Pantangan Saat Hamil

Ragam Pantangan Saat Hamil yang Harus Bunda Hindari

/   Informasi, Kesehatan, Kids and Parenting

Ragam Pantangan Saat Hamil yang Harus Bunda Hindari – Masa kehamilan bukanlah waktu yang sebentar. Pada periode ini, calon ibu harus dapat menjaga agar janinnya senantiasa berada dalam kondisi sehat dan nyaman. Untuk menjamin hal ini, ada beberapa pantangan saat hamil yang harus diikuti, baik dari segi makanan-minuman yang dikonsumsi maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Yuk cari tahu beragam pantangan bagi ibu hamil ini!

Pantangan Saat HamilSumber: Mother & Baby

Makanan dan Minuman

  • Alkohol
    Tak hanya di masa awal kehamilan, alkohol sebenarnya haram dikonsumsi sepanjang 9 bulan Bunda mengandung. Hal ini karena alkohol dapat memberi efek negatif bagi pertumbuhan janin, seperti resiko kelahiran prematur, cacat otak, penyakit jantung bawaan, hinga gangguan pada fungsi motorik dan sensoriknya. Meski dalam porsi amat sedikit, alkohol tetap tidak boleh dikonsumsi karena akan masuk melalui saluran plasenta ibu dan bayi.
  • Tape
    Tape dan segala makanan yang difermentasi juga merupakan pantangan saat hamil bagi calon ibu. Proses fermentasi tape menggunakan ragi dan mengandung alkohol. Beberapa resiko negatif alkohol bagi calon ibu dan bayi telah disebutkan pada poin sebelumnya.
  • Minuman Bersoda
    Minuman bersoda dilarang bagi ibu hamil karena kandungan kafeinnya. Kandungan kafein berlebihan dapat membuat ibu keguguran, kekurangan kalsium, atau bayi lahir dengan berat badan tak cukup. Selain itu, minuman bersoda juga berbahaya karena banyak mengandung kalori, zat pewarna, serta zat pemanis buatan.
  • Seafood
    Segala jenis seafood adalah pantangan bagi ibu hamil, baik seafood mentah maupun seafood matang. Terutama untuk yang mentah, karena masih mengandung banyak bakteri. Sushi juga termasuk dalam kategori ini, oleh karena itu, sushi pun pantang dimakan para calon ibu.
  • Makanan Setengah Matang
    Selama masa kehamilan, Bunda harus selalu mengonsumsi makanan yang telah dimasak hingga matang. Hal ini untuk memastikan segala bakteri, kuman, dan kotoran telah mati saat bahan makanan tersebut dimasak. Oleh karena itu, hindari konsumsi telur setengah matang, daging setengah matang, maupun makanan-makanan lain yang tidak dimasak dengan sempurna.
  • Teh Hijau
    Teh hijau, minuman dengan sejuta khasiat bagi kesehatan dan kecantikan, ternyata tak boleh diminum oleh ibu hamil! Teh hijau pantang dikonsumsi karena dapat membuat ibu kekurangan folat. Hal ini berpengaruh pada kemungkinan cacat tabung syaraf. Keguguran atau kematian janin di dalam rahim pun merupakan bahaya yang mungkin dihadapi bila ibu meminum terlalu banyak teh hijau.
  • Kopi dan Teh
    Sama seperti minuman bersoda, kopi dan teh tak boleh diminum setiap hari karena mengandung kafein tinggi. Jadi untuk para ibu hamil, hindari membeli Starbucks atau es kopi susu favorit sementara waktu demi kesehatan dan keselamatan bayi.
  • Daging Kambing
    Daging kambing cukup beresiko dikonsumsi ibu hamil karena mengandung kolesterol tinggi. Oleh karena itu, calon ibu yang memiliki tensi tinggi pantang makan daging kambing. Untuk ibu yang tensinya normal sekali pun, hindari mengonsumsi daging kambing dengan berlebihan.
  • Nanas
    Buah nanas, terutama nanas muda, tidak boleh dikonsumsi oleh ibu. Hal ini karena rasa kecut berlebihan yang diakibatkannya. Bagi banyak orang tua, nanas muda dianggap bisa menyebabkan keguguran.

Kegiatan

  • Olahraga Ekstrim
    Hindari aktivitas-aktivitas yang dapat membahayakan calon ibu selama kehamilan, contohnya naik kuda. Kegiatan satu ini adalah pantangan bagi ibu hamil karena bisa membuat ibu terjatuh, hingga beresiko cedera atau keguguran.
  • Merokok
    Wanita perokok aktif punya resiko lebih besar mengalami gangguan pada plasenta, gangguan pada pertumbuhan janin, bayi lahir prematur. Meski tak separah perokok aktif, perokok pasif pun memiliki kemungkinan melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal. Oleh karena itu, sebisa mungkin, hindari paparan asap rokok selama kehamilan.
  • Memakai Bra Biasa
    Selama 9 bulan mengandung janin, tubuh ibu akan mengalami banyak perubahan. Hal ini dipengaruhi hormon dalam tubuh. Usahakan untuk selalu mengenakan pakaian yang memang didesain khusus untuk ibu hamil, mulai dari baju, celana, hingga pakaian dalam seperti bra. Pantang mengenakan bra biasa, karena bisa menimbulkan rasa nyeri pada payudara.
  • Diet
    Saat hamil, ibu membutuhkan segala nutrisi, asupan makanan bergizi, dan multivitamin untuk menjamin kesehatan dan keselamatan bayi. Jadi, buang jauh-jauh pikiran untuk diet atau menjaga makanan agar tidak gendut! Ingat, kekurangan nutrisi justru dapat membuat janin mengalami gangguan pertumbuhan.
  • Terkena Radiasi
    Pantangan selanjutnya adalah terkena paparan radiasi. Sumber radiasi bisa dari mana saja, seperti radiasi matahari, radiasi alat-alat elektronik seperti handphone atau komputer, serta radiasi X-Ray atau rontgen. Oleh karena itu, jangan pakai hp dan komputer terlalu lama. Hindari juga berada di luar ruangan tanpa perlindungan.
  • Sauna / Berendam di Air Panas
    Menurut sebuah penelitian, sauna atau berendam di air panas pada 3 bulan pertama kehamilan beresiko meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran. Calon ibu tidak boleh terkena paparan panas dalam waktu lama. Jadi bila Bunda senang berendam atau pergi ke sauna, hentikan dulu dua kegiatan ini di awal masa kehamilan, ya.

Setelah membaca aneka pantangan saat hamil bagi calon ibu di atas, dapat disimpulkan bahwa calon ibu harus menghindari kegiatan-kegiatan maupun makanan-minuman yang bisa membahayakan janin, meskipun kemungkinan tersebut sangat kecil. Bunda harus berada dalam kondisi sehat, nyaman, dan senantiasa menjaga suasana hati agar tidak stres, karena rasa stres sesedikit apapun dapat berpengaruh negatif pada bayi.

celana ibu hamil

THEAUTHOR

Tirta Pangestu Putri

Tirta Pangestu Putri has written 60 Article, See all posts