11 Manfaat Rosella: Teh Bunga Nikmat, Kaya Khasiat

0
163
rosella, bunga rosella
Sumber Gambar: Steemit

Manfaat rosella, bunga yang kerap dijadikan teh herbal. Mengandung antioksidan tinggi untuk cegah kanker, lindungi hati hingga tingatkan imun.


Rosella merupakan bunga berwarna merah menyerupai kembang sepatu yang tidak hanya cantik untuk menghias kebun, tetapi juga memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kelopak bunga dan daun rosella biasa diolah menjadi teh yang kerap diminum sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti batuk, pilek, masalah pencernaan, sampai tekanan darah tinggi.

Selain dapat menyembuhkan penyakit di atas, masih banyak lagi khasiat dari mengonsumsi rosella. Yuk, pelajari lebih lengkap tentang kandungan, manfaat, dan cara mengolah bunga rosella untuk dapatkan nutrisi yang maksimal!

Baca Juga: Manfaat Daun Salam, Rebusannya Manjur untuk Kesehatan?

Kandungan Rosella

kandungan rosella, kegunaan bunga rosella
Sumber Gambar: Delishably

Rosella dibudidayakan terutama untuk kelopaknya, rosella kaya akan kandungan asam organik, mineral, asam amino, karoten, dan vitamin C.

Kandungan vitamin C dalam rosella tiga kali lebih tinggi dari anggur hitam, sembilan kali lebih tinggi dari jeruk, 10 kali lebih banyak dari pada buah belimbing, dan 2,5 kali lipat dibandingkan vitamin C pada buah jambu biji.

Selain kandungan vitamin C nya yang tinggi, berikut ini kandungan nutrisi lainnya dalam 100 gram (g) kelopak bunga rosella:

  • Protein: 2 g
  • Karbohidrat: 10,2 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Tiamin: 0,05 miligram (mg)
  • Riboflavin: 0,07 mg
  • Niacin: 0,06 mg
  • Vitamin C: 17 mg
  • Kalsium: 150 mg
  • Zat besi: 3 mg

Baca Juga: Manfaat Teh Putih yang Luar Biasa untuk Kesehatan, Jarang Diketahui!

Manfaat/Khasiat Bunga Rosella

manfaat rosella, khasiat bunga rosella
Sumber Gambar: Cronigs Market

Rosella telah digunakan sebagai tanaman terapi selama berabad-abad. Jika diolah menjadi teh, maka rosella memiliki kemampuan empat kali lebih besar dalam menyembuhkan penyakit. Ini dia daftar khasiat rosella bagi kesehatan kamu:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat yang mengandung gula dan pati, kamu cenderung akan mengalami kenaikan berat badan.

Namun, studi penelitian menunjukkan bahwa ekstrak rosella membantu  menurunkan penyerapan pati dan glukosa dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Karena itu, teh rosella ditemukan di banyak produk penurun berat badan.

2. Memiliki Sifat Antiinflamasi dan Antibakteri

Teh rosella kaya akan asam askorbat, yang  juga dikenal sebagai vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan. 

Bunga rosella segar atau kering mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk mencegah flu, mengobati ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam, dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Kapsul biji dalam buah rosela dikenal karena sifat diuretik dan toniknya. Rosella dapat membantu untuk meningkatkan buang air kecil dan buang air besar (karena sifat diuretiknya), mengobati sembelit, dan mencegah kanker kolorektal.

4. Memiliki Sifat Antikanker

Teh herbal rosella mengandung asam protocatechuic yang memiliki sifat antitumor dan antioksidan. Ini terbukti lewat sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taichung, Taiwan.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bunga rosella dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, umumnya dikenal sebagai kematian sel terprogram.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah laporan dari American Heart Association yang diterbitkan pada November 2008 menyatakan bahwa mengonsumsi teh rosella dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa pra-hipertensi dan hipertensi ringan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Odigie IP menunjukkan bahwa rosella memiliki sifat anti-hipertensi dan pelindung jantung yang dapat bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi dan mereka yang berisiko tinggi terkena berbagai penyakit kardiovaskular.

Karena sifat anti-peradangannya, teh rosella dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 poin, menurut penelitian yang dilakukan di Tufts University di Boston. Kamu perlu mengonsumsi tiga cangkir teh rosella setiap hari selama beberapa minggu agar penurunan tekanan darah lebih maksimal.

teh oolong
Temani pagi dan antap camilan sore secara lebih nikmat dengan teh oolong berkualitas di sini!

Baca Juga: Manfaat Daun Pandan: Khasiat Seharum Aromanya

6. Melindungi Organ Hati

Sifat antioksidan dalam rosella  membantu mengobati penyakit hati. Antioksidan membantu melindungi tubuh kamu dari penyakit karena antioksidan mampu menetralkan radikal bebas yang terdapat di jaringan dan sel tubuh.

7. Menyembuhkan Penyakit Batuk dan Pilek

Menurut buku Healing Herbal Teas, bunga rosella segar mengandung sekitar 6,7 mg asam askorbat, suatu bentuk vitamin C, yang merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bersamaan dengan zat yang sangat bermanfaat ini, rosella dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri ringan.

Maka dari itu teh kembang sepatu sering digunakan sebagai suplemen untuk membantu mengatasi batuk dan pilek.

8. Memiliki Sifat Antidepresan 

Teh rosella mengandung sifat antidepresan seperti flavonoid. Sehingga dapat membantu menenangkan sistem saraf, serta membantu mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi rileks pada tubuh dan pikiran.

9. Meredakan Nyeri Haid

Mengonsumsi teh herbal rosella dapat membantu meredakan kram dan nyeri haid dan memulihkan keseimbangan hormonal (yang juga dapat mengurangi gejala menstruasi lainnya seperti perubahan suasana hati, depresi, dan makan berlebihan).

10. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Bunga rosella merah mengandung tinggi kalsium yang dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan gigi dan gusi.

11. Membantu Kehamilan yang Sehat

Wanita hamil harus mengonsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi daripada orang lain.

Mengonsumsi teh rosella selama periode kehamilan baik untuk wanita hamil karena rosella merah kaya akan zat besi.

Baca Juga: Ragam Manfaat Teh Hijau, Minuman Sejuta Khasiat

Cara Mengolah Bunga Rosella

cara mengolah bunga rosella
Sumber Gambar: Kimovie

Selain banyak manfaat kesehatannya, teh rosella lezat dan mudah disiapkan di rumah.

Teh rosella adalah teh herbal bebas kafein. Teh ini terbuat dari bagian buah kering rosella yang disebut kelopak bunga. Berikut ini langkah-langkah mengolah teh rosella:

  • Pertama, kumpulkan buah kembang rosella dan cuci bersih, keringkan dengan sendirinya atau keringkan dalam oven pada suhu 70 derajat C selama 3 hari.
  • Kupas kelopaknya dan simpan dalam wadah kedap udara.
  • Untuk membuat teh, cukup ambil 2 gram kelopak kering, dan hancurkan menjadi potongan-potongan kecil menggunakan roller kayu.
  • Masukkan ke dalam kantong teh atau jaring, tambahkan 250 ml air mendidih Biarkan terendam selama lima menit, lalu saring, tambahkan pemanis  jika diinginkan dan nikmatilah.

Teh rosella dapat dikonsumsi panas atau dingin dan memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry.

Untuk alasan ini, banyak orang sering menambahkan pemanis dengan madu atau ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis untuk menyeimbangkan rasa getirnya.

Untuk mendapatkan manfaat teh rosella, kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak 1,5-3 gram per hari dalam 1-2 cangkir teh.

Baca Juga: Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan, ‘Si Cantik’ Penuh Maslahat

Manfaat teh rosella bagi kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun, sampai saat ini efek samping dan jumlah takaran aman konsumsi teh rosella masih perlu diteliti lebih lanjut. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan pada dokter jika ingin mengonsumsi teh rosella sebagai pengobatan herbal.

Beli produk berbahan dasar rosella seperti teh rosella atau bunga rosella kering berkualitas dengan penawaran terbaik hanya di Tokopedia!


jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra