Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

19 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Wajib Dikonsumsi Rutin!

23 June 2022
Share icon
Share
19 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Wajib Dikonsumsi Rutin!

Sumber Gambar: Pexels

Selain enak dan murah, buah pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini berbagai manfaat pisang untuk kesehatan manusia.


Sepertinya sesuatu yang ada di depan mata memang seringkali tidak disadari atau bahkan terlupakan. Contohnya pisang, buah yang ‘merakyat’ karena begitu akrab dan populer bagi masyarakat di Indonesia maupun dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa apa yang tersimpan di dalamnya begitu luar biasa.

Salah satu buktinya, yaitu buah berwarna kuning yang ikonik ini adalah andalan bagi para atlet olahraga yang memiliki latihan keras. Pisang berperan besar sebagai pendorong energi dan meningkatkan daya tahan para atlet.

Tak hanya sebagai sumber energi, nutrisi yang terdapat dalam buah pisang dapat mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsinya untuk mendukung masa kehamilan.

Kandungan Buah Pisang

Dilansir dari healthline.com, satu pisang ukuran sedang (126 gram) memiliki nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori : 112
  • Lemak : 0 gram
  • Protein : 1 gram
  • Karbohidrat : 29 gram
  • Serat : 3 gram
  • Vitamin C : 12% dari DV*
  • Riboflavin : 7% dari DV*
  • Folat : 6% dari DV*
  • Niasin : 5% dari DV*
  • Tembaga : 11% dari DV*
  • Kalium : 10% dari DV*
  • Magnesium : 8% dari DV*

*DV: jumlah referensi nutrisi untuk dikonsumsi yang baik dikonsumsi per hari.

Baca Juga: Manfaat Buah Persik atau Peach, ‘Si Manis-Lembut’ Berkhasiat

Manfaat Buah Pisang

Untuk mendapatkan nutrisi yang banyak dari pisang, kita bisa mengonsumsinya dengan mudah dan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, ditambahkan ke menu sarapan dengan oatmeal hingga dibuat smoothies.

Bagaimanapun cara mengonsumsinya, yang terpenting adalah khasiat di dalamnya tetap terjaga dan bisa diproses maksimal di dalam tubuh. Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh hingga mendukung ibu hamil.

1. Meringankan Nyeri Menstruasi

Sumber gambar: timesnownews

Nyeri menstruasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi beberapa perempuan. Jika kamu salah satu yang biasa mengalami hal tersebut dan mengandalkan obat-obatan, kamu mungkin ingin beralih ke pisang.

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Sudah ada beberapa studi yang menyatakan bahwa kandungan ini ampuh meringankan nyeri PMS (Premenstrual Syndrome).

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Sumber gambar: healthline

Semenjak pandemi, kekebalan tubuh menjadi isu yang y=harus diperhatikan oleh siapapun. Kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam pisang bisa jadi solusi yang baik untuk hari-hari yang lebih segar dan anti lemas.

3. Memperlancar Aliran Darah ke Otak

Sumber gambar: insider

Berhubungan dengan poin tentang pencegahan hipertensi, manfaat satu ini berkaitan dengan darah juga. Pisang kaya akan kalium yang berperan penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah.

Otak yang dengan baik menerima kiriman nutrisi dan oksigen yang dibawa darah akan berfungsi lebih baik dalam mengingat dan berpikir.

4. Berpotensi Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sumber gambar: eatthis

Pisang kaya akan serat, faktor ini membuat pisang mampu menghambat laju pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Tanpa adanya plak, pembuluh darah akan bersih dari timbunan lemak dan kolesterol jahat akan tersingkir.

5. Kaya Serat Kompleks

manfaat pisang

Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat pisang yang pertama yaitu pisang terdiri dari serat, serat kompleks yang mudah dicerna.

Serat yang mudah dicerna memiliki khasiat untuk memperlambat proses penguraian makanan sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Buah pisang cocok dijadikan sarapan karena tidak membuat merasa terlalu kenyang hingga mengantuk, namun menjaga perut tidak lapar guna memulai aktivitas di pagi hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

pisang

Sumber Gambar: Radio Nova

Makanan kaya akan serat diyakini oleh para ahli sangat baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko berbagai gangguan jantung.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

manfaat pisang

Sumber Gambar: Pixabay

Pisang memiliki rasa manis yang bermanfaat untuk menciptakan rasa kenyang, dan rasa asam menstimulasi organ tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Manfaat pisang adalah meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan bagi penderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

pisang

Sumber Gambar: Pixabay

Sudah menjadi rahasia umum bahwa garam adalah hal jahat dan sensitif bagi penderita tekanan darah tinggi.

Karena rendahnya kadar garam dalam pisang dan tinggi akan potasium, manfaat pisang juga sangat terasa bagi penderita tekanan darah tinggi sebagai penetralisir dan alternatif garam.

9. Buah yang Baik untuk Anemia

pisang

Sumber Gambar: Pixabay

Karena tingginya kadar zat besi pada pisang, pisang juga sangat baik bagi penderita anemia, sebuah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemogoblin terus menurun.

Akibat dari anemia adalah mudah lelah, nafas singkat, dan kulit berubah pucat. Dengan rutin mengonsumsi buah pisang, anemia bisa diatasi secara signifikan.

alat pemotong buah

Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan, Si ‘Genit’ yang Kaya Gizi

10. Menyembuhkan Luka Bekas Jerawat

manfaat pisang

Sumber Gambar: Pixabay

Bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat bagi tubuh kita, bagian kulit pisang juga punya peran penting.

Jika kamu memiliki masalah pada kulit wajah akibat bekas jerawat yang tidak bisa hilang, usapkan kulit pisang segar pada bagian bekas jerawat. Dalam satu minggu akan terlihat perbedaannya.

11. Membuat Pikiran Bahagia

manfaat pisang

Sumber Gambar: Pixabay

Karena pisang sangat kaya akan trytophan, sebuah zat yang kemudian diubah menjadi serotonin oleh otak. Ini menciptakan perasaan bahagia dan membantu mengurangi depresi berat sekalipun.

12. Buah Andalan Diet

manfaat pisang

Sumber Gambar: picjumbo

Pisang kaya akan pektin, sejenis serat yang memberikan dagingnya bentuk struktur seperti spons.

Pisang mentah mengandung pati resisten, yang bertindak seperti serat larut dan lolos dari pencernaan. Hal ini baik untuk mendukung program diet.

13. Menstabilkan Gula Darah

buah pisang

Sumber Gambar: picjumbo

Zat pektin dan pati resisten juga dapat memoderasi kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

Selain itu, pisang juga memiliki peringkat rendah hingga sedang pada indeks glikemik, yang merupakan ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah.

Namun, yang perlu diperhatikan. Sebaiknya hindari konsumsi pisang terlalu matang bagi penderita diabetes, karena mengandung gula yang lebih banyak.

14. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

manfaat pisang

Sumber Gambar: Healthline

Selain mengurangi kadar gula dalam darah secara efektif, pisang mentah dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Resistensi insulin adalah faktor risiko utama bagi banyak penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan pati resisten pisang pada pisang mentah dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 50% dalam waktu empat minggu!

makanan sehat

Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Baca Juga: Manfaat Jeruk, Buah Termasyhur yang Penuh Nutrisi

15. Kandungan Antioksidan Luar Biasa

buah pisang

Sumber Gambar: Pexels

Buah dan sayuran adalah sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk pisang.

Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk dopamin dan katekin yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

16. Menghindari Penyakit Ginjal

kalori pisang

Sumber Gambar: Pexels

Kalium sangat penting untuk kontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat.

Sebagai sumber makanan potasium yang baik, pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Studi mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi pisang dua hingga tiga kali per minggu memiliki risiko lebih rendah terserang penyakit ginjal.

17. Buah Andalan untuk Olahraga

kalori pisang

Sumber Gambar: Pexels

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna untuk atlet karena kandungan mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna.

Mengonsumsi pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot yang berhubungan dengan olahraga.

Nutrisi pisang sangat baik bagi tubuh saat dikonsumsi sebelum, selama maupun setelah latihan ketahanan dalam olahraga.

18. Meredakan Mual dan Muntah selama Kehamilan

manfaat buah pisang

Sumber Gambar: Pexels

Mual di pagi hari sering terjadi pada wanita hamil. Mengonsumsi pisang sangat membantu dalam meminimalkan mual di pagi hari dan memerangi mual dan muntah secara efektif.

19. Mendukung Perkembangan Sistem Saraf Bayi

manfaat buah pisang

Sumber Gambar: Pexels

Pisang adalah sumber yang kaya akan vitamin B6 yang larut dalam air yang diperlukan untuk perkembangan sistem saraf pusat bayi dalam kandungan. Konsumsi rutin pada trimester pertama kehamilan bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf bayi.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin atau Ara, Buah Ajaib dari Nirwana

Efek Samping Konsumsi Pisang

Kandungan dan manfaat pisang memang baik, namun kamu perlu hati-hati. Berikut adalah efek samping mengkonsumsi pisang terlalu banyak:

  • Alergi: Pisang dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Umumnya, reaksi yang muncul adalah gatal-gatal, bengkak, atau kesulitan bernapas. Dalam kasus parah, reaksi alergi bisa menyebabkan anafilaksis alias syok karena alergi berat yang dapat membahayakan keselamatan seseorang.
  • Merusak gigi: Gula sudah umum dikenal sebagai musuh kesehatan gigi apabila dimakan secara berlebihan. Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kadar gula cukup tinggi. Bahkan, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa makan pisang yang berlebihan lebih berpotensi merusak gigi lebih besar dibandingkan coklat atau permen.
  • Migrain: Karena adanya kandungan tyramine dalam buah ini, pisang dapat memicu migrain pada beberapa orang.
  • Sembelit: Pisang memiliki kandungan asam tanat cukup tinggi. Menurut penelitian di jurnal Microbial Ecology in Health and Disease, asam tanat apabila dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan sembelit yang serius.

Untuk menghindari efek samping di atas, konsumsilah pisang maksimal hanya 2 buah per harinya.

Sudah terbukti bahwa pisang adalah sumber nutrisi dan energi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mudah ditemukan di pasaran, buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan sehat dan lezat.

Beli Buah Pisang Segar di Sini

Penulis: Amanda

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

9 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari & Manfaatnya
Hobi dan Gaya Hidup
9 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari & Manfaatnya
Editor Picks
30 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2022, Populer dan Terfavorit
30 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2022, Populer dan Terfavorit
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia