Awas, 7 Makanan Ini Pantang Dikonsumsi Ibu Menyusui!

0
422
Pantangan Makanan untuk Ibu Hamil
Sumber gambar: Pixabay

Pantangan Makan Ibu Menyusui – Saat menyusui si kecil, asupan gizi dan nutrisi Bunda sangatlah penting. Selain harus memilih makanan-makanan bergizi yang bisa bantu melancarkan serta meningkatkan kualitas ASI, Bunda juga harus menghindari makanan-makanan tertentu agar kualitas ASI untuk si kecil tetap terjaga.

Meski ada banyak sekali mitos seputar pantangan makan ibu menyusui, faktanya memang ada beberapa zat yang ditemui di beberapa jenis bahan makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh Bunda yang tengah berada di masa menyusui.

Berikut beberapa makanan yang tak boleh dikonsumsi ibu menyusui untuk jaga kualitas ASI pada saat memberikan ASI pada si kecil:

Baca juga: 11 Makanan untuk Ibu Menyusui agar ASI Berkualitas & Lebih Bernutrisi!

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

1. Minuman yang mengandung Kafein

kursus barista terbaik

Konsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman soda pada ibu menyusui bisa menyebabkan rasa cemas berlebihan pada Bunda. Tak hanya itu, kandungan kafein ini juga dapat menyebabkan si kecil memiliki gangguan tidur serta mood swing.

Pada tingkat yang ekstrem, konsumsi kafein berlebihan pada ibu menyusi bisa membuat kandungan zat besi dalam ASI berkurang yang berkibat berkurangnya kadar hemoglobin yang dimiliki bayi.

Meskipun begitu, pantangan minum kopi atau pada ibu menyusui tidaklah terlalu ketat. Bunda bisa tetap mengonsumsi minuman berkafein asalkan dalam batas yang wajar dan tidak terlalu sering.

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

2. Minuman Beralkohol

Sudah bukan rahasia umum jika ibu menyusui pantang mengonsumsi minuman-minuman yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol yang berlebih pada ASI yang diakibatkan Bunda mengonsumsi minuman beralkohol dapat menggangu perkembangan pada saraf bayi. Tak hanya itu, produksi ASI Bunda juga bisa terganggu dan terhambat.

3. Hidangan Laut

makanan yang bisa meningkatkan mood - salmon
Sumber: aquabestnyc.com

Konsumsi ikan memang mampu menunjang nutrisi seperti Omega 3 yang sangat baik meningkatkan kualitas ASI. Namun, di sisi lain, ikan-ikan laut juga mengandung zat merkuri yang berbahaya untuk perkembangan saraf bayi.

Jadi, Bunda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi ikan laut. Jika Bunda masih ingin mengonsumsi ikan laut, pastikan ikan laut tersebut memiliki kualitas terbaik dan terbebas dari merkuri serta hindari mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

4. Peppermint

cara mengusir tikus dari rumah
Sumber Gambar: Natural Food Series

Pantangan makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah makanan atau minuman yang mengandung peppermint. Konsumsi peppermint berlebihan pada masa menyusui dapat membuat produksi ASI Bunda menjadi terhambat dan berkurang.

5. Kol & Kubis

Makanan untuk Kelinci Kubis
Sumber gambar: Pixabay

Kol dan Kubis adalah beberapa contoh sayuran yang memiliki kandungan gas yang tinggi. Kandungan gas ini bisa memungkinkan Bunda mengalami perut kembung. Tak hanya menganggu pencernaan pada Bunda, konsumsi sayur yang mengandung gas berlebih bisa memungkinkan si kecil juga terkena gangguan pencernaan.

Meskipun terkadang gangguan ini tak dialami si kecil, kondisi Bunda yang kembung dan tak fit akibat kandungan gas berlebih di dalam saluran pencernaan bisa membuat bayi tidak nyaman dan gelisah selama proses menyusui.

6. Makanan Cepat Saji alias Junk Food

gejala diabetes melitus
Sumber Gambar: Daily Mail

Jika Bunda sangat menggemari makanan-makanan cepat saji alias junk food, maka selama masa menyusui Bunda harus diet makanan-makanan seperti ini karena makanan cepat saji yang memang minim nutrisi ini juga banyak mengandung zat berbahaya yang bisa tersalurkan kepada si kecil melalui ASI.

Dampak dari konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan pada saat menyusui bisa menganggu perkembangan kognitif anak pada masa pertumbuhan yang berakibat pada tidak maksimalnya fungsi otak.

7. Makanan Pedas

cara agar bab lancar saat puasa, melancarkan pencernaan saat puasa, cara mengatasi gangguan pencernaan saat puasa
Sumber Gambar: Lab Manager

Pantangan makan ibu menyusui selanjutnya adalah makanan-makanan pedas. Konsumsi makanan pedas bisa menyebabkan Bunda dan bayi mengalami gangguan pencernaan.

Tak bisa makan tanpa sambal atau cita rasa pedas? Bunda tak perlu benar-benar meninggalkan sambal, namun cobalah kurangi tingkat kepedasannya serta jangan terlalu sering mengonsumsinya pada masa menyusuinya.

Baca juga: Langkah Tepat Atasi Luka Akibat Menyusui

Meskipun tak banyak, bukan berarti berbagai makanan yang pantang dimakan ibu menyusui di atas boleh Bunda sepelekan. Selain menghindari konsumsi pantangan makanan saat menyusui di atas, jangan lupa untuk bantu meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dan bernutrisi serta suplemen untuk ibu menyusui.

Tak perlu repot karena berbagai keperluan ibu menyusui terbaik dan lengkap bisa Toppers beli dengan mudah di aplikasi Tokopedia. Mulai dari pompa ASI, botol susu bayi, baju menyusui, hingga ASI Booster dan bantal menyusui semua tersedia di Tokopedia. Ditambah dengan fitur belanja bebas ongkir, penuhi kebutuhan ibu dan anak di Tokopedia jadi jauh lebih hemat!

ASI Berkualitas? Ini Dia 7 Makanan Sehat yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Bagikan Artikel