• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Obat Flu Alami: Ramuan Mujarab tanpa Efek Samping

24 November 2022

Share

11 Obat Flu Alami: Ramuan Mujarab tanpa Efek Samping

Jangan langsung minum obat, berikut obat flu alami yang bisa diandalkan di rumah. Ramuan praktis namun mujarab mengobati flu.


Flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.

Masalah kesehatan yang umum ini mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Saat terserang penyakit flu sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain periksa ke dokter, kamu bisa mengobati flu secara alami apabila gejala yang dirasakan masih tergolong ringan. Nah, Toppers juga bisa melakukan pertolongan pertama saat timbul gejala flu dengan bahan-bahan alami di rumah.

Baca Juga: Obat Flu Terbaik: Paling Ampuh dan Mudah Didapat di Apotik

Cara Mengobati Flu secara Alami dan Mujarab

Selain mudah dilakukan di rumah, penggunaan obat flu alami tidak menimbulkan efek samping berbahaya karena menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah ditemukan. Berikut daftar obat flu alami mujarab yang bisa Toppers andalkan:

1. Air Putih

Air putih

Sumber Gambar: Freepik

Obat flu alami yang pertama adalah air mineral yang berguna untuk menjaga hidrasi tubuh. Mengonsumsi air putih yang cukup dianggap bisa menjadi obat alami flu karena mampu menjaga kelembaban pada hidung, tenggorokan, dan mulut.

Tak bisa dipungkiri bahwa saat terserang flu, tubuh akan mudah kekurangan cairan karena gejala-gejalanya seperti demam hingga diare. Maka, itu sebabnya air putih dipercaya sebagai obat flu mujarab dan paling ampuh.

2. Jahe

Potongan jahe

Sumber Gambar: Freepik

Jahe memiliki manfaat kesehatan yang telah banyak digunakan selama berabad-abad. Bahkan jahe sudah terbukti secara alami tentang khasiatnya untuk penyembuhan beberapa penyakit, salah satunya adalah flu.

Cara membuat obat alami flu dari jahe juga sangat mudah:

  • Iris jahe menjadi beberapa bagian.
  • Masukkan irisan jahe tersebut ke dalam air mendidih.
  • Tunggu hingga hangat, lalu minum air campuran tersebut sampai flu sembuh.

3. Madu

Madu

Sumber Gambar: Freepik

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang mampu untuk melawan virus penyebab flu. Menurut penelitian madu juga merupakan obat alami batuk yang efektif yang biasanya muncul saat flu.

Cara mengobati flu secara alami dengan menggunakan madu adalah:

  • Siapkan air panas dan teh, tuangkan ke cangkir.
  • Tambah perasan lemon dan madu, aduk hingga rata.
  • Minum selagi hangat.

Selain untuk flu, ramuan alami ini juga dapat meredakan sakit tenggorokan.

4. Bawang Putih

Bawang putih yang sudah dikupas

Sumber Gambar: Freepik

Bawang putih juga dipercaya dapat mengobati flu secara alami karena kandungan senyawa allicin, yang memiliki sifat antimikroba. Menurut beberapa penelitian, bawang putih bahkan dapat membantu mencegah sakit sejak awal.

Cara paling efektif sebagai obat alami flu adalah dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Tetapi, jika kamu tidak terlalu suka bisa menambahkannya pada makanan.

5. Bunga Echinacea

bunga echinacea

Sumber Gambar: Freepik

Echinacea merupakan bunga yang terkenal dengan sebutan coneflower di Amerika. Penduduk asli di sana telah menggunakan ramuan dari akar bunga ini untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi selama lebih dari 400 tahun.

Bunga echinacea mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Menurut penelitian, mengonsumsi echinacea dapat menurunkan risiko terkena flu hingga lebih dari 50%.

Bagi orang dewasa, konsumsi 1 hingga 2 gram ramuan echinacea dalam bentuk teh hingga tiga kali sehari. Bunga ini juga dapat mengatasi penyakit pilek.

Baca Juga: Obat Pilek Anak Terbaik: Flu Hilang Bunda pun Tenang

6. Lemon

Lemon

Sumber Gambar: Pexels

Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Sumber ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan seperti lemon. Mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dapat menjadi penolongan pertama untuk mengobati flu secara alami.

Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan peras lemon segar ke dalam teh hangat yang telah diberi madu. Ramuan alami ini juga dapat mengurangi dahak.

7. Sup Ayam

Sup ayam cincang

Sumber Gambar: Pexels

Meskipun terdengar remeh, ternyata sup ayam juga bisa kamu jadikan obat flu alami yang bisa kamu buat dengan mudah di rumah. Sebuah studi menyebutkan bahwa sup ayam mampu meredakan peradangan yang menyebabkan pilek dan flu.

Mengonsumsi sup ayam saat sakit flu juga bisa mengencerkan lendir di hidung, tenggorokan, dan paru-paru agar kamu bisa bernapas lebih lega.

8. Air Garam

Garam utuh

Sumber Gambar: Pexels

Cara lain mengobati flu secara alami adalah dengan berkumur dengan air garam yang dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan.

Menggunakan air garam juga dapat mengurangi gejala flu dan pilek, seperti meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Air garam juga bermanfaat untuk mengurangi dan mengencerkan lendir yang mengandung bakteri dan alergen. Kamu bisa coba obat flu alami ini di rumah dengan cara:

  • Siapkan satu gelas air penuh.
  • Larutkan satu sendok teh garam ke dalam gelas yang berisi air.
  • Berkumur menggunakan air garam tersebut di sekitar mulut dan tenggorokan, lalu keluarkan.

9. Teh Hijau

Green tea

Sumber Gambar: Pexels

Teh hijau memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami yang dapat mengobati flu secara alami. Selain itu, ia juga memiliki manfaat melawan kuman dan antioksidan. Mengonsumsi teh hijau juga dapat menenangkan tenggorokan dan sinus.

Cara mengonsumsinya pun mudah, yakni dengan menyeduh teh hijau hangat yang telah dicampur dengan madu murni atau royal jelly. Produk lebah ini juga diketahui memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami.

10. Propolis

Propolis

Sumber Gambar: Freepik

Tak hanya madu saja yang bermanfaat sebagai obat alami flu. Propolis juga memiliki manfaat baik yang berguna untuk mengobati flu secara alami. Propolis sendiri merupakan zat yang digunakan lebah untuk menutup sarangnya.

Propolis memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang baik untuk tubuh. Kamu bisa campurkan propolis murni dengan air hangat dan konsumsi secara rutin sampai 4 kali sehari sampai flu benar-benar sembuh.

11. Daun Mint

Teh daun mint

Sumber Gambar: Pexels

Daun mint merupakan obat flu tradisional dan alami yang bisa kamu gunakan di rumah. Ekstrak daun mint digunakan sebagai obat alami flu karena dipercaya memiliki efek dekongestan.

Efek dekongestan ini berkhasiat untuk mengencerkan lendir pada hidung yang menyebabkan hidung tersumbat akibat flu. Rasa hangat yang diberikan juga dapat membuat saluran pernapasan menjadi lebih lega.

Ada berbagai cara mengonsumsi daun mint sebagai obat alami flu, salah satunya dengan mengonsumsinya sebagai teh dengan cara berikut ini:

  • Masukkan 3-5 batang daun mint ke dalam air panas.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Tambahkan madu atau gula untuk menambah rasa manis. 
  • Minum rutin sehari 3 kali sampai flu mereda. Pastikan kamu menghindari penyimpanan teh daun mint selama lebih dari 24 jam.
Baca Juga: Manfaat Asam Jawa: Obati Flu hingga Sembuhkan Luka

Nah, itu dia beberapa obat flu alami mujarab dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar rumah.

Ingat, obat alami ini hanya bisa bekerja secara ampuh pada gejala flu ringan. Segera kunjungi dokter apabila gejala yang ditimbulkan semakin parah atau tidak kunjung membaik. Kunjungi dan cari produknya di Tokopedia dan manfaatkan juga kesempatan belanja lebih hemat lewat promo 12.12 dan promo akhir tahun Tokopedia!

campaign vitamin daya tahan tubuh

Perkuat imunitas dengan vitamin daya tahan tubuh pilihan, nikmati diskonnya!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia