Sering kali para wanita yang menjelang masa haid akan mengalami timbulnya jerawat hormonal di wajah, namun semua itu bisa diatasi dengan kunyit asam.

Kunyit asam dapat meredakan peradangan dan mencegah timbulnya jerawat karena mengandung vitamin A dan vitamin C dalam kunyit.

10. Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kunyit asam secara teratur. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena pengaruh antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya.

Bekas jerawat hingga wajah kusam dapat kamu atasi dengan rutin dan disiplin mengonsumi kunyit asam.

11. Meredakan Stres

Kurkumin dapat meningkatkan serotonin dan dopamin pada otak. Yang berarti secara tidak langsung kunyit asam dapat membantu meredakan stres dan depresi yang dialami oleh tubuh.

Seperti, bila kamu merasa stres karena nyeri haid yang dialami, kamu bisa mengonsumsi kunyit asam untuk meredakan nyeri tersebut.

12. Mengobati Maag Kambuh

Kunyit asam dapat mengobati gangguan pencernaan secara alami, termasuk bila kamu mengalami gejala maag. Coba seduh secangkir kunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Manfaat ini dapat kamu rasakan karena kurkumin dapat mengobati peradangan akibat luka di lambung saat maag kambuh, serta kurkumin dapat mengendalikan produksi asam lambung yang berlebihan.

13. Mengempiskan Perut yang Kembung

Buang gas secara berlebihan merupakan tanda bahwa, ada sesuatu yang bermasalah dalam perut kamu.

Kurkumin dalam kunyit asam dapat membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar dan mengurangi tekanan gas dalam perut. Sehingga dapat mengempiskan perut kembung.

Baca Juga: Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh, Perkuat ‘Benteng’ Imun!

Cara Konsumsi Jamu Kunyit Asam

kunyit asam, jamu kunyit asam
Sumber Gambar: Freepik

Setelah mengetahui kandungan dan khasiat dari jamu kunyit asam untuk kesehatan. Kamu juga bisa mulai mencoba membuatnya sendiri secara tradisional, berikut merupakan cara membuat kunyit asam.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 100 gram (g) kunyit
  • 50 g asam jawa
  • 100 g gula merah
  • 2 sendok makan (sdm) gula pasir
  • Sedikit garam
  • 500 mililiter (ml) air

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam:

  1. Kupas kunyit hingga bersih, lalu bilas dengan air mengalir.
  2. Parut kunyit hingga cukup halus.
  3. Campurkan parutan kunyit dengan segelas air.
  4. Aduk kunyit yang telah dicampur dengan segelas air menggunakan sendok sambil sesekali diberi tekanan agar rasa dari kunyit dapat keluar.
  5. Saring kunyit yang telah dicampur dengan air hingga hanya meninggalkan sarinya.
  6. Campurkan sari kunyit yang telah disaring dengan gula Jawa dan gula pasir.
  7. Tambahkan asam jawa dan aduk hingga semuanya larut dalam air.
  8. Siapkan panci dan mulai masak campuran kunyit asam dan bahan-bahan lainnya sampai mendidih.
  9. Setelah mendidih, tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata.
  10. Terakhir, dinginkan jamu pada suhu ruangan hingga siap dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Itu dia Toppers sederet manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Bila kamu tidak sempat membuatnya sendiri, kamu juga bisa membeli jamu kunyit asam siap seduh dan minuman herbal tradisional lainnya hanya di Tokopedia!

jual wedang jahe
Sekarang kamu bisa menikmati kehangatan wedang di rumah. Cari aja di Tokopedia. Yang jual banyak!

Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel