12 Manfaat Minum Air Hangat, Awet Muda hingga Hilangkan Stres

0
4028
manfaat minum air hangat

Manfaat minum air hangat setiap hari, mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga malam sebelum tidur. Ternyata khasiatnya luar biasa!


Banyak dari kita yang minum kopi atau air mineral dingin untuk menyegarkan tubuh setelah bangun di pagi hari. Tapi, tahukah kamu bahwa itu adalah kebiasaan yang kurang tepat? Hal yang harus kamu biasakan, yaitu minum air putih hangat.

Begitu banyak khasiat yang bisa didapatkan dari minum air hangat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Dari wajah yang terlihat lebih muda sampai membantu masalah insomnia.

Kamu bisa menikmati air hangat dengan lemon atau jeruk nipis untuk rasa yang lebih segar. Properti vitamin dan mineral dalam buah tersebut bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menghasilkan khasiat lainnya yang lebih efektif.

Baca Juga: Menu Minuman Sehat, Segar dan Kaya Manfaat bagi Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Meski tidak banyak orang menyadari dan sering dianggap sepele, berikut ini daftar manfaat minum air hangat yang ternyata begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh kita:

1. Menurunkan Berat Badan

Kenapa susah-susah cari cara diet untuk menurunkan berat badan? Minum air hangat setiap hari bisa membantu mengurangi timbangan berat badan, lho!

Salah satu hangat di pagi hari adalah mengaktifkan metabolisme tubuh, sehingga terjadi pembakaran lemak yang lebih banyak sepanjang hari.

Minum air panas juga bisa membantu membersihkan usus dan mengeliminasi limbah dalam tubuh yang mungkin menyebabkan perut kembung dan air berlebihan dalam tubuh.

2. Melancarkan Saluran Pencernaan

Sakit perut karena gangguan saluran pencernaan? Umumnya limbah yang terperangkap di dalam usus menimbulkan konstipasi dan sakit perut.

Minum air hangat dapat membantu kontraksi usus untuk melancarkan proses pembuangan ini.

Selain itu, minum air hangat mengaktifkan saluran pencernaan. Air bekerja sebagai lubrikan atau pelumas di sepanjang organ sistem pencernaan dan membantu menghidrasi dan mengeluarkan racun.

3. Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Salah satu khasiat air hangat untuk kesehatan adalah detoksifikasi racun. Saat kita minum air hangat, suhu dalam tubuh naik dan mengaktifkan sistem endokrin sehingga kamu lebih mudah berkeringat.

Sama halnya dengan berendam di air panas. Walau mungkin terasa tidak nyaman, keringat merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun.

Tahukah kamu, minum air lemon hangat di pagi hari bisa membantu proses detoksifikasi dan mengatasi perut kembung. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Mencegah Proses Penuaan

Mahal-mahal beli skincare anti-aging? Rutin minum air hangat setiap hari juga ampuh untuk mencegah gejala penuaan. Racun dalam tubuh memiliki efek buruk salah satunya adalah mempercepat proses penuaan.

Minum air hangat dapat mengeluarkan racun tersebut dan juga bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan meningkatkan elastisitas kulit.

5. Wajah Cerah Bebas Jerawat

Jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh hormon yang tidak stabil dan tubuh yang dehidrasi. Lingkungan hidup yang penuh dengan kotoran dan bakteri juga dapat membuat wajah terlihat kusam. Terkadang, masalah ini sulit untuk dihindari.

Tapi, jangan khawatir! Rutin minum air hangat bisa melawan radikal bebas, menstabilkan hormon, dan melembapkan kulit agar terlihat wajahmu terlihat lebih cerah dan mulus.

6. Rambut Sehat

Banyak banget manfaat minum air hangat untuk kesehatan rambut kamu! Rambut sering rontok dan ketombe bisa jadi karena kulit kepala yang kering dan sel rambut yang rusak.

Minuman air putih hangat berperan sebagai energi alami untuk sel-sel dan mempercepat pertumbuhan rambut. Mineral dalam air putih juga menghidrasi kulit kepala dan rambut kering, sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap.

botol minum lock n lock
Hindari dehidrasi dengan selalu sedia air minum dalam botol Lock & Lock di mana pun!

Baca Juga: Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari

7. Melancarkan Sirkulasi Tubuh dan Peredaran Darah 

Sirkulasi organ tubuh seperti pembuluh darah yang lancar penting agar darah dapat beredar secara efektif dalam tubuh. Sirkulasi ini berperan untuk menjaga tekanan darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Diet yang sehat dengan minum air yang cukup berkhasiat memperlancar sirkulasi darah dan menangkal berbagai penyakit.

8. Menghidrasi Tubuh

Minum air putih hangat maupun dingin akan menjaga tubuhmu agar selalu terhidrasi. Jangan menyepelekan dehidrasi, ya! Air putih mengandung elektrolit yang menjaga kesehatan dan fungsi tubuh secara keseharian.

Banyak komplikasi yang bisa timbul akibat tubuh yang dehidrasi seperti pusing, letih lesu, dan bahkan kerusakan ginjal.

Orang dewasa secara umum direkomendasikan untuk minum 2 liter air putih setiap hari. Jangan lupa untuk minum air mulai dari pagi hari saat perut kosong sampai malam hari sebelum tidur.

9. Meredakan Gejala Flu dan Hidung Tersumbat

Air panas mengeluarkan uap yang dapat membantu meredakan sinus dan hidung tersumbat. Saat kamu terserang penyakit flu, tubuhmu memproduksi lendir yang berlebihan. Minum air panas bisa menghangatkan dan mengurangi produksi lendir tersebut.

Menurut studi, orang mudah terserang virus flu kalau terdapat banyak bakteri yang tidak sehat di dalam usus. Khasiat air panas dalam detoksifikasi tubuh dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Kamu juga bisa menggantikan air putih panas dengan teh hangat yang sama ampuhnya.

10. Meringankan Gejala Penyakit Akalasia 

Akalasia adalah kondisi dimana kerongkongan atau esofagus sulit untuk mendorong makanan ke lambung. Penyakit ini dapat menyerang orang dari berbagai usia dan umumnya terjadi karena gangguan sistem imun atau faktor keturunan.

Beberapa gejala akalasia antara lain kesulitan atau kesakitan saat  menelan makanan, rasa ganjal di bagian kerongkongan, rasa panas di ulu hati (heartburn), dan berat badan yang terus menurun.

Salah satu cara mudah untuk meringankan penyakit akalasia dengan minum air hangat setelah makan berat.

11. Membantu Insomnia

Susah tidur di malam hari? Minum air putih sebelum tidur dapat membantu para insomnia di malam hari. Air putih bermanfaat untuk menstabilkan hormon dan mineral dalam tubuh.

Otot dan sendi yang terlalu tegang juga terasa lebih seimbang dan santai. Kamu bisa terasa lebih segar di pagi hari dengan minum air dingin maupun hangat sebelum tidur.

Tips lain yang bisa kamu coba, berendam di air hangat untuk relaksasi dan mempersiapkan tubuhmu untuk tidur yang nyenyak.

12. Mengurangi Stres

Untuk Toppers yang mudah stres, coba minum air hangat setiap hari. Air hangat mampu memperbaiki sistem saraf pusat dan menenangkan tubuh.

Selain itu, minum susu hangat juga ampuh meredakan rasa gelisah dan cemas yang berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Air Beras untuk Wajah, Kulit & Rambut, Cantik Instan!

Itulah manfaat minum air hangat yang rutin setiap hari. Pastikan Toppers juga menjaga pola hidup yang sehat agar tubuh selalu bugar. Yuk, mulai hari-hari kamu dengan minum air hangat dan rasakan khasiatnya!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Benedicta Clarissa Tukiman