• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Kayu Secang: Bahan Minuman Herbal Terkenal

Share

11 Manfaat Kayu Secang: Bahan Minuman Herbal Terkenal

Manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh. Tangkal radikal bebas, cegah berbagai penyakit seperti diabetes hingga kanker.


Secang atau Caesalpinia sappa merupakan salah satu jenis pohon anggota suku polong-polongan yang biasa tumbuh di wilayah pegunungan atau wilayah berlereng. Asal usulnya belum diketahui, namun banyak tumbuh di Asia, termasuk Indonesia.

Kayu dari pohon secang dapat diolah menjadi minuman herbal yang dicampur dengan rempah-rempah, ekstrak, direbus, dan berbagai olahan makanan. Sebelum dikonsumsi, batang kayu secang diserut dan dijemur terlebih dahulu hingga kering.

Siapa sangka, ternyata kayu secang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak kandungan, manfaat, dan cara mengonsumsi kayu secang berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis: Tangkal Virus hingga Turunkan Kolesterol

Kandungan Secang

manfaat kayu secang
Sumber Gambar: Health Wisdom

Kayu Secang memiliki banyak khasiat dan manfaat dari kandungan zat-zat kimia, nutrisi, dan mineral di dalamnya. Berikut ini kandungan pada zat 100 gram (g) kayu secang yang sudah diekstraksi:

1. Brazilin

Senyawa ini merupakan pewarna alami yang memberikan warna merah pada kayu secang. Zat ini memiliki efek anti-inflamasi dan anti bakteri (Staphylococcus aureus dan Escherichia coli) yang baik untuk kesehatan.

2. Saponin

Saponin merupakan zat kimia yang memberikan efek rasa pahit pada kayu secang. Ketika dikocok dengan air, kayu secang akan berbusa atau berbuih karena efek dari saponin.

3. Polifenol

Dalam 100 g, kayu secang memiliki kandungan polifenol 44.66 ± 0.09 mg/100g. Zat ini memiliki manfaat antioksidan dan penangkal radikal bebas.

4. Flavonoid

Flavonoid yang terkandung dalam 100 gram kayu secang sebesar 1.84 ± 0.03mg/100mg. Zat ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, seperti menangkal radikal bebas, zat antioksidan, dan meningkatkan efek vitamin C dan antioksidan.

5. Tanin

Tannin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri. Dalam 100 g kayu secang, terdapat 46.42 mg/100g ekstrak Tannin di dalamnya.

Baca Juga: Manfaat Beras Kencur: Jamu Nafsu Makan, Jaga Stamina

Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

khasiat kayu secang
Sumber Gambar: Unair News

Zat dalam kayu secang memiliki banyak kebaikan. Mulai dari tangkal radikal bebas, hambat pertumbuhan kanker, hingga cegah diabetes. Ketahui manfaat lainnya:

1. Melawan Peradangan

Mencuci wajah dengan rendaman air kayu secang bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif. Zat yang terkandung di kayu secang bersifat anti inflamasi atau anti radang yang dapat mengobati jerawat.

Brazilin, senyawa pigmen merah yang ditemukan dalam ekstrak kayu secang telah terbukti melawan bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan jerawat dan peradangan pada kelopak mata.

2. Membasmi Bakteri

Air rebusan dengan kayu secang mengandung sifat anti bakteri. Adanya metanol dalam kayu dapat mencegah bakteri Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, keracunan makanan, dan infeksi sendi.

Selain itu, Brazilin yang terkandung di dalam kayu secang dapat membasmi bakteri penyebab infeksi, misalnya bakteri Salmonella, Streptococcus, dan E. coli.

3.  Sebagai Obat Anti Alergi

Alergi adalah suatu reaksi dalam tubuh yang bisa  berbentuk pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas.

Untuk kamu yang memiliki masalah alergi, rebusan air secang adalah solusinya. Senyawa flavonoid dalam kayu secang memiliki sifat anti alergi yang sangat kuat.

Selain itu, senyawa chalcone dalam kayu ini memiliki khasiat untuk mengurangi gejala alergi. Minum segelas kayu secang setiap hari untuk mengurangi alergi yang kamu alami.

4. Dapat Mengatasi Kejang

Orang yang mengalami kejang-kejang karena epilepsi dan gangguan lain sebaiknya mengonsumsi kayu secang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu secang memiliki fungsi reaktif yang dapat melawan kejang karena adanya aktivitas antikonvulsan atau anti kejang.

Antikonvulsan merupakan jenis obat yang membantu menormalkan stabilitas rangsangan sel saraf agar tak mengalami kejang-kejang.

Selain itu, antikonvulsan juga memiliki fungsi untuk meredakan nyeri karena gangguan saraf.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Minum secangkir air kayu secang setiap hari baik untuk kesehatan jantung.

Satu studi menemukan bahwa Brazilin, pigmen merah yang ada di dalam kayu secang memberikan efek positif dan membuat jantung lebih sehat.

Tampilan merah mudah dari Brazilin juga membuat tampilan minuman ini cantik jika dituangkan ke dalam gelas bening.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa peras sedikit jeruk nipis ke dalam segelas minuman kayu secang dan menambahkan setetes madu. Minuman ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

Baca Juga: Manfaat Adas: Sehatkan Jantung hingga Cegah Kanker

6. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh.

Kebanyakan orang akan meminum teh untuk menambah antioksidan dalam tubuh. Tetapi teh bisa meningkatkan keasaman dan kecanduan kafein. Kayu secang dapat menjadi pengganti teh yang bagus.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kayu secang memberikan lebih banyak antioksidan dan perlindungan yang lebih baik dari radikal bebas daripada makanan seperti blueberry.

7. Menghambat Pertumbuhan Sel Kankel

Kayu secang mengandung zat antioksidan dan antikanker. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50% etanol dapat membuat perkembangan sel kanker jadi terhambat.

Meskipun belum diteliti lebih lanjut, minuman kayu secang baik dikonsumsi untuk menjaga hidup sehat dengan melindungi diri dari kanker.

8. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan molekul yang tidak teroksidasi menyebabkan terbentuk molekul baru yang dapat merusak sel tubuh.

Dalam kadar normal, radikal bebas bekerja melindungi jaringan tubuh dari kerusakan. Jika berlebihan, radikal bebas menjadi molekul pemangsa yang bergerak liar merusak jaringan tubuh.

Radikal bebas sering menjadi sumber dari segala penyakit, kita perlu melindungi tubuh dari masalah ini dengan meminum rebusan kayu secang.

Berbagai zat yang terkandung dalam kayu secang dapat membuat badan tetap sehat dan terlindung dari radikal bebas.

9. Meremajakan Kulit

Kulit kita terpapar oleh polusi, debu, sinar matahari yang memiliki radikal bebas setiap hari. Akibatnya, lapisan kulit rentan mengalami kering, jerawat, hingga penuaan dini.

Ada banyak cara untuk meremajakan kulit, salah satunya dengan meminum rebusan kayu secang.

Kandungan antioksidan dalam kayu secang dapat menyeimbangkan radikal bebas sehingga bisa membantu meremajakan kulit akibat radikal bebas.

Selain menyehatkan tubuh, kayu yang satu ini juga dapat menyehatkan kulit.

10. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis karena tingginya glukosa di dalam tubuh.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air rebusan kayu secang dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Efek dari kayu secang akan mencegah terjadinya resistensi insulin dan menurunkan risiko diabetes.

11. Mencegah Kerusakan Sel

Kerusakan sel terjadi saat sel dalam keadaan stres karena tidak mampu merespons berbagai faktor pemicu di atas dalam waktu yang lama.

Biasanya sel akan menambahkan atau mengurangi ukuran sel, jumlah sel, serta mengubah ukuran sel.

Kayu sejuta manfaat ini memiliki kandungan flavonoid, polifenol, dan brazilin yang dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Selain itu, antioksidan dalam kayu secang dapat menurunkan risiko penyakit diabetes dan kanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Mint: Herba Segar yang Bikin Tubuh Bugar

Cara Mengonsumsi Kayu Secang

manfaat kayu secang untuk kesehatan
Sumber Gambar: 999TCM

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat dari kayu secang untuk kesehatan. Kamu bisa membuat olahan wedang secang dengan mudah.

Bahan-bahan:

  • 5 lembar secang
  • 5 centimeter (cm) kayu manis
  • 5 lembar daun salam
  • 5 cm jahe
  • 2 sendok makan (sdm) gula pasir
  • 700 mililiter (ml) air

Cara membuat:

  • Siapkan semua bahan, cuci bersih, dan geprek jahe.
  • Masukkan semua bahan ke dalam panci berisi air, lalu didihkan sampai berubah warna dan harum.
  • Selesai. Wedang secang siap disajikan untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jahe: Perkuat Imun hingga Obati Batuk

Kayu secang dapat menjadi makanan atau minuman penuh khasiat yang dapat diolah secara mudah, apakah kamu tertarik mengonsumsi rebusan kayu secang, Toppers?

Sekarang tidak perlu bingung untuk mencari kayu secang, Toppers bisa dengan mudah membeli kayu secang dan berbagai bahan herbal lainnya hanya di Tokopedia!


jual wedang jahe
Sekarang kamu bisa menikmati kehangatan wedang di rumah. Cari aja di Tokopedia. Yang jual banyak!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia