• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Adas: Sehatkan Jantung hingga Cegah Kanker

Share

11 Manfaat Adas: Sehatkan Jantung hingga Cegah Kanker

Daftar manfaat adas untuk kesehatan tubuh. Obat tradisional alami yang sehatkan jantung, cegah pertumbuhan sel kanker hingga perlancar ASI.


Adas atau juga biasa dikenal dengan nama fennel merupakan salah satu tanaman obat dan jenis rempah yang banyak digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Adas memiliki banyak manfaat, mulai dari dijadikan sebagai bumbu dapur, ekstrak alami dari buah dan bijinya yang banyak diolah sebagai minyak aromaterapi hingga obat tradisional. Biasanya, daun adas dijadikan obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tidak sampai disitu saja, daun adas juga memiliki kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan juga antibakteri yang baik untuk tubuh. Ini dia ulasan lengkap tentang adas, mulai dari kandungan, manfaat, hingga cara konsumsinya.

Baca Juga: Manfaat Parsley/Peterseli: Cegah Diabetes hingga Awet Muda

Kandungan Adas

kandungan adas, kegunaan adas
Sumber Gambar: Pixabay/flomo001

Adas memang dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki kandungan yang bermanfaat sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Menurut United States Department of Agriculture (SDA), kandungan gizi dalam 234 gram (g) adas adalah sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 17 g
  • Lemak: 0,47 g
  • Kalori: 73 kilokalori (kkal0
  • Protein: 2,9 g
  • Serat 7,3 g
  • Vitamin C: 10,4 miligram (mg)
  • Vitamin A: 838 International Unit (IU)
  • Vitamin B6: 0,041 mg
  • Magnesium: 15 mg
  • Kalium: 360 mg
  • Natrium: 45 mg
  • Kalsium: 43 mg
  • Zat Besi: 0,64 mg 

Selain kandungan gizi diatas, adas juga mengandung asam pantotenat, tembaga, vitamin K, kolin, mangan, lutein, zeaxanthin, selenium, vitamin E, niasin, beta, seng, folat, dan fosfor.

Kandungan vitamin C dan vitamin A berfungsi sebagai nutrisi penting untuk menjaga penglihatan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan, mangan berfungsi untuk mendukung fungsi normal pada otak, sistem saraf dan juga metabolisme tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Bawang: Penyedap Rasa yang Kaya Guna

Manfaat/Khasiat Adas

manfaat adas, khasiat adas
Sumber Gambar: HealthifyMe

Kegunaan adas tidak hanya sekedar sebagai bumbu pada masakan ataupun obat tradisional saja. Adas atau fennel ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut daftar manfaat atau khasiat adas selengkapnya:

1. Menyehatkan Jantung

Mengonsumsi adas dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena adanya flavonoid pada adas yang telah terbukti melindungi kesehatan jantung karena kandungan antioksidan dan antiinflamasi.

Selain itu, kandungan serat dalam adas juga dapat menjaga kadar kolesterol. Sementara kandungan antioksidan dan kalium untuk membantu menurunkan hipertensi.

2. Mencegah Kanker

Pada studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak adas mengandung zat anethole yang bersifat sebagai antikanker. Senyawa ini terlihat dapat menghentikan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus.

Namun, mengenai ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas serta efek sampingnya agar lebih terjamin.

3. Menyehatkan Tulang

Kalsium, magnesium, dan fosfor yang terkandung di dalam adas memiliki peran penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin K juga berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium dalam urin.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada adas juga berkontribusi untuk membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

4. Memperlancar Produksi ASI

Tidak ada hanya untuk kesehatan tubuh saja, adas juga memiliki kegunaan untuk memperlancar ASI, karena mengandung senyawa galactagogue yang dapat merangsang produksi ASI.

Selain itu, senyawa ini juga bekerja untuk meningkatkan hormon prolaktin yang berperan dalam membantu para ibu menghasilkan ASI setelah melahirkan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adas juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya selenium yang dapat merangsang produksi sel-T pembunuh.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan dalam adas seperti vitamin C dan kuersetin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kadar penanda peradangan.

Sehingga mengonsumsi adas juga sangat baik agar kekebalan tubuh kamu tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

bumbu masak
Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

Baca Juga: Manfaat Kunyit: Anti Peradangan hingga Perangi Kanker

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu sumber vitamin yang ada di dalam adas adalah vitamin B6 yang berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh dengan memecah karbohidrat menjadi glukosa dan protein menjadi asam amino.

Serta, adanya kandungan serat di dalamnya juga membantu mencegah terjadinya sembelit sehingga pencernaan lebih sehat dan lancar. Serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol nafsu makan.

7. Mengobati Anemia

Penyebab seseorang mengalami anemia karena hemoglobin di dalam tubuh yang menurun. Cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Mengonsumsi adas bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan sumber zat bes yang dapat membantu merangsang produksi hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh, serta meningkatkan kemampuan penyerapan zat besi.

8. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kandungan cineole dan anetol yang ada di dalam adas dapat membantu menghilangkan dahak sehingga saluran pernapasan menjadi lebih longgar.

Dengan begitu, penyakit yang berkaitan dengan pernapasan seperti batuk dan bronkitis dapat teratasi. Kamu bisa mengonsumsinya cukup dengan merebus adas dan dikonsumsi setiap hari.

9. Mencerahkan Kulit dan Lebih Sehat

Vitamin C yang terdapat pada adas tidak hanya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, tanaman satu ini juga bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit, termasuk mencerahkan warna kulit.

Kamu cukup minum hasil rebusan adas atau menumbuk biji dan daun yang bisa kamu gunakan sebagai masker pada wajah.

10. Mengandung Antioksidan

Sesuatu yang mengandung antioksidan, salah satunya polifenol sangat berguna untuk kesehatan.

Dengan kamu mengonsumsi antioksidan makan resiko terserang penyakit akan lebih kecil dan rendah. Termasuk penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

11. Meningkatkan Fungsi Otak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kandungan kalium pada adas berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak seseorang.

Hal ini disebabkan karena kemampuan otak dapat meningkat secara kognitif dan dapat melancarkan aliran oksigen pada otak, sehingga fungsi otak juga ikut meningkat.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa: Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

Cara Konsumsi Adas

adas
Sumber Gambar: Medical News Today

Adas sering dimanfaatkan sebagai bumbu untuk berbagai masakan dan minuman herbal atau obat tradisional. Salah satu cara mengonsumsi adas adalah dengan membuat teh chai. Berikut caranya:

  • Siapkan bahan-bahannya, seperti 500 ml air, ½ jari jahe, 1 jari kayu manis, 11 butir lada hitam, 5 cengkeh, 3 kapulaga, ¼ sendok teh adas manis, 1 sendok teh hitam, susu full cream atau gula aren, dan garam secukupnya.
  • Didihkan air, lalu rebus semua bahan dan rebus hingga air agak menyusut. 
  • Setelahnya tuang dan saring ke dalam gelas, lalu tambahkan susu atau gula merah secukupnya. 
  • Teh chai siap dinikmati dan rasakan sensasi rasanya yang hangat, wangi nan nikmat.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis: Tangkal Virus hingga Turunkan Kolesterol

Itu dia Toppers, kandungan, manfaat atau khasiat, hingga cara mengonsumsi adas yang perlu kamu ketahui. Mulailah untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan atau minuman herbal yang juga dapat memberi khasiat baik bagi tubuh.


produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia