• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

12 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO): Nutrisi Penuh Luar-Dalam

02 September 2022

Share

12 Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO): Nutrisi Penuh Luar-Dalam

Manfaat VCO, bahan alami menyehatkan tanpa efek samping. Berkhasiat hindari sakit jantung, basmi lemak hingga cegah Alzheimer.


Virgin coconut oil atau VCO merupakan salah satu minyak alami yang terkenal memiliki banyak manfaat mulai dari obat luar untuk kulit hingga diminum untuk menyehatkan. VCO berbeda dengan minyak kelapa pada umumnya.

Sesuai namanya, ‘virgin’ berarti minyak ini berasal dari minyak kelapa murni yang pembuatannya tidak melalui proses pemanasan dalam suhu tinggi seperti minyak pada umumnya. Selain itu, VCO juga tidak dijernihkan, tidak dihilangkan baunya, ataupun proses pengurangan-penambahan kandungan tertentu.

Tak heran jika VCO memiliki kandungan nutrisi yang sering dimanfaatkan dalam berbagai produk kesehatan maupun kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat VCO yang perlu kamu ketahui!

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel: Cukup Satu Sendok untuk Rasakan Khasiatnya

Kandungan Nutrisi VCO

kandungan vco, nutrisi virgin coconut oil

Sumber Gambar: Well Being Secret

Virgin coconut oil mengandung hampir 100% lemak. Meskipun begitu, lemak pada VCO memiliki struktur berbeda dengan lemak minyak kelapa kebanyakan.

Pada dasarnya, VCO diketahui mengandung zat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik. Berikut ini takaran nutrisi yang tersaji pada 1 sendok makan (sdm) VCO:

  • Kalori: 121 kilokalori (kkal)
  • Protein: 0 gram (g)
  • Total lemak: 13,5 g
  • Kolesterol: 0 miligram (mg)

Manfaat/Khasiat VCO untuk Kesehatan

manfaat vco, khasiat vco untuk kesehatan

Sumber Gambar: The New York Times

Minyak kelapa umumnya digunakan sebagai minyak pijat. Namun, minyak kelapa murni khususnya juga dapat dikonsumsi, lho. Kombinasikan VCO dengan serangkaian program untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut manfaat yang akan didapat:

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang banyak mengandung lemak jenuh, virgin coconut oil diperkaya asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah penumpukan lemak pada arteri.

Hal ini terbukti beberapa populasi di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini yang mengonsumsi minyak VCO dalam jumlah banyak memiliki kasus serangan jantung yang rendah.

2. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat VCO yang dikombinasikan dengan olahraga ringan dapat mendorong pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi tambahani.

Studi menunjukan makan 15 sampai 30 gram virgin coconut oil per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya.

Selain menghasilkan energi, pembakaran lemak dapat mencegah obesitas atau masalah berat badan berlebih.

3. Meredakan Kejang

Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asam lemak memberikan efek peningkatan kadar keton dalam darah.

Para peneliti mempelajari diet ketogenik ini dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya mengurangi kejang pada anak-anak epilepsi yang resistensi terhadap obat-obatan.

Meskipun perlu dikaji lebih dalam lagi, namun beberapa peneliti mempercayai minyak VCO dapat mengatasi kejang pada epilepsi.

4. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Mungkin kamu pernah menemukan kandungan VCO pada beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi, pembersih wajah atau make-up.

Hal ini tidak mengherankan mengingat VCO memiliki kandungan antimikroba untuk membunuh kuman. Jika digunakan dengan benar minyak VCO juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, pada penelitian tabung reaksi juga menunjukan hasil virgin coconut oil efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi jamur pada manusia.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu khasiat menarik minyak kelapa murni lainnya adalah mampu mencegah rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan peningkatan konsentrasi keton yang memberikan efek samping penurunan nafsu makan secara signifikan.

Sehingga secara tidak langsung juga berdampak terhadap penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan minyak VCO ini pada menu diet harian kamu.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun: Rahasia Awet Muda hingga Rambut Sehat

6. Meningkatkan Kadar HDL (Kolesterol Baik)

Tidak hanya mendorong pembakaran lemak dan meningkatkan kesehatan jantung, konsumsi minyak kelapa juga menambah kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Hal itu dilakukan dengan cara mengurangi kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat. Tentunya efek ini dapat optimal jika dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi dan sehat serta olahraga teratur.

article

7. Melindungi Kulit dan Rambut

Tidak hanya dapat dimakan, mengoleskan minyak VCO pada kulit dapat membuatnya lebih halus dan bercahaya. Virgin coconut oil dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, menyamarkan noda hitam, dan memudarkan stretch mark.

Menggosok rambut dengan minyak kelapa juga dapat membuatnya terlihat lebat berkilau, menutrisi akar rambut, dan melindungi dari kerusakan akibat panas.

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Proses penuaan menyebabkan penurunan fungsi tubuh salah satunya kemampuan fungsi otak. Tidak heran orang tua rentan sekali mengalami demensia atau Alzheimer.

Para peneliti menyarankan kepada lansia agar konsumsi makanan yang meningkatkan jumlah keton dalam darah. Keton ini berfungsi sebagai sumber energi alternatif untuk regenerasi sel-sel otak yang telah rusak.

Selain itu, penyakit Alzheimer juga dapat dicegah dengan melakukan terapi.

9. Mencegah Perut Buncit

Penimbunan lemak merupakan penyebab utama perut buncit. Hal ini tentunya sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang.

Beberapa ahli kebugaran menyarankan untuk konsumsi VCO agar membantu proses pembakaran lemak perut di samping berolahraga dan menjaga makan.

10. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang jadi jarang buang air besar atau kurang dari tiga kali dalam seminggu. Tentunya kondisi ini dapat sangat mengganggu karena menyebabkan perut terasa begah.

Jika kamu punya masalah pencernaan, cobalah konsumsi minyak kelapa murni sekitar satu sampai dua sendok makan setiap hari.

11. Menjaga Kesehatan Gigi

Tidak hanya bagus untuk melindungi rambut dan kulit dari kerusakan, ternyata virgin coconut oil dapat dimanfaatkan untuk menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat.

Minyak ini dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Meskipun begitu kamu tetap harus sikat gigi dan berkumur secara rutin agar tidak ada plak atau sisa makanan yang menempel.

12. Mempertajam Fungsi Kognitif

Virgin coconut oil memiliki kandungan triasilgliserida rantai sedang atau medium-chain triacylglycerides (MCT) yang lebih mudah diserap oleh hati ketimbang asam lemak lainya. Selain itu, kandungan ini juga dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Artinya, kandungan MCT akan lebih mudah diolah menjadi keton, yaitu sumber energi utama pada otak. Keton ini memiliki efek yang luar biasa untuk menghasilkan energi untuk otak seperti mencegah epilepsi dan Alzheimer.

Sementara itu, lansia mengalami penurunan tingkat metabolisme tubuh gula pada otak. Hal inilah yang membuat otak kekurangan energi dan memicu risiko terkena Alzheimer. Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat memenuhi 70% kebutuhan energi otak.

Cara Pakai/Konsumsi VCO

cara pakai vco, cara konsumsi vco

Sumber Gambar: Healthline

Virgin coconut oil dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai bahan pelengkap alami pada smoothie atau salad. Berikut ini cara menggunakan atau konsumsi VCO berdasarkan tujuannya:

  • Meningkatkan metabolisme dan kesehatan pencernaan: Konsumsi VCO secara langsung atau campurkan 1 sdm virgin coconut oil pada dengan granola dan buah atau sayur kesukaan kamu.
  • Menyuburkan rambut: Oleskan virgin coconut oil pada batang rambut dan kulit kepala, kemudian pijat dan bersihkan dengan air.
  • Makeup waterproof: Tuangkan di atas kapas dan usap lembut area wajah yang ingin dibersihkan.

Beli Produk Virgin Coconut Oil (VCO) di Sini

Baca Juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Segala Sisi Kehidupan

Itulah manfaat virgin coconut oil yang baik untuk kesehatan dari luar dan dalam. Meskipun begitu, virgin coconut oil memiliki kalori yang tinggi sehingga pastikan kamu mengkonsumsinya dalam batas wajar.

Konsumsinya juga tidak boleh berlebihan, karena virgin coconut oil mengandung lemak jenus yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Jadi, konsultasikan dulu pada dokter jika ingin mengkonsumsinya dalam jangka panjang, ya!

Toppers bisa mendapatkan virgin coconut oil kualitas terbaik dengan penawaran harga menarik hanya di Tokopedia! Jangan lupa juga nikmati promo 9.9 Tokopedia, dapatkan diskon dan cashback besar-besaran!

Penulis: Andina Naza Apriliani

© 2009-2024, PT Tokopedia