15 Manfaat Kurma bagi Kesehatan yang Terbukti secara Ilmiah

0
5814
kurma

Buah favorit Nabi Muhammad ini tak hanya manis, lezat dan gurih. Tapi juga berkhasiat. Ini manfaat kurma bagi kesehatan tubuh!


Sejak ditemukan dari ribuan tahun yang lalu, kurma dipercaya dan terbukti memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Menurut sejarah, kurma diketahui berasal dari apa yang sekarang sudah menjadi negara Irak.

Berkat perdagangan, perjalanan kurma sudah sampai ke Asia Tenggara, Spanyol, Afrika Utara, dan kemudian dibawa ke Meksiko dan California. Sampai sekarang, kurma telah menjadi salah satu bahan terpenting dalam masakan Timur Tengah.

Di seluruh dunia setidaknya ada 30 jenis kurma. Salah satu jenis kurma yang paling didambakan ditemukan di Jalur Gaza, karena produk kurma mereka dikenal sangat merah dan manis. Beberapa jenis populer lainnya adalah Zaghloul di Mesir. Kulitnya berwarna merah tua, lebih panjang, dan teksturnya renyah.

Sukkary dari Arab Saudi adalah salah satu jenis kurma yang paling mahal. Kurma jenis ini memiliki kulit coklat gelap, daging lembut dan manis. Dan kemudian ada Khadrawy, jenis kurma yang lembut dan gelap yang juga cukup populer di kalangan orang Arab.

Masakan di seluruh dunia menggunakan kurma dalam jumlah kecil dan besar, tapi penting juga dicatat kurma juga dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan. Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan mineral, energi, gula, dan serat.

Kurma juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, potassium, magnesium dan zinc menjadikan khasiat kurma sangat dikenal. Yuk, ketahui lebih lengkap manfaat kurma bagi kesehatan berikut ini!

kejar diskon - flash sale
Temukan barang impianmu dengan diskon menarik di flash sale Kejar Diskon!

Baca Juga: Rekomendasi Kurma Terbaik dan Paling Enak di Indonesia

1. Mengatasi Sembelit

Manfaat Kurma Khasiat Kurma
Sumber Gambar: Hindustantimes

Manfaat Kurma yang pertama akan sangat membantu kamu yang tengah sembelit. Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma begitu sering dimakan oleh orang-orang yang menderita sembelit.

Untuk mencapai efek pencahar yang diinginkan dari kurma, rendam beberapa kurma ke dalam air semalaman, lalu konsumsi di pagi hari saat kurma sudah berubah menjadi sirup untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

Kurma memiliki kadar serat larut yang tinggi, yang penting dalam mempromosikan pergerakan usus sehat, yang dapat meringankan gejala sembelit.

2. Memperkuat Tulang

Sejumlah besar mineral yang ditemukan pada kurma menjadikannya superfood untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Buah kering ini mengandung selenium dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama seiring bertambahnya usia, tulang perlahan melemah.

Jadi, makan kurma dan berikan kekuatan pada tulangmu!

3. Mengobati Gangguan Usus

Khasiat Kurma selanjutnya adalah membantu mengobati gangguan usus. Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus.

Asupan kurma yang terus menerus dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian, membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Dalam hal masalah pencernaan, serat tersebut mengandung banyak asam amino bermanfaat yang dapat merangsang pencernaan makanan dan membuatnya lebih efisien, yang berarti bahwa lebih banyak nutrisi akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.

4. Mengatasi Anemia

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi, bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan, namun tingkat zat besi yang sangat tinggi membuat kurma menjadi makanan yang sempurna untuk orang-orang yang menderita anemia.

Tingginya kadar zat besi pada kurma menyeimbangkan kekurangan zat besi yang melekat pada pasien anemia, meningkatkan energi dan kekuatan sambil mengurangi perasaan lelah dan lesu.

5. Menyembuhkan Alergi

Salah satu yang paling menarik pada kurma adalah adanya belerang organik di dalamnya. Ini bukan elemen yang sangat umum ditemukan pada makanan, tapi makanan ini bermanfaat dalam jumlah banyak, termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organik dapat memberi dampak positif pada jumlah penderita yang mengalami SAR (Seasonal Allergic Rhinitis) atau alergi musiman, yang menyerang sekitar 23 juta orang di Amerika Serikat.

Kurma adalah cara yang mudah untuk membendung efek alergi musiman tersebut melalui kontribusi kandungan sulfurnya.

madu kurma
Andalkan madu kurma untuk menjaga stamina, menjaga tekanan darah hingga meningkatkan daya tahan tubuh!

Baca Juga: Manfaat Nabeez atau Air Rendaman Kurma bagi Kesehatan

6. Untuk Berat Badan Seimbang

Manfaat Kurma Khasiat Kurma
Sumber Gambar: Ommedispa

Alasan mengapa Kurma harus disertakan sebagai bagian dari makanan sehatmu adalah karena khasiat Kurma dalam menjaga proporsi berat badanmu. Kurma memiliki kandungan gula, protein, dan banyak vitamin esensial.

Jika kurma dikonsumsi dengan pasta timun, kamu bisa menjaga berat badan pada tingkat normal, seimbang, tetapi tidak dapat melangsingkan badan. Satu kilogram kurma berisi hampir 3.000 kalori, dan kalori di dalamnya ini cukup untuk memenuhi kebutuhan kesehatan sehari-hari untuk tubuh manusia.

Tapi tentu saja, sebaiknya jangan makan kurma saja sepanjang hari, harus diimbangi dengan makanan sehat lainnya. Apabila merasa kurus dan ingin menambah berat badan menjadi seimbang, atau jika sedang mencoba membangun otot, cobalah konsumsi kurma!

7. Menambah Energi

Manfaat Kurma lainnya adalah memberikanmu stamina. Kurma kaya akan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma adalah camilan yang sempurna untuk tambahan energi.

Banyak orang mengonsumsi kurma untuk camilan saat mereka merasa lesu dan langsung merasa berenergi.

8. Menjaga Kesehatan Saraf

Vitamin yang ada pada kurma menjadikannya ideal untuk kesehatan dan fungsi sistem saraf. Kalium merupakan salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

Oleh karena itu, kurma adalah sumber makanan yang luar biasa seiring bertambahnya usia dan saat sistem saraf menjadi lamban.

9. Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Kurma juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Rendam kurma semalaman dengan air, konsumsi di pagi hari. Larutan ini telah terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah.

Kurma juga merupakan sumber potassium yang penelitiannya telah terbukti mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

Selanjutnya, kurma disarankan dikonsumsi sebagai cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) di tubuh, yang merupakan faktor utama serangan jantung dan stroke.

Karena itu, bila diminum dua kali seminggu larutannya, kurma bisa meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

10. Mencegah Rabun Senja

Manfaat kurma sangat banyak dan biasanya digunakan untuk melawan berbagai kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan.

Ketika daun pohon kurma digiling menjadi pasta dan digosokkan di sekitar mata, hal ini telah terbukti mengurangi frekuensi rabun senja, dan larutan ini biasa digunakan di daerah pedesaan dimana kurma tumbuh dan digunakan sebagai alternatif dari obat.

jual coklat kurma berkualitas
Rasakan sensasi rasa kurma yang berbeda dari biasanya dengan icip Coklat Kurma ini. Manisnya buah Kurma berpadu dengan legitnya cokelat, pasti bikin nagih. Yuk, coba!

Baca Juga: Kreasi Resep Olahan Kurma untuk Sambut Bulan Ramadan

11. Menyembuhkan Diare

Kurma mengandung potasium, yang dikenal sebagai cara paling efektif menyembuhkan diare. Kurma juga mudah dicerna, membuatnya dapat mudah membantu meringankan sifat tak menentu dari diare kronis.

Serat larut di dalamnya juga dapat membantu meringankan diare dengan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

12. Mencegah Kanker Abdomen

Penelitian telah membuktikan bahwa salah satu khasiat kurma adalah mampu menjadi alternatif untuk mengurangi risiko dan dampak kanker abdomen.

Kurma berguna untuk semua kelompok usia, dan dalam beberapa kasus, obat ini bekerja lebih baik daripada obat tradisional. Karena alami, kurma tidak memiliki efek samping negatif pada tubuh manusia.

Kurma dapat dengan cepat dan mudah dicerna untuk dorongan energi yang cepat.

13. Mempercantik Kulit

Siapa sangka manfaat Kurma lainnya adalah menjaga kesehatan dari kulitmu. Vitamin C dan D yang terdapat di dalam kurma bekerja pada elastisitas kulit yang membuat kulit tetap halus.

Plus, jika menderita masalah kulit, mengonsumsi kurma dapat membantu kesehatan kulit dalam jangka panjang. Mengonsumsi kurma juga memiliki manfaat anti penuaan dan mencegah akumulasi melanin di kulitmu.

14. Menstabilkan Gula Darah

Meski rasanya manis, ternyata buah kurma bukanlah penyebab penyakit gula. Sebaliknya, kurma mampu mengurangi risiko terkena diabetes lho karena kandungan di dalamnya mampu mengontrol kadar gula darah.

15. Memerangi Radikal Bebas

Tak hanya lezat dan gurih, kurma juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dengan begitu, radikal bebas yang mengancam tubuh bisa ‘ditumpas’ secara efektif oleh kandungan di dalam kurma.

Antioksidan yang tinggi di dalam kurma berperan dalam melindungi sel baik, menangkal kanker, menjaga kesehatan mata, membuat awet muda hingga menghindari stres.

Baca Juga: Ketentuan dan Hukum Zakat Fitrah yang Harus Diketahui Muslim

Meskipun kurma memiliki nilai gizi yang luar biasa, perhatian besar harus dilakukan dalam memilih kurma karena permukaannya sangat lengket, sehingga menarik banyak kotoran.

Karena itu, sebaiknya hanya mengonsumsi kurma yang diolah dan dikemas dengan benar. Pastikan juga untuk mencuci kurma sampai bersih sebelum dimakan, karena ini akan membantu menghilangkan kotoran yang ada di permukaan kulit kurma.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, mulai konsumsi kurma untuk kesehatanmu!

jual kurma
Berpuasa lebih sehat dengan mengonsumsi kurma berkualitas terbaik di sini!