• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Obat Kutil Alami: Cara Mudah yang Ternyata Ampuh

22 April 2021
Share
10 Obat Kutil Alami: Cara Mudah yang Ternyata Ampuh

Obat kutil alami dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Ramuan tradisional hingga cara praktis.


Kutil adalah pertumbuhan kulit berupa benjolan pada jaringan kulit yang kasar saat disentuh. Kondisi ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV) yang bisa menular lewat kontak kulit dengan penderita yang terinfeksi virus.

Meski tidak berbahaya, kutil harus tetap diwaspadai karena tidak memandang bulu dan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kutil yang disebabkan virus dan ditularkan lewat sentuhan dapat berkembang selang dua sampai enam bulan sejak terpapar. Lamanya waktu untuk sembuh bisa dalam hitungan minggu sampai tahun.

Baca Juga: Obat Biduran Alami: Mudah dan Ampuh Usir Gatal

Obat/Cara Menghilangkan Kutil Alami dan Ampuh

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, tetap perlu penanganan untuk mencegah pertumbuhan sel ekstra akan terjadi yang akan membuat lapisan luar kulit menjadi tebal dan keras. Berikut beberapa obat alami untuk kutil, di antaranya:

1. Lidah Buaya

obat kutil alami
Sumber Gambar: Freepik

Orang-orang biasa memanfaatkan gel lidah buaya untuk kondisi kulit seperti luka bakar dan psoriasis. Jika kondisi kutil pada kulit kamu terasa gatal atau nyeri, lidah buaya bisa membantu meredakannya.

Lidah buaya dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan penyakit patogen. Meski ada sebuah studi yang menjelaskan bahwa lidah buaya dapat bekerja melawan virus herpes simpleks tipe 1, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang spesifik untuk HPV.

Untuk menggunakan obat alami kutil dari lidah buaya ini, yakni:

  • Pisahkan kulit dan gel lidah buaya.
  • Cuci bersih dan oleskan gel lidah buaya pada kutil.
  • Ulangi pemberian setiap hari hingga sembuh.

2. Propolis

obat kutil alami
Sumber Gambar: iStock

Lebah madu menghasilkan sebuah zat mirip resin yang disebut propolis, terbuat dari zat tumbuhan, lilin lebah, serbuk sari, dan enzim lebah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa propolis memiliki sifat antimikroba dan meningkatkan sel kulit. Propolis juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat, luka, dan virus herpes simpleks.

Serta bermanfaat juga membantu menyembuhkan kulit yang terinfeksi dan melawan HPV. kamu juga bisa mengonsumsi propolis untuk meningkatkan kekebalan agar tercegah dari kutil.

Penggunaan propolis sebagai obat alami untuk kutil dengan mengaplikasikan propolis pada kulit, letakkan perban di atasnya dan biarkan semalaman. Ulangi setiap hari hingga kutil sembuh.

3. Minyak Jarak

cara menghilangkan kutil secara alami
Sumber Gambar: Freepik

Cara menghilangkan minyak jarak selanjutnya adalah menggunakan minyak jarak. Minyak ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya.

Minyak jarak biasa digunakan sebagai obat alami untuk kutil, kurap, ketombe, dan kondisi kulit lainnya.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu:

  • Oleskan minyak jarak pada area kulit yang terkena kutil setiap hari.
  • Diperlukan waktu dua minggu atau lebih untuk menghilangkan kutil dengan metode ini.

4. Lakban 

cara menghilangkan kutil secara alami
Sumber Gambar: Freepik

Umumnya, lakban digunakan sebagai bahan perekat barang di kehidupan sehari-hari. Namun, siapa sangka bahwa lakban bisa menjadi salah satu obat alami untuk kutil.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dean R. Focht III dan rekan dari Madigan Army Medical Center di Tacoma, Washington. Studi ini dipublikasikan dalam The Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine.

Dalam penelitiannya, 85% penderita kutil yang menggunakan lakban sembuh. Dan, sebagian besar dari kutil yang ditutup dengan lakban hilang dalam waktu 28 hari.

Untuk menggunakan lakban dalam mengatasi kutil, berikut langkah yang disarankan:

  • Tempelkan potongan kecil lakban pada kulit.
  • Hapus setiap tiga hingga enam hari.
  • Saat melepasnya, rendam kulit dalam air dan gosok perlahan dengan batu apung.
  • Biarkan tidak tertutup selama 10 hingga 12 jam.
  • Lakukan metode ini sampai kutil sembuh.

Bagi pemilik kulit sensitif, gunakan lakban dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kemerahan, iritasi, dan pendarahan. Selain itu, jangan gunakan metode ini untuk kutil di area genital.

5. Tea Tree Oil

obat alami kutil
Sumber Gambar: Freepik

Tea tree adalah obat antimikroba yang ampuh dan sering digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, kutu air, dan infeksi kulit lainnya. Adanya sifat antivirus di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan kutil.

Caranya menggunakan tea tree oil untuke mengobati kutil sebagai berikut:

  • Campurkan 1 hingga 2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak pembawa, seperti minyak almond atau minyak jarak.
  • Tambahkan 3 hingga 4 tetes campuran tersebut pada kapas dan letakkan di atas kutil selama 5 hingga 10 menit.
  • Lakukan dalam dua atau tiga kali sehari.

Minyak pohon teh juga bisa kamu oleskan secara langsung pada kulit apabila tidak menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.

Baca Juga: Obat Bisul Alami: Cepat Sembuh dengan Bahan Herbal

aloe vera
Perbaiki dan pertahankan kesehatan kulit dengan rangkaian produk aloe vera pilihan di sini!

6. Bawang Putih

obat alami kutil
Sumber Gambar: Freepik

Kandungan utama allicin pada bawang putih memiliki sifat antimikroba yang bekerja dengan menghancurkan enzim dalam patogen berbahaya.

Gunakan bawang putih sebagai obat kutil tradisional yang ampuh dengan cara berikut:

  • Haluskan 1 siung bawang putih dan campur dengan air.
  • Oleskan pada kutil dan tutup dengan perban.
  • Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu sampai kutil hilang dari permukaan kulit.

Kamu juga bisa mengoleskan jus bawang putih atau menggosokkan satu siung bawang putih langsung pada kutil.

7. Kulit Jeruk

obat kutil tradisional yang ampuh
Sumber Gambar: Freepik

Kulit jeruk termasuk salah satu obat alami kutil yang populer dan murah. Meskipun belum ada data ilmiah yang mendukung keefektifannya, namun kulit jeruk dipercaya dapat mengobati kutil secara alami.

Cukup dengan menggosokkan kulit jeruk pada kutil setiap hari, maka kutil akan berubah warna, menggelap, lalu ‘rontok.’

Metode ini membutuhkan waktu sekitar dua minggu atau lebih sampai benar-benar sembuh.

8. Nanas

obat kutil tradisional yang ampuh
Sumber Gambar: Freepik

Nanas mengandung bromelain yang merupakan campuran enzim yang mencerna protein. Kandungan ini dipercaya dapat menghilangkan kutil dengan melarutkan protein dalam HPS.

Meski ada beberapa data yang mendukung keefektifan potensial bromelain dalam mengobati beberapa kondisi medis, namun belum ada penelitian ilmiah yang mendukung penggunaannya untuk mengobati kutil.

Jika kamu tertarik mencobanya dirumah, rendam kutil ke dengan jus nanas setiap hari atau mengaplikasikan nanas segar secara langsung pada kutil setiap hari.

9. Kentang 

obat alami untuk kutil
Sumber Gambar: Freepik

Banyak orang yang beranggapan bahwa jus kentang dapat mengeringkan kutil, tetapi sampai saat ini belum ada penelitian pendukung mengenai keefektifannya.

Untuk mencoba metode ini, potong kentang berukuran kecil menjadi dua bagian. Gosok sisi yang dipotong pada kutil dan lakukan dalam dua kali sehari.

10. Dandelion

obat alami untuk kutil
Sumber Gambar: Freepik

Dandelion banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Tiongkong kuno dan Timur Tengah. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah getahnya untuk mengatasi penyakit kulit seperti kutil.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dandelion dapat mendukung produksi kolagen, mengurangi peradangan kulit dan menenangkan iritasi. Selain itu, dandelion juga berguna memiliki komponen antimikroba.

Pisahkan dandelion dan peras getah putih yang lengket. Kemudian oleskan ke kutil dalam sekali atau dua kali sehari. Ulangi selama dua minggu.

Baca Juga: Jenis Penyakit Kulit yang Ganggu Kenyamanan Hidup

Nah, itu dia Toppers obat alami kutil yang bisa kamu gunakan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Jangan menunggu sampai kutil sembuh dengan sendirinya.

Perlu diingat sebelum menggunakan obat kutil alami adalah dengan memastikan terlebih dahulu kulit kamu tidak memiliki reaksi alergi pada bahan tertentu agar tidak menimbulkan efek iritasi yang membahayakan.

jual aromaterapi
Temukan produk-produk aromatherapy pilihan dan rasakan manfaatnya bagi tubuh!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2023, PT Tokopedia