• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah: Lembab & Mulus!

Share

10 Manfaat Masker Tomat untuk Wajah: Lembab & Mulus!

Ketahui manfaat masker tomat untuk kecantikan. Kulit lembab, bantu atasi jerawat hingga cegah penuaan dini. Simak selengkapnya!


Manfaat Masker Tomat – Meski sudah banyak produk perawatan wajah yang beredar di pasaran, namun masih ada beberapa diantaranya yang lebih memilih menggunakan perawatan wajah alami. Alasannya karena dianggap lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang buruk bagi wajah.

Perawatan wajah alami yang sering dilakukan adalah menggunakan masker wajah dari bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Salah satunya adalah masker tomat.

Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Contoh manfaat masker tomat diantaranya dipercaya dapat melawan kerusakan sel yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya, serta dapat melembabkan kulit.

Baca Juga: Manfaat masker kopi untuk wajah dan kulit, bikin glowing!

Manfaat Masker Tomat

Manfaat masker Tomat
Sumber Gambar: PhotoDune

Selain dikonsumsi dan menyehatkan tubuh, masker tomat juga dapat mendukung kulit yang bersih dan bercahaya. Sebenarnya apa saja manfaat masker tomat untuk wajah? Berikut diantaranya:

1. Melembabkan Kulit

Melembabkan Kulit
Sumber Gambar: Freepik

Kulit kering dapat menyebabkan rasa gatal hingga pengelupasan kulit. Untuk mengatasinya, banyak orang yang mengoleskan masker tomat atau meletakkan irisan buahnya langsung pada kulit.

Kandungan kalium di dalam tomat dipercaya dapat memberikan kelembaban pada kulit, sehingga terhindar dari kulit kering. Namun, manfaat masker tomat satu ini belum terbukti secara ilmiah dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

2. Merangsang Produksi Kolagen

Tomat adalah salah satu sayuran yang kaya akan vitamin C. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C bermanfaat untuk membantu merangsang produksi kolagen.

Dengan menggunakan masker tomat, vitamin C akan berperan untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah agar lebih kencang. Tetapi, riset mengenai manfaat masker tomat dengan mengoleskan tomat ke kulit wajah belum pernah dilakukan.

jual masker lumpur
Wajah berseri dengan menggunakan masker lumpur? Kenapa nggak bisa? Cobain yuk sekarang!

3. Memperlambat Penuaan Dini

Memperlambat Penuaan Dini
Sumber Gambar: Freepik

Manfaat masker tomat untuk wajah berikutnya adalah dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Kandungan vitamin B di dalamnya seperti, vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9 berperan sebagai anti aging.

Kandungan vitamin ini dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan pada wajah. Selain itu, berkontribusi pada perbaikan sel, mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain untuk wajah, masker tomat bisa digunakan untuk perawatan tubuh, lho. Seperti manfaat masker tomat dan gula yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati agar kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Perpaduan tomat dan gula yang sudah dihaluskan bisa kamu jadikan scrub dengan menggosokannya pada tubuh. Hindari penggunaan scrub ini pada wajah agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Meredakan Peradangan Kulit

Tomat mengandung likopen, beta karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Kandungan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan peradangan atau iritasi kulit. 

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang lebih lanjut mengenai manfaat masker tomat untuk wajah untuk meredakan peradangan kulit dengan cara dioleskan pada kulit.

BACA JUGA: MANFAAT MASKER OATMEAL UNTUK WAJAH: KULIT LEMBAB DAN BERCAHAYA

6. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit
Sumber Gambar: BeBeautiful

Alternatif lain dalam penggunaan masker tomat adalah dengan mencampurkannya dengan madu. Manfaat masker madu dan tomat dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan bercahaya.

Selain itu, dapat mengurangi pigmentasi, wajah kusam, dan flek hitam. Didukung dengan adanya antioksidan dan vitamin C di dalam tomat dapat memberi efek pencerah pada wajah.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Sumber Gambar: Zwivel

Manfaat masker tomat lainnya adalah memberikan perlindungan bagi wajah dari sinar matahari. Kandungan likopen yang berperan sebagai anti-inflamasi dapat meringankan rasa sakit akibat paparan sinar matahari.

Meski begitu, pastikan kamu tetap menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk melindungi wajah dari sunburn yang dapat menyebabkan kanker kulit.

8. Mengecilkan Pori-pori

Jika kamu memiliki wajah yang mudah berjerawat, besar kemungkinan pori-pori wajah cenderung besar yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah.

Masker tomat bisa menjadi solusi untuk membantu mengatasi masalah wajah satu ini. Tomat akan bekerja sebagai astringent alami yang dapat mengecilkan pori-pori serta efek ini juga dapat membantu mengurangi munculnya jerawat.

9. Mengontrol Minyak Berlebih

Selain masalah pori-pori besar, minyak berlebih di wajah juga bisa menjadi salah satu sumber pemicu timbulnya jerawat di wajah.

Manfaat masker tomat untuk wajah dapat membantu menyerap minyak berlebih berkat kandungan asam di tomat. Selain itu, juga membantu menjaga kulit lebih bersih dan kencang.

jual masker wajah hewan / animal mask
Perawatan wajah lebih seru dengan animal mask pilihan di sini!

10. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Likopen merupakan senyawa karotenoid yang berperan untuk memberikan warna merah pada tomat. Senyawa ini dikenal memiliki sifat anti kanker.

Meski begitu, diperlukan studi lebih lanjut mengenai efektivitas manfaat masker tomat untuk wajah dalam mencegah risiko kanker kulit. Selain menjadi masker, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung.

Baca Juga: Manfaat Masker Putih Telur: Mudah dan Efisien


Itu dia beberapa manfaat masker tomat untuk wajah yang bisa kamu lakukan di rumah! Pastikan kamu tidak memiliki riwayat alergi terhadap tomat sebelum menggunakannya, agar kulit wajah terhindar dari iritasi.

Agar lebih maksimal, lengkapi perawatan wajah kamu dengan menggunakan serangkaian produk yang dibutuhkan wajah seperti toner, serum, pelembab, sheetmask, dan lain sebagainya hanya di Tokopedia!

jual produk kecantikan
Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia