10 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, Kesuburan dan Ibu Hamil

0
193
manfaat kurma ajwa

Apa yang bikin kurma ajwa atau kurma Nabi yang manis asal Arab ini sangat populer? Cari tahu manfaat kurma ajwa untuk kesehatan lengkap disini!


Kurma Ajwa atau Kurma Nabi merupakan jenis kurma yang populer di kalangan orang Indonesia. Dikenal juga dengan “Raja dari Segala Kurma.”

Buah asal negeri Arab ini memiliki perpaduan rasa manis karamel, madu, dan kayu manis dengan tekstur yang kenyal. Tidak heran mengapa buah ini kerap dicari menjelang bulan Ramadhan ya. 

Tahukah Toppers, di seluruh dunia terdapat lebih dari 1.400 jenis kurma? Lantas, apa yang membuat kurma ajwa spesial?

Nah, selain rasa khasnya, buah ini memiliki kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi. Ada segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kurma ajwa loh. 

Berikut ini manfaat kurma ajwa untuk kesehatan!

baca juga: manfaat nabeez atau air rendaman kurma bagi kesehatan

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

manfaat kurma ajwa - melancarkan saluran pencernaan
Sumber Gambar: Silviarita – Pixabay

Kurma ajwa merupakan buah yang tinggi akan serat soluble (larut dalam air) untuk meningkatkan kinerja saluran pencernaan. Bagi kamu yang memiliki masalah sembelit akibat kurang makan sayur atau jarang olahraga, kurma ajwa ini bisa menjadi solusi ampuh. 

Selain itu, mengonsumsi serat ini dapat menahan rasa lapar. Cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan nih. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kurma ajwa dipenuhi dengan sederetan vitamin dari vitamin A, B, C, E, hingga K. Setiap vitamin ini mempunyai khasiat untuk kesehatan, terutama menjaga sistem imun tubuh. Flavonoid glycosides dalam vitamin inilah yang membekalkan tubuh dengan kadar antioksidan. 

Tentunya Toppers tahu pentingnya antioksidan ya. Properti ini menangkal radikal bebas untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan virus. 

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat kurma ajwa adalah untuk kesehatan ginjal dan menurunkan tekanan darah. Khasiat ini didapatkan dari kandungan serat dan mineral seperti zat besi dan potassium.

Manfaat inilah yang membuat kurma ajwa populer sepanjang tahun di negeri Arab dan bahkan seluruh dunia. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

menjaga kesehatan jantung
Sumber Gambar: Mdpremiere

Penyakit jantung adalah penyebab kematian utama di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang tersumbat akibat pola makan tidak sehat, kurang olahraga, kelebihan berat badan, atau pun merokok. 

Kurma Nabi merupakan salah satu obat alami untuk mencegah penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung dengan melancarkan sistem sirkulasi. Kurma ini bisa kamu rendam semalaman (8-12 jam) lalu dikonsumsi agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

5. Mencegah Diabetes

manfaat kurma ajwa -mencegah diabetes
Sumber Gambar: Congerdesign- Pixabay

Kurma ajwah berbeda dengan kurma lainnya karena mempunyai kandungan gula monosakarida. Gula ini tergolong gula paling sederhana dan tidak dapat dipecah lagi.

Gula ini cenderung lebih aman untuk diabetes tipe 2. Tambahan serat dalam kurma juga memiliki dampak positif untuk pasien diabetes. 

Untuk penderita diabetes, konsumsi 2-3 kurma ajwa per hari beserta makanan bergizi dan olahraga untuk khasiat mujarab! 

jual kurma
Berpuasa lebih sehat dengan mengonsumsi kurma!

baca juga: resep olahan kurma untuk sambut bulan ramadan

6. Meningkatkan Fertilitas

Kurma ajwa mengandung berbagai nutrisi dan mineral yang terbukti ampuh meningkatkan hormon libido dan membantu mempercepat pembuahan dalam rahim wanita.

Dengan kata lain, kurma ajwa dapat digunakan untuk memperbaiki kesuburan pihak pria dan wanita. 

7. Membantu Ibu Hamil dan Menyusui

manfaat kurma ajwa  membantu ibu hamil menyusui
Sumber Gambar: Freestocks – Unsplash

Sehubungan dengan fertilitas, kurma nabi mengadung zat oksitosin yang bermanfaat dalam proses persalinan. Zat ini mengaktifkan dinding otot rahim menjelang kehamilan, membantu kontraksi rahim saat persalinan, serta mengurangi pendarahan pasca kelahiran.

Manfaat kurma ajwa juga berdampak positif bagi ibu menyusui dengan bekerja merangsang produksi air susu ibu (ASI). 

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang wajib dijaga untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Toppers pasti tahu peran kalsium untuk kesehatan tulang.

Selain kaya akan kalsium, kurma ajwa mempunyai kandungan mangan, magnesium, dan tembaga yang sama pentingnya untuk menjaga tulang kuat dan sehat. 

9. Mencegah Anemia

mencegah anemia
Sumber Gambar: Pixabay

Anemia umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Beberapa gejalanya seperti letih lesu, pusing, dan terlihat pucat. Kurma nabi bisa dijadikan remedi alami untuk pasien anemia karena mengandung zat besi tinggi.

Buah ini juga berperan penting dalam meningkatkan hemoglobin (sel darah merah) dalam tubuh kamu.  

10. Sumber Energi

manfaat kurma ajwa sumber energi
Sumber Gambar: Pixabay

Ada alasanya mengapa kurma ajwa kerap dikonsumsi di bulan puasa loh. Buah ini berperan seperti minuman sports drink atau penambah energi, yang kerap dikonsumsi oleh orang setelah olahraga.

Tapi pastinya, kurma ajwa ini jauh lebih sehat karena tidak ada bahan pengawet atau zat kimia yang berbahaya.

Untuk merasakan khasiat energinya, kamu bisa makan secara langsung atau dijadikan jus kurma yang segar. Pas banget dikonsumsi saat buka puasa untuk mengembalikan tenaga yang hilang.

baca juga: Jenis/merk kurma terbaik dan paling enak di indonesia

Siapa sangka buah ukuran kecil ini mempunyai manfaat yang berlimpah untuk kesehatan ya? Kurma ajwa ini praktis banget karena bisa dijadikan bahan untuk berbagai resep makanan dan minuman. Cocok juga dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk mengganjal rasa lapar.

Tertarik dengan kurma ajaib ini? Beli Kurma Ajwa di Tokopedia saja yuk! Kamu bisa mendapatkan kurma ajwa asli berkualitas tinggi dengan harga terjangkau! 

Jangan lupa, Tokopedia juga menyediakan berbagai kebutuhan Ramadhan lainnya untuk kamu dan keluarga. Pilihan lengkap dengan serangkaian promo yang menarik! Yuk, cek sekarang!

madu kurma
Andalkan madu kurma untuk menjaga stamina, menjaga tekanan darah hingga meningkatkan daya tahan tubuh!

Penulis: Clarissa