• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Sering Dikira Komedo, Ini Lho Penyakit Milia dan Cara Atasinya!

27 August 2019
Share
Sering Dikira Komedo, Ini Lho Penyakit Milia dan Cara Atasinya!

Milia adalah bintik kecil di area wajah, biasa dikenal dengan ‘jerawat bayi’ dan sering dianggap komedo. Cari tahu penyebab dan cara ampuh menghilangkannya!


Penyakit Milia – Milia adalah sebuah penyakit atau masalah kulit yang pada umumnya dikenal sebagai ‘jerawat bayi‘. Kebanyakan milia timbul pada bayi yang baru saja lahir. Bila milia pada bayi biasanya akan hilang dalam dua hingga empat minggu usai dilahirkan.

Namun, tidak bisa dipungkiri selain bayi, orang dewasa pun juga memiliki milia di wajah. Milia pada orang dewasa terkadang disalah artikan sebagai komedo, karena bentuknya yang kecil seperti mutiara.

Keberadaan milia pada wajah orang dewasa juga kerap dianggap sebagai jerawat, karena bentuknya mirip seperti jerawat yang sudah berwarna putih.

Nah, untuk tahu lebih lengkap soal milia, yuk simak penjelasan penyakit milia, penyebab dan cara menghilangkannya dengan tepat!

Baca Juga: Penyakit Sariawan pada Bayi: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Milia di Wajah

milia, milia adalah, cara menghilangkan milia, penyebab milia
Sumber Gambar: Sri Sai Hospital

1. Adanya Endapan Protein dan Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Penyakit yang biasa dikenal dengan kista milium ini memang tidak berbahaya. Penyebab milia tumbuh di wajah karena adanya endapan protein bernama keratin yang terperangkap dalam kelenjar keringat.

Sehingga membentuk menjadi bintik-bintik putih. Penyebab lain milia tumbuh di wajah karena menumpuknya sel kulit mati yang tidak dibersihkan dan membentuk kotoran di wajah.  

2. Penggunaan Krim Steroid dan Kerusakan Kulit karena Ultraviolet

Ada beberapa penyebab lain munculnya milia, yakni karena penggunaan jangka panjang krim steroid, kerusakan kulit akibat sinar matahari dalam jangka panjang, juga dermabrasi atau perawatan pengelupasan kulit.

Tanda-tanda Penyakit Milia

milia, milia adalah, cara menghilangkan milia, penyebab milia
Sumber Gambar: Sightbox

Kehadiran milia seringkali tidak ditandai dengan tanda-tanda atau gejala tertentu. Milia akan muncul dari bintik-bintik kecil yang lama kelamaan akan cepat membesar.

Umumnya, milia di wajah pun akan muncul dalam jumlah banyak. Jumlah ini tidak menentu, ada yang hanya 1 hingga 2 bintik bahkan ada yang lebih dari 5 hingga belasan bintik di wajah.

Titik yang biasanya terdapat milia tersebar mulai dari area mata, hidung, pipi, hingga daerah bibir. Kehadiran milia di wajah sebagai masalah kulit pun tidak banyak orang yang menyadari karena bentuknya yang kecil.

Vitamin anak
Jaga daya tahan tubuh si kecil agar terhindar dari penyakit dan tetap aktif!

Baca Juga: Mengenal Penyakit Mata Ikan: Jenis, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Cara Menghilangkan Milia

milia, milia adalah, cara menghilangkan milia, penyebab milia
Sumber Gambar: Dr Justine Kluk

Banyak orang yang tidak mengetahui apakah milia sebenarnya. Adanya milia di wajah dianggap bisa disembuhkan atau diatasi dengan mudah tanpa ada pengobatan atau treatment tertentu.

Milia pada orang dewasa akan jauh lebih lama hilang dibandingkan milia pada bayi. Bila kamu merasa adanya milia di wajah tidak mengganggu sebaiknya tidak perlu diberi tindakan lebih lanjut.

Namun, ada sebagian orang yang menganggap adanya milia di wajah dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara menghilangkan milia. Sebenarnya kamu tidak harus menghilangkan milia dengan tidak memecahkannya langsung menggunakan tangan seperti memecahkan jerawat.

Kulitmu akan mengalami iritasi, kemerahan, juga kemungkinan rusak. Cara menghilangkan milia paling aman adalah dengan rutin membersihkan wajah dengan cleanser, juga menggunakan masker yang bisa kamu buat dari campuran madu dengan kulit kayu manis.

Dalam hal ini masker digunakan sebagai exfoliator untuk membantu proses mengangkat sel kulit mati. Cara menghilangkan milia yang lain yaitu dengan mengoleskan krim untuk milia. Umumnya, dokter kulit akan menyarankan kamu untuk menggunakan krim berbahan dasar retinoid yang mengandung vitamin A.

Krim retinoid digunakan untuk membantu pergantian sel kulit sehingga tidak sel kulit mati yang menumpuk dan membentuk milia. Penggunaan krim retinoid pun disarankan untuk digunakan bersamaan dengan tabir surya agar terhindar dari sinar UV.

Selain itu, cara menghilangkan milia bisa dilakukan dengan melakukan treatment menggunakan jarum. Jarum digunakan pada treatment ini untuk mengeluarkan isi milia yang berwarna putih atau kekuningan.

Meski terkesan sakit, namun cara menghilangkan milia dalam waktu yang singkat yakni dengan cara tersebut. Pastikan kamu melakukan treatment ini dengan dokter atau expert yang paham cara menghilangkan milia.

Baca Juga: 15 Penyakit Berbahaya yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Jadi, sudah tahu kan soal penyakit kulit milia? Tidak hanya ibu yang harus paham soal milia, sebab orang dewasa pun mengalaminya. Selain itu, kita juga harus lebih peduli terhadap kesehatan kulit. Selalu bersihkan wajahmu, dan gunakan tabir surya kemanapun kamu pergi ya, Toppers.

Yuk, segera lengkapi produk kesehatan dan juga kecantikan yang aman dan berkualitas hanya di Tokopedia!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

13 Obat Keputihan di Apotik, Resmi & Aman!
Kesehatan
13 Obat Keputihan di Apotik, Resmi & Aman!
© 2009-2023, PT Tokopedia