11 Manfaat Parsley/Peterseli: Cegah Diabetes hingga Awet Muda

0
629
parsley, peterseli
Sumber Gambar: Freepik

Daftar manfaat parsley alias peterseli untuk kesehatan tubuh. Kaya antioksidan untuk cegah penyakit hingga hindari penuaan dini.


Daun parsley atau peterseli merupakan salah satu jenis daun herba yang cukup terkenal dalam dunia kuliner. Peterseli sering dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan, sehingga terlihat semakin cantik dan menggugah selera.

Peterseli sering ditemukan pada kuliner khas Timur Tengah. Jenis tanaman ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Peterseli biasanya cocok untuk diolah menjadi saus atau bumbu pelengkap pasta seperti spaghetti.

Ternyata daun peterseli ini tidak hanya bermanfaat sebagai penghias pada makanan saja. Namun juga memiliki beragam manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Berikut ini ulasan lengkapnya mengenai kandungan, khasiat dan manfaat, hingga cara konsumsi daun parsley atau peterseli.

Baca Juga: Manfaat Daun Mint: Herba Segar yang Bikin Tubuh Bugar

Kandungan Parsley

kandungan daun parsley, kandungan daun peterseli
Sumber Gambar: Freepik

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, peterseli juga dapat digunakan dalam pembuatan sabun, krim, dan parfum karena mengandung antimikroba dan antiinflamasi.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam setengah cangkir atau 30 g (g) daun peterseli:

  • Kalori: 11 kalori
  • Karbohidrat: 2 g
  • Protein: 1 g
  • Lemak: kurang dari 1 g
  • Serat: 1 g
  • Vitamin A: 108% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 53% AKG
  • Vitamin K: 547% AKG
  • Folat: 11% AKG
  • Kalium: 4% AKG

Jika dilihat dari kandungan diatas, manfaat daun peterseli tidak bisa diremehkan. Sebut saja kandungan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang, vitamin A dan vitamin C yang menjadi sumber antioksidan.

Selain itu, daun peterseli juga memiliki kalori yang rendah, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program diet.

Baca Juga: Manfaat Daun Bawang: Penyedap Rasa yang Kaya Guna

Manfaat/Khasiat Daun Parsley

manfaat parsley, khasiat peterseli
Sumber Gambar: Freepik

Kegunaan peterseli dalam menyedapkan makanan dan mempercantik tampilan makanan sudah sangat populer dikalangan pecinta kuliner.

Namun, masih tak banyak yang tahu bahwa parsley atau peterseli ini memiliki manfaat dan khasiat yang beragam untuk kesehatan tubuh. Mari simak ulasan lengkap manfaat/khasiat parsley atau peterseli:

1. Kaya Antioksidan 

Antioksidan memiliki fungsi menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Pada daun peterseli ada tiga jenis antioksidan di dalamnya, diantaranya yakni flavonoid, karotenoid, dan vitamin C.

Kandungan flavonoid di dalam peterseli ini mampu mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus besar, diabetes, hingga penyakit jantung. Sedangkan karenoid dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru.

Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan berperan penting dalam mendukung kesehatan seperti kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit kronis.

Fakta menarik lainnya daun peterseli kering memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan yang masih segar. 

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K pada daun peterseli yang tinggi dapat membantu mencukupi kebutuhan mineral pada tulang agar tetap sehat dan kuat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin K dapat mengurangi risiko patah tulang hingga 22%.

Karena itu, mengonsumsi daun peterseli sangat dianjurkan karena bermanfaat untuk kesehatan tulang.

3. Mengandung Komponen Antikanker

Peterseli mengandung berbagai antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C yang memberikan manfaat mencegah kanker.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa asupan makanan yang mengandung flavonoid tinggi dapat mengurangi risiko kanker usus besar hingga 30%. Selain itu, meningkatkan konsumsi vitamin C sebanyak 100 mg per hari dapat mengurangi risiko kanker secara keseluruhan sebesar 7%.

Apabila konsumsi vitamin C sebanyak 150 mg per hari dapat menurunkan risiko kanker prostat hingga 21%.

4. Menjaga Fungsi Penglihatan

Peterseli mengandung lutein, zeaxanthin, dan beta karoten yang mampu melindungi kesehatan mata. Makanan yang kaya akan lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko degenerasi makula (AMD) hingga 26%.

Sedangkan beta karoten adalah karotenoid lain yang mendukung kesehatan mata. Karotenoid ini dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berperan penting bagi kesehatan mata, karena mampu melindungi kornea mata.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan folat yang ada pada daun peterseli mampu meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian menyatakan bahwa asupan folat yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 38%.

Folat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan menurunkan kadar asam amino homosistein. Sehingga, sangat baik untuk mengonsumsi peterseli agar kesehatan jantung kamu tetap terjaga.

alat pemotong salad
Ingin memotong sayuran dengan lebih praktis dan tanpa pegal? Coba yuk!

Baca Juga: Manfaat Oregano: Penyedap Makanan yang Kaya Antioksidan

6. Mengandung Komponen Antibakteri

Saat digunakan sebagai ekstrak peterseli memiliki manfaat sebagai antibakteri. Ekstrak daun peterseli dianggap mampu mencegah tumbuhnya bakteri pada makanan.

Beberapa bakteri tersebut seperti Salmonella dan Listeria, yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Sayangnya pada penelitian ini belum dilakukan pada manusia.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut penelitian para ahli daun peterseli mengandung myricetin yang mampu mengobati dan mencegah penyakit diabetes. Manfaat peterseli bisa menurunkan kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin berdasarkan riset pada hewan di laboratorium.

8. Mencegah Penuaan Dini 

Kandungan vitamin C dalam peterseli dipercaya dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini seperti garis dan kerutan halus pada wajah.

Ia bekerja sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Hal ini membantu dalam perbaikan sel dan merangsang produksi kolagen yang membuat kulit terlihat lebih sehat, kenyal, dan awet muda.

9. Mencegah Timbulnya Jerawat

Sifat antimikroba pada peterseli dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Peterseli juga mampu menyeimbangkan kelebihan sebum pada wajah.

Tidak hanya itu, peterseli juga mengandung antiinflamasi yang bekerja sebagai antioksidan dalam membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

10. Mengurangi Pigmentasi pada Wajah 

Manfaat peterseli selanjutnya adalah mampu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit wajah karena mengandung vitamin C.

Selain itu, vitamin C yang ada di dalam peterseli mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit serta mengurangi bintik-bintik pada wajah. 

11. Membantu Proses Pencernaan 

Peterseli digunakan untuk membantu mengobati gangguan pencernaan karena kandungan serat di dalamnya yang mampu membantu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, ia juga bertindak sebagai makanan prebiotik untuk bakteri baik di usus.

Baca Juga: Manfaat Seledri: Daun Beraroma Khas, Khasiat Tak Terbatas

Cara Konsumsi Parsley

daun parsley, peterseli
Sumber Gambar: Freepik

Peterseli adalah daun serbaguna yang mudah ditambahkan ke berbagai masakan. Salah satu cara mengonsumsi parsley atau peterseli adalah dengan membuat ayam panggang. Berikut cara memasaknya:

  • Siapkan bahan-bahan seperti 1 ekor ayam dan diambil bagian dada, 4 siung bawang putih, ½ sdt garam, ½ sdt penyedap rasa, 2 jumput lada bubuk, dan parsley secukupnya. 
  • Cuci bersih dada ayam, pukul ayam agar bumbu mudah meresap.
  • Beri bumbu ayam dengan semua bahan, jangan lupa bawang putih digeprek terlebih dahulu. Lumuri pada ayam dan tunggu hingga 15 menit sampai semua bumbu meresap. 
  • Siapkan teflon antilengket dan beri 1 sendok minyak sayur.
  • Masukkan ayam dan masak hingga ayam berubah warna menjadi kuning kecoklatan. 
  • Setelah matang, ayam panggang parsley siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga. 

Catatan Sebelum Mengonsumsi Parsley

Selain manfaatnya yang banyak, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengonsumsi peterseli.

Misalnya, seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun peterseli

Karena di dalam daun peterseli mengandung vitamin K yang tinggi dimana dikenal berguna untuk proses pembekuan darah.

Baca Juga: Manfaat Asparagus: Sayur Sedap, Bernutrisi Lengkap

Itu dia Toppers kandungan, manfaat dan khasiat, hingga cara konsumsi parsley atau peterseli yang wajib kamu ketahui. Yuk, hidup sehat dengan membeli daun parsley atau peterseli dengan mudah hanya di Tokopedia!


campaign vitamin daya tahan tubuh
Perkuat imunitas dengan vitamin daya tahan tubuh pilihan, nikmati diskonnya!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono