11 Manfaat Buah Gandaria: Ketika Mangga dan Jeruk Jadi Satu

0
242
buah gandaria
Sumber Gambar: Freepik

Daftar manfaat buah gandaria, kandungan, dan cara konsumsi. Buah asli Indonesia seperti perpaduan mangga dan jeruk, kaya antioksidan!


Buah gandaria merupakan jenis buah-buahan yang hanya bisa tumbuh di wilayah tropis, seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Laos. Buah ini memiliki bentuk mirip mangga dan rasa yang asam sekaligus manis layaknya jeruk.

Bentuk buah ini bulat kecil dan berwarna kuning, dan memiliki biji berwarna ungu. Ia biasa dikonsumsi sebagai rujak. Tak banyak orang tahu bahwa buah mungil satu ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk ibu hamil.

Pada buah gandaria terdapat air, protein, lemak, karbohidrat, serta, hingga vitamin C yang sangat baik bila dikonsumsi secara rutin.

Bagi kamu yang baru pertama kali mendengar buah gandaria, sebenarnya apa aja sih khasiat buah gandaria, dan ada kandungan apa saja di dalamnya? Yuk, kita simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk?

Kandungan Buah Gandaria

kandungan buah gandaria
Sumber Gambar: Freepik

Buah yang memiliki nama latin Bouea macrophylla ini masih satu ‘keluarga’ dengan buah mangga. Tak heran jika bentuknya sedikit menyerupai bentuk buah mangga. Buah ini banyak tumbuh di Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Gandari akan berubah menjadi kekuningan saat sudah matang. Gandaria ini juga kaya akan nutrisi bergizi yang baik jika dikonsumsi untuk tubuh. Berikut kandungan gizi buah gandaria dalam setiap 100 gram (g):

  • Kalori: 53 kalori
  • Air: 86,6 g
  • Karbohidrat total: 11,3 g
  • Serat: 1,5 g
  • Protein: 0,4 g
  • Kalsium: 9 miligram (mg)
  • Fosfor: 4 mg 
  • Zat besi: 0,9 mg
  • Vitamin A: 3 g 
  • Thiamin: 0,11 mg 
  • Niacin: 0,5 g
  • Riboflavin: 0,05 mg
  • Vitamin C: 100 mg 
  • Beta karoten: 23 mg

Baca Juga: Manfaat Duku: Obati Cacingan hingga Antimalaria

Manfaat/Khasiat Buah Gandaria

manfaat buah gandaria, khasiat buah gandaria
Sumber Gambar: Freepik

Setelah kita tahu apa saja kandungan gizi di dalam buah gandaria, mari kita simak apa saja manfaat dan khasiat buah gandaria bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa gandaria mengandung cukup banyak air, sehingga buah ini dapat membantu proses penyerapan zat besi lebih efektif di dalam tubuh.

Di mana hal ini akan meningkatkan daya tubuh kita terhadap infeksi kuman ataupun virus berbahaya yang menyerang.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah gandaria tidak hanya mampu meningkatkan ketahanan tubuh, namun buah ini juga dapat mempercepat penyembuhan terhadap luka.

Hal ini disebabkan karena buah gandaria turun membantu metabolisme protein dalam tubuh, sehingga akan membuat stimulus regenerasi sel-sel dalam tubuh.

3. Membantu Program Diet 

Siapa diantara kamu yang memiliki masalah dengan berat badan? Perlu kamu ketahui bahwa kandungan serat yang ada pada buah gandaria bisa membantu program diet kamu.

Kecukupan serat di dalam tubuh akan membantu membuat perasaan kenyang lebih lama. Jadi, jika kamu sedang menjalani program diet, bisa coba konsumsi buah gandaria ini ya!

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten yang ada pada buah gandaria berguna untuk menjaga kesehatan mata. Mengapa? Karena beta karoten merupakan nutrisi yang dapat berubah menjadi manfaat vitamin A yang bisa diserap oleh tubuh dengan cepat.

Kamu pasti sudah tahu kan kalau vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata kita?

5. Menjaga Kesehatan Kulit 

Hampir semua orang menginginkan kulit yang sehat dan berseri. Oleh karena itu, kamu perlu mengkonsumsi buah gandaria secara rutin karena buah gandaria juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan dan kelembapan pada kulit kamu.

Kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah ini akan membantu dalam pembentukan jaringan kolagen yang akan menjaga kulit kamu tetap sehat. 

Tidak hanya itu, kandungan air yang ada pada buah ini juga membantu kulit kamu tetap terasa lembap.

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Buah Matoa: Buah Lezat dan Eksostis Asal Papua

6. Menjaga Fungsi Otak

Senantiasanya 70% otak kita terdiri dari air, maka dari itu kita perlu menjaga asupan air kita agar cukup untuk menjaga fungsi otak dengan baik.

Selain itu, apabila kita kekurangan air di dalam tubuh akan menyebabkan mudah kehilangan fokus, susah berfikir, mengantuk, dan susah mengingat sesuatu.

Maka dari itu, kandungan air yang ada pada buah gandaria ini akan membantu kamu untuk menjaga fungsi otak dengan baik.

7. Mengatasi Susah BAB

Kesulitan buang air besar biasanya disebabkan karena kurangnya asupan serat di dalam tubuh. Nah, jika kamu susah buang air besar ada baiknya untuk mengonsumsi buah gandaria. 

Kandungan air dan serat yang tinggi pada buah ini akan membantu proses penyerapan menjadi lebih lancar dan cepat.

8. Mengurangi Risiko Stroke

Ternyata serat tidak hanya membantu mengatasi kesulitan saat buang air besar, namun juga berfungsi untuk mengikat kolesterol dan membuangnya bersama feses. 

Oleh karena itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada buah gandaria akan membantu mengikat kolesterol lebih aktif, sehingga baik bagi kesehatan dan dapat mengurangi risiko stroke.

9. Memperlancar Peredaran Darah 

Tidak hanya baik bagi fungsi kerja otak, kandungan air yang tinggi pada buah gandaria dapat memberi khasiat yakni membantu aliran darah lebih lancar.

Tentu hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, dimana dapat mengurangi resiko terjadinya masalah pada tubuh seperti tekanan darah tinggi.

10. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah gandaria untuk ibu hamil adalah adanya zat besi di dalamnya yang dapat membantu memproduksi sel darah merah. 

Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi pada ibu hamil, diharapkan produksi darah dapat berjalan secara optimal dan bisa suplai nutrisi pada janin dengan lancar.

Apabila ibu hamil kekurangan zat besi akan lebih rentang terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah. Tidak hanya itu, bisa juga meningkatkan resiko bayi terlahir secara prematur. 

11. Mencegah Kanker

Kandungan beta karoten yang ada di buah gandaria ini dapat menurunkan resiko kanker seperti kanker kelenjar getah bening, kanker paru-paru, kanker serviks, dan kanker kandung kemih.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah gandaria juga membantu melakukan proses penyerapan makanan lebih cepat.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek: Si ‘Genit’ yang Kaya Gizi

Cara Konsumsi Buah Gandaria

buah gandaria
Sumber Gambar: Cookpad/Indah Novita

Selain rasanya yang asam dan segar, dan juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, gandaria juga bisa kamu konsumsi secara langsung ataupun kamu olah menjadi sebuah masakan, jus, ataupun rujak.

Untuk menikmati kesegaran dari buah gandaria, kamu bisa coba membuat rujak buah gandaria yang bisa kamu padukan dengan buah-buahan ataupun lauk seperti ayam. Berikut cara membuat rujak buah gandaria:

  • Rebus 10 cabai hingga matang, jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan selera. Jika kamu sangat suka pedas bisa kamu tambahkan lebih banyak.
  • Uleg kasar cabai dengan terasi, jangan lupa beri garam dan gula secukupnya.
  • Masukkan gandaria yang sudah kamu cuci bersih, lalu geprek dan campur hingga rata.
  • Rujak buah gandaria sudah siap kamu nikmati dengan lauk pendamping lainnya seperti tahu ataupun ayam.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji: Vitaminnya Lebih Banyak dari Jeruk?

Itu dia Toppers kandungan, manfaat, dan cara konsumsi buah gandaria, menarik bukan? Kamu bisa konsumsi buah ini secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Pastikan kamu sudah makan sebelum mengonsumsi buah gandaria mengingat buah ini memiliki rasa yang agak asam, terutama bagi kamu yang memiliki riwayat sakit maag.

Sekarang kamu bisa beli buah gandaria segar dan olahan gandaria lainnya dengan mudah dan hemat hanya di Tokopedia!


buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono