• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Teh Hitam: Minuman Herbal Kaya Antioksidan

Share

11 Manfaat Teh Hitam: Minuman Herbal Kaya Antioksidan

Daftar manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh. Tingkatan sistem kekebalan, cegah diabetes hingga turunkan berat badan.


Teh yang umum dikenal mungkin teh hijau, tapi pernahkah kamu mendengar teh hitam? Ini merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Berasal dari daun Camellia sinensis, tanaman yang sama dengan green tea.

Meski tidak sepekat kopi, teh hitam memiliki rasa yang lebih kuat karena mengandung lebih banyak kafein daripada jenis teh lainnya. Teh ini dikenal kaya akan antioksidan, yakni senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Tak salah jika teh hitam dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mengurangi peradangan hingga tingkatkan kesehatan jantung. Untuk mengetahui lebih dalam tentang manfaat teh hitam, simak penjelasan berikut ini.

baca juga: Manfaat Kayu Secang: Bahan Minuman Herbal Terkenal

Kandungan Teh Hitam

teh hitam
Sumber Gambar: Pinterest

Diketahui memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, tentu teh hitam memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Di dalam seduhan 100 gram (g), terkandung nutrisi berikut ini:

  • Air: 99,7 g
  • Energi: 1 kkal
  • Karbohidrat: 0,3 g
  • Zat Besi: 0,02 mg
  • Magnesium: 3 mg
  • Fosfor: 1 mg
  • Kalium: 37 mg
  • Kafein: 20 mg

Teh hitam juga mengandung katekin, theaflavin, dan thearubigins yang termasuk dalam kelompok polifenol dan sumber antioksidan utama.

Baca Juga: Manfaat Rosella: Teh Bunga Nikmat, Kaya Khasiat

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

teh hitam
Sumber Gambar: Freepik

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, teh hitam memiliki banyak manfaat. Ketahui ragam manfaat teh hitam berikut ini:

1. Sehatkan Jantung

Seperti yang diketahui bahwa teh hitam mengandung kaya antioksidan, salah satunya adalah flavonoid. Senyawa satu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi teh hitam dapat meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Kamu bisa mulai mengonsumsi teh hitam setidaknya 3 gelas per hari secara rutin.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Di dalam tubuh mengandung dua lipoprotein untuk mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh, yakni low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL).

LDL dikategorikan sebagai lipoprotein jahat karena mengangkut kolesterol ke sel-sel di seluruh tubuh. Apabila jumlahnya terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gagal jantung atau stroke.

Beberapa penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh hitam dapat membantu mengurangi kolesterol LDL di dalam tubuh dan meminimalisir risiko terkena penyakit jantung maupun obesitas.

3. Meningkatkan Kesehatan Usus

Bakteri baik memiliki peranan penting untuk menyehatkan pencernaan. Kandungan polifenol membantu menjaga kesehatan usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik, serta menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Teh hitam juga bersifat antimikroba yang bekerja membunuh zat berbahaya dan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti gagal jantung, ginjal, stroke, kehilangan penglihatan, hingga serangan jantung. Kamu bisa menekan risiko tersebut dengan merubah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat.

Minum teh hitam dapat berperan dalam membantu penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan. Akan tetapi, beberapa peneliti menyatakan bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai khasiat teh hitam satu ini.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Tak banyak yang tahu bahwa dengan mengonsumsi teh hitam dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak, serta menurunkan risiko gangguan kognitif.

Kandungan kafein di dalam teh hitam juga bisa menjadi alternatif pengganti kopi untuk meningkatkan fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

teh oolong
Temani pagi dan antap camilan sore secara lebih nikmat dengan teh oolong berkualitas di sini!

Baca Juga: Manfaat Kunyit Asam: Jamu Daya Tahan hingga Atasi Haid

6. Menurunkan Risiko Stroke

Stroke merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi nomor dua di diunia, yang dapat terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat atau pecah. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan tidak merokok.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum empat atau lebih cangkir teh hitam per hari dapat menurunkan risiko stroke, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hitam.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Peningkatan kadar gula darah dapat meningkatan risiko komplikasi kesehatan, seperti diabetes tipe 2, obesitas, gagal ginjal, dan depresi. Teh hitam termasuk minuman non-manis yang ditemukan dapat membantu meningkatkan insulin di dalam tubuh.

Hal ini didukung oleh seorang peneliti yang menyimpulkan bahwa beberapa senyawa dalam teh hitam, khususnya katekin dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah.

8. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh, berkat kandungan antioksidan seperti polifenol. Zat ini berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit dan sakit.

9. Mencegah Risiko Kanker

Kandungan polifenol di dalam teh hitam dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker, termasuk pada kanker payudara. Ini menunjukkan bahwa teh hitam dapat mengatasi penyebaran tumor payudara yang bergantung pada hormon.

Meski begitu, teh hitam tetap diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengetahui lebih jelas hubungan antara teh hitam dan sel kanker.

10. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih kerap membuat kurang rasa percaya diri dan dapat mengganggu penampilan. Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa teh hitam berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat teh hitam untuk diet bisa kamu dapatkan berkat kandungan kafein di dalam teh hitam yang dapat memecah lemak di dalam tubuh, serta mempertahankan penurunan berat badan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Namun, perlu diingat bahwa kandungan kafein yang terlalu banyak tidak baik bagi tubuh.

11. Atasi Jerawat

Tak banyak orang yang tahu bahwa teh hitam tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan, melainkan juga untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat. Kamu bisa dapatkan manfaatnya dengan menjadikan ampas teh hitam sebagai scrub.

Penggunaannya pun cukup mudah, pastikan wajah kamu sudah benar-benar bersih. Kemudian, oleskan ampas teh hitam pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin setidaknya minimal 2 kali seminggu.

Baca Juga: Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Cara Konsumsi Teh Hitam

teh hitam
Sumber Gambar: Freepik

Teh hitam tidak hanya baik untuk kesehatan, akan tetapi juga mudah dibuat. Jika kamu menggunakan teh hitam yang dibeli di toko, cukup tambahkan satu kantong teh ke dalam cangkir yang berisi air panas. Kemudian, teh hitam sudah bisa dikonsumsi.

Namun, apabila kamu menggunakan daunnya, cukup gunakan 2-3 gram daun teh hitam. Lalu, seduh dengan air panas dan biarkan teh terendam selama 3-5 menit. Setelah itu, keluarkan daun teh hitam dari air dan siap dinikmati.

Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai: Menu Diet hingga Dukung Ibu Hamil

Nah, sekarang sudah tahu kan Toppers, apa saja kandungan, manfaat, serta cara mengonsumsi teh hitam? Meski dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kamu tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsinya.

Pastikan kamu juga tidak memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung, sebab kandungan kafein yang cukup tinggi pada teh hitam sangat rentan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit tersebut.

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia