11 Manfaat Asam Jawa: Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

0
192
asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Daftar manfaat asam jawa untuk kesehatan. Ampuh obati flu dan batuk, kontrol diabetes hingga mempercepat penyembuhan luka.


Asam jawa atau yang biasa dikenal dengan nama tamarind ini merupakan sejenis buah yang memiliki rasa masam. Buah ini biasa digunakan sebagai campuran bumbu masakan. Selain itu, buah asam juga sering digunakan sebagai campuran pada jamu tradisional.

Asam jawa asli berasal dari Afrika, namun buah ini banyak didatangkan dari India dan dijadikan tanaman yang produktif. Tak heran jika asam jawa sering disebut sebagai kurma India, mengingat daging buahnya seperti kurma.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai salah satu rempah pada masakan, asam jawa juga dikenal memiliki segudang khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah unik satu ini mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, hingga vitamin K.

Selain itu, juga memiliki kalori dan mineral penting seperti kalium, fosfor, natrium, besi, dan lain-lain. Oleh sebab itulah, asam jawa dapat dijadikan sebagai antioksidan dan agen antiinflamasi.

Buah yang memiliki kombinasi rasa asam dan manis ini sering dijadikan pengobatan alternatif di berbagai daerah. Lalu, apa saja manfaat asam jawa yang bisa di dapat? Mari simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu

Kandungan Asam Jawa

kandungan asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Asam jawa dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun, manfaat ini bisa didapatkan dengan maksimal apabila kamu mengonsumsinya dengan cara yang sehat. Berikut kandungan gizi asam jawa dalam 130 gram (g):

  • Karbohidrat: 69 g
  • Protein: 3 g
  • Lemak: 1 g
  • Serat: 6 g
  • Kalori: 287 kilokalori
  • Vitamin B1: 34% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin B2: 11% AKG
  • Vitamin B3: 12% AKG
  • Kalium: 22% AKG
  • Magnesium: 28% AKG
  • Zat besi: 19% AKG
  • Kalsium: 9% AKG
  • Fosfor: 14% AKG

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk?

Manfaat/Khasiat Asam Jawa

Asam jawa merupakan salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih lanjut, yuk kita simak daftar khasiat asam jawa berikut ini:

1. Mengobati Flu dan Batuk

asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Seperti yang kita tahu bahwa asam jawa mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Maka dari itu, asam jawa sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, seperti mengobati flu dan batuk.

Cara konsumsinya juga mudah, cukup ambil asam jawa secukupnya kemudian campurkan dengan air hangat. Kamu bisa mengonsumsinya saat sedang terserang flu atau batuk dan asam jawa bisa kamu gunakan sebagai alternatif obat alami.

2. Mengontrol Diabetes

asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Pada asam jawa mengandung enzim alfa-amilase yang dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah serta dapat membantu menstabilkannya. Manfaat asam jawa ini didapatkan dari ekstrak bijinya.

3. Kaya Akan Antioksidan

asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Aktioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan antioksidan juga baik untuk kesehatan kulit karena dapat melindungi dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit kamu menjadi lebih gelap dan kusam.

4. Menyehatkan Saluran Pencernaan

kandungan asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Jika kamu memiliki masalah dengan saluran pencernaan, kamu bisa coba konsumsi asam jawa dengan mengolahnya menjadi minuman.

Saat kamu mengalami kesulitan BAB dengan minum asam jawa bisa membuat BAB menjadi lebih lancar.

5. Baik untuk Ibu Hamil

asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Beberapa ibu hamil pasti pernah merasakan morning sickness, yaitu kondisi dimana seorang wanita mengalami rasa mual dan muntah di pagi hari saat sedang hamil. 

Asam jawa memiliki khasiat dapat melawan rasa mual dan muntah di pagi hari untuk ibu hamil. Selain itu, juga bisa membantu meringankan sembelit saat hamil.

Namun, tetap untuk anjuran konsumsinya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk menghindari resiko yang bisa terjadi.

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

Baca Juga: Manfaat Pisang: Buah ‘Merakyat’ yang Kaya Khasiat

6. Mencegah Kanker

manfaat asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Asam jawa juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Manfaat ini didapat karena tingginya zat antioksidan pada asam jawa yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan gagal ginjal akut dan kanker ginjal.

7. Menurunkan Berat Badan

manfaat asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Jika kamu memiliki masalah dengan berat badan, kamu mulai bisa coba konsumsi asam jawa karena buah ini termasuk dalam kategori buah yang dapat menurunkan risiko berat badan.

Asam jawa mengandung asam hidroksi atau HCA yang dapat menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh. Asam jawa dapat menekan nafsu makan karena terdapat peningkatan kadar serotonin.

8. Mencegah Timbulnya Jerawat

manfaat asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Siapa sangka ternyata asam jawa bermanfaat dapat mencegah timbulnya jerawat. Buah ini berkhasiat untuk mengatur dan menghentikan ketidakseimbangan metabolisme yang menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk jerawat.

Selain itu, asam jawa juga mengandung senyawa lupeol yang bisa berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur.

9. Menjadi Anti-aging

manfaat asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Banyak wanita yang selalu mengimpikan memiliki wajah awet muda. Tak banyak juga yang rela menghabiskan ratusan juta untuk membeli produk kecantikan demi mengatasi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Padahal, hanya dengan rajin konsumsi asam jawa bisa menjadi salah satu alternatif untuk tetap sehat dan awet muda karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Kamu juga bisa menggunakan krim atau serum yang berbahan dasar ekstrak asam jawa untuk menjaga keremajaan kulit wajah kamu.

10. Menjaga Kesehatan Otak

khasiat asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Kandungan vitamin B di dalam asam jawa berperan penting untuk fungsi otak, termasuk sintesis dan perbaikan DNA/RNA, regulasi gen, serta sintesis berbagai molekul pensinyalan.

Jadi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi asam jawa karena memiliki khasiat yang baik untuk tetap menjaga kesehatan otak kamu.

11. Menyembuhkan Luka

air asam jawa
Sumber Gambar: Freepik

Pada asam jawa, tidak hanya dagingnya saja yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun dan biji asam juga dapat berfungsi untuk menyembuhkan luka. 

Hal ini dikarenakan pada buah asam memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka secara efektif.

Baca Juga: Manfaat Duku: Obati Cacingan hingga Antimalaria

Cara Mengonsumsi Asam Jawa

air asam jawa
Sumber Gambar: The Pioneer Woman

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi dan mendapatkan manfaat dari asam jawa secara maksimal.

Asam jawa dapat dikonsumsi secara langsung tanpa diolah, dapat dikeringkan dan ditumbuk menjadi bumbu, dapat diolah menjadi permen, atau hanya sekedar dicampur dengan air hangat.

Berikut salah satu cara mengonsumsi asam jawa dengan mengolahnya menjadi minuman asam jawa gula merah:

  • Siapkan bahan-bahan seperti, 200 gram asam jawa yang sudah dicuci bersih. 500 gram gula merah, dan 4000 ml air. 
  • Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan asam jawa dan gula merah.
  • Aduk merata dan biarkan hingga mendidih matang. 
  • Tunggu hingga dingin, kemudian saring dan tuangkan ke dalam botol. 
  • Minuman asam jawa gula merah siap dinikmati. Kamu bisa mengonsumsinya dalam keadaan masih hangat ataupun dingin.

Baca Juga: Cara Menanam Jahe Sendiri di Rumah: Banyak Manfaatnya!

Bagaimana, Toppers? Banyak banget kan manfaat dan khasiat asam jawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Pastikan juga asam jawa kamu sudah tercuci bersih sebelum dikonsumsi ya!


Jamu turun kolesterol
Turunkan kolesterol secara tepat dengan jamu terbaik di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono