• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Propolis: Zat Ajaib yang Terbukti Ilmiah

14 September 2022

Share

11 Manfaat Propolis: Zat Ajaib yang Terbukti Ilmiah

Manfaat propolis untuk kesehatan tubuh yang telah terbukti secara ilmiah. Selain ampuh melawan virus, propolis juga dapat sembuhkan luka hingga cegah kanker.


Propolis adalah zat resin dan lilin yang dihasilkan lebah dari campuran air liur dan senyawa dari berbagai tumbuhan dan pohon. Ini digunakan lebah untuk melindungi sarangnya.

Tak hanya bermanfaat bagi lebah, propolis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Propolis telah digunakan sebagai obat luka dan antiinflamasi sejak dulu.

Memangnya apa saja kandungan yang membuat propolis sangat bermanfaat bagi kesehatan? Yuk, simak kandungan hingga kegunaannya Toppers!

Baca Juga: Deretan Manfaat Madu untuk Tubuh, Ampuh Meredakan Batuk dan Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan Propolis

kandungan propolis

Sumber Gambar: Unsplash/@beenaturalles

Propolis memiliki kandungan yang berbeda di setiap negara atau daerah, tergantung pada bunga atau tumbuhan yang ada di sekitarnya. Namun, pada umumnya propolis mengandung beberapa senyawa dari tanaman dan sayuran, serbuk sari, lilin lebah (beeswax), minyak esensial dan aromatik.

Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh propolis sangat bermanfaat di antaranya ada polifenol dan flavonoid. Dengan kandungan-kandungan tersebut, propolis sangat baik digunakan sebagai produk antibakteri, antijamur, antivirus, antiprotozoal, anti inflamasi, dan antioksidan.

Manfaat dan Khasiat Propolis untuk Kesehatan

Banyak penelitian yang secara ilmiah membuktikan khasiat propolis mengenai kegunaannya untuk mengatasi masalah kesehatan. Seperti beberapa di antaranya, berikut ini:

1. Menyembuhkan Luka

Seseorang mengalami pendarahan di lutut.

Sumber Gambar: FreePik

Propolis dapat membantu menyembuhkan luka karena terdapat kandungan pinocembrin yang merupakan flavonoid. Zat tersebut berfungsi sebagai antijamur. Propolis juga dapat membunuh beberapa jenis bakteri sehingga bisa membantu mencegah infeksi dan peradangan.

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa ekstrak alkohol propolis topikal lebih efektif daripada krim steroid dalam mengurangi sel mast (bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia) pada luka operasi mulut. Dengan begitu, penggunaan propolis dapat mempercepat penyembuhan luka.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Seorang wanita membuka mulutnya dengan lebar.

Sumber Gambar: Unsplash

Tak hanya baik untuk menyembuhkan luka, propolis juga dapat mencegah pembentukan kalsium fosfat yang merupakan kandungan utama dari plak gigi. Kamu mungkin perlu mempertimbangkan produk perawatan gigi yang mengandung propolis karena bersifat bersifat antibakteri.

Selain itu, propolis dapat menurunkan jumlah bakteri dalam air liur secara signifikan pada penderita periodontitis atau infeksi gusi.

3. Mengobati Peradangan pada Sendi

Seseorang sedang mengalami peradangan pada sendi.

Sumber Gambar: Harvard.edu

Selain mengobati luka di luar tubuh, propolis juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang ada di dalam tubuh seperti radang sendi.

Hal ini bisa terjadi karena propolis dapat mengatur zat inflamasi dalam tubuh, seperti prostaglandin.

4. Membantu Meredakan Jerawat

Seorang wanita sedang mengalami breakout jerawat.

Sumber Gambar: FreePik

Pernah mendengar produk perawatan kulit yang mengandung propolis? Mungkin kamu perlu mencobanya jika kamu memiliki masalah jerawat.

Kemampuannya menyembuhkan kulit dengan kandungan antiperadangan dapat mengurangi efek kemerahan yang disebabkan peradangan akibat jerawat.

5. Mengatasi Herpes

Seseorang sedang mengidap herpes di punggung.

Sumber Gambar: Hospital Ochoa

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengoleskan propolis secara topikal sebanyak tiga kali sehari mampu membantu menyembuhkan herpes lebih cepat.

Pengobatan dengan propolis ini tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes yang ada dalam tubuh , tapi juga melindungi tubuh dari serangan herpes mulut di masa depan.

Baca Juga: Deretan Manfaat Masker Madu untuk Wajah, Dapat Meredakan Jerawat

6. Mendukung Penyembuhan Kanker

Ilustrasi sel kanker.

Sumber Gambar: Medrec Hospital

Salah satu manfaat luar biasa yang dimiliki oleh propolis adalah mendukung penyembuhan kanker. Dalam hal ini, propolis dapat mencegah sel kanker berkembang.

Serta mengurangi kemungkinan perubahan sel menjadi kanker dan memblokir jalur yang mencegah sel kanker memberi sinyal satu sama lain.

Namun, pengobatan dengan propolis ini hanya dianjurkan sebagai perawatan tambahan, bukan perawatan utama.

7. Mengobati Diabetes

Seseorang sedang mengecek tingkat gula darah.

Sumber Gambar: FreePik

Sebuah studi yang ditujukan tikus menemukan bahwa propolis menunjukkan hubungan dengan kadar gula darah yang lebih rendah. Tak hanya itu, propolis juga mempercepat penyembuhan luka pada pemilik penyakit diabetes yang cenderung lebih sulit untuk sembuh.

8. Melawan Virus

Ilustrasi virus.

Sumber Gambar: FreePik

Propolis juga berfungsi untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus. Adapun beberapa virus yang dapat ditangani oleh propolis adalah rhinovirus, influenza, dan virus respiratory syncytial atau virus saluran pernapasan.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Ilustrasi otak.

Sumber Gambar: FreePik

Propolis juga dapat memelihara kesehatan otak. Hal ini memungkinkan karena propolis memiliki zat antiradang dan antioksidan yang bisa mendukung proses perbaikan jaringan saraf dan otak.

Selain itu, propolis juga dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko terjadinya pikun atau demensia.

10. Melawan Giardiasis

Penyakit giardiasis.

Sumber Gambar: Alcare.id

Tak hanya melawan virus dan bakteri, propolis juga memiliki kandungan yang melawan penyakit yang disebabkan oleh parasit seperti penyakit giardiasis. Selain itu, propolis juga membantu penyembuhan karena dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

11. Menangani Gejala Alergi

Seorang wanita sedang merasakan gejala alergi.

Sumber Gambar: FreePik

Jika kamu memiliki alergi terhadap sesuatu seperti makanan, mungkin kamu perlu mempertimbangkan konsumsi propolis. Sebuah penelitian mencatat bahwa propolis mengandung senyawa yang mungkin memiliki efek anti alergi pada tubuh.

Cara Pakai atau Konsumsi Propolis

propolis

Sumber Gambar: Unsplash/@beenaturalles

Manfaat propolis bisa kamu dapatkan dengan berbagai cara. Untuk mendapatkan manfaat di dalam tubuh, kamu bisa meminumnya dalam bentuk suplemen. Jika kamu ingin memelihara kesehatan mulut, larutkan propolis dalam air sebagai obat kumur.

Apabila membutuhkan manfaat penyembuhan luka, kamu bisa mengaplikasikan propolis secara topikal baik langsung atau melalui krim atau lotion dengan kandungan propolis.

Baca Juga: Inilah Berbagai Manfaat Virgin Oil yang Menutrisi Luar dan Dalam

Itulah daftar kegunaan dan manfaat dari propolis untuk kesehatan tubuh. Sebelum mengonsumsi suplemen tambahan, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan arahan yang tepat.

Cek produk propolis terlengkap dan termurah hanya di Tokopedia. Toppers juga bisa cari merk madu dan suplemen kesehatan lain di aplikasi Tokopedia. Yuk, buka aplikasi Tokopedia sekarang juga!

Beli Propolis Asli di Sini

madu untuk maag

Atasi maag dengan madu pilihan di sini!

Penulis: Nabila Khaerunnisa

© 2009-2024, PT Tokopedia