• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Saffron untuk Wajah, Kulit Cerah dan Glowing!

29 September 2022

Share

10 Manfaat Saffron untuk Wajah, Kulit Cerah dan Glowing!

Ini dia manfaat bunga saffron untuk wajah. Wajah bebas jerawat, tampak bercahaya, dan glowing. Simak penjelasan lengkapnya!


Saffron merupakan sebuah rempah asal Iran yang diambil dari bunga Crocus sativus, atau yang juga dikenal dengan “saffron crocus”. Bagian yang dimanfaatkan dari bunga ini adalah batang stigmanya yang berwarna merah. Stigma dari bunga saffron diambil dan dikeringkan untuk berbagai kegunaan, seperti pewarna makanan atau perasa.

Saffron juga dikenal sebagai salah satu rempah termahal di dunia. Di Indonesia, harga 1 kg saffron dapat mencapai Rp200 juta hingga Rp600 juta. Biaya yang mahal ini disebabkan oleh cara memanen saffron yang harus dilakukan secara manual dengan tangan.

Harga saffron yang mahal tentunya sebanding dengan manfaat yang diberikan. Saffron sebagai sebuah rempah mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Saffron menawarkan berbagai manfaat kesehatan untuk manusia, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Penasaran? Simak ragam manfaat saffron untuk kulit wajah berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Masker Oatmeal untuk Wajah: Kulit Lembab dan Bercahaya

Manfaat Bunga Saffron untuk Wajah

Manfaat Saffron untuk Wajah

Sumber Gambar: Pixabay

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu membeli saffron dengan kualitas terbaik yang memiliki warna merah tua dengan ujung berwarna oranye. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga saffron untuk wajah, diantaranya:

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Mengatasi Masalah Jerawat

Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat saffron untuk wajah yang pertama adalah mampu mengatasi masalah jerawat berkat sifat anti-bakteri dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Serta dapat mencegah breakout yang lebih parah.

Rendam campuran 10 helai saffron dengan 5-6 daun basil segar di air jernih. Kemudian, tumbuh sampai menjadi krim dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Pakai hingga kondisi jerawat benar-benar sembuh.

2. Mencerahkan Wajah

Mencerahkan Wajah

Sumber gambar: Pexels

Selain jerawat, wajah yang kusam akan membuat wajah lebih tampak tidak sehat dan kurang bercahaya. Senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C akan membantu mencerahkan dan mengembalikan rona alami pada wajah. 

Gunakan campuran bunga saffron dengan susu yang belum dipasteurisasi dan perasan jeruk lemon. Diamkan selama 1 jam hingga semua bahan benar-benar menyatu sempurna, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Memudarkan Bekas Jerawat

Sumber gambar: Pexels

Manfaat bunga saffron berikutnya adalah dapat memudarkan bekas jerawat yang mengganggu. Memadukan saffron dengan daun basil akan menjadi antibakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat secara efektif. 

Untuk membuatnya, campurkan saffron dan daun basil dengan air. Kemudian tumbuk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar, lalu diamkan selama 15 menit dan setelahnya bilas dengan air.

4. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit

Sumber Gambar: Lifestyle Frisco

Kulit kering dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih kasar bahkan mengelupas. Kondisi ini juga yang akan memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kusam dan jerawat. 

Larutkan tiga helai saffron pada air mineral. Tempatkan pada botol spray, dan semprotkan pada wajah saat diperlukan. Manfaat air saffron untuk wajah satu ini akan mengembalikan kelembaban kulit wajah secara alami. 

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mempercepat Penyembuhan Luka

Sumber gambar: Pexels

Saffron dipercaya dapat meningkatkan regenerasi dan produksi sel, sehingga bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan luka. 

Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menunjukkan bahwa saffron dapat merangsang penyembuhan luka dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit yang diperlukan untuk menutup luka. 

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah: Lembab & Mulus!
jual produk perawatan tubuh

Manjakan diri dengan berbagai produk perawatan tubuh terbaik di sini!

6. Mengatasi Mata Panda

Mengatasi Mata Panda

Sumber Gambar: Freepik

Kandungan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C pada saffron, memberi manfaat lainnya yakni membantu mengatasi mata panda yang mengganggu penampilan.

Cara membuatnya adalah dengan mendiamkan larutan saffron dan air mineral semalaman. Kemudian, campurkan larutan tersebut dengan minyak zaitun. Basahi kapas dengan campuran tersebut dan tempelkan pada bagian bawah mata kamu selama 15 menit sebagai masker. 

Jangan lupa untuk gunakan krim mata atau serum mata untuk memaksimalkan hasil yang diberikan.

7. Mengurangi Iritasi Wajah

Mengurangi Iritasi Wajah

Sumber gambar: Pexels

Memiliki kulit sensitif pasti akan menyebabkan kondisi kulit terasa kering dan kemerahan. Adanya sifat anti-inflamasi pada saffron dapat menenangkan kulit yang mengalami iritasi dan kemerahan. 

Kamu cukup mencampurkan beberapa helai saffron dengan minyak zaitun atau madu, kemudian diamkan selama satu atau dua jam. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Mengatasi Sunburn

Mengatasi Sunburn

Sumber gambar: Pexels

Kamu termasuk golongan orang yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan? Jika kamu tidak melakukan perlindungan dan perawatan khusus, dapat menyebabkan kulit terbakar sampai terasa perih dan kemerahan. 

Gunakan air saffron untuk membantu mendinginkan dan menenangkan kulit yang terbakar matahari. Masukkan ke dalam botol spray agar lebih praktis untuk dibawa kemana pun. Meski begitu, pastikan kamu untuk tetap menggunakan sunscreen ya, Toppers!

9. Membuat Wajah Lebih Glowing

Membuat Wajah Lebih Glowing

Sumber: 163.com

Manfaat bunga saffron untuk wajah berikutnya adalah kulit akan tampak bersih, segar, dan glowing. Gunakan campuran saffron dengan air perasan lemon, dan oleskan secara merata pada kulit wajah. Penggunaan secara rutin akan membantu kamu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing. 

10. Mencegah Penuaan

Mencegah Penuaan

Sumber gambar: Pexels

Saffron yang kaya akan antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti noda hitam dan keriput. Antioksidan pada saffron berperan sebagai pelindung dari sinar UV yang dapat mempercepat penuaan.

Toppers dapat membuat masker dari saffron untuk mencegah penuaan dini. Kamu akan membutuhkan 2–3 batang saffron, 1 sendok teh susu kelapa, 5 tetes gliserin nabati, dan mentega almond untuk tekstur masker yang lembut. Campurkan semua bahan tersebut dan biarkan selama 1 jam. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga 15 menit sampai masker mengering.

Baca Juga: Cara Jitu Menghilangkan Mata Panda Secara Alami!

Bagaimana, Toppers? Tertarik untuk menggunakan saffron untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu? Tak hanya dalam bentuk masker dan toner, saat ini saffron sudah banyak tersedia sebagai suplemen yang berbentuk kapsul.

Sebelum menggunakan masker atau supplemen, pastikan kamu tidak memiliki riwayat alergi pada saffron. Dengan begitu manfaat saffron untuk wajah bisa kamu dapatkan secara efektif, optimal, serta tetap aman. Sekarang, kamu juga bisa belanja apapun dengan hemat dan mudah dengan promo 10.10, promo bulan ini, dan promo minggu ini di Tokopedia.

jual produk kecantikan

Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!

© 2009-2024, PT Tokopedia