7 Perbedaan Kimbab dan Sushi: Si Kembar dari Negara Berbeda

0
406
perbedaan kimbab dan sushi, bedanya kimbab dan sushi

Bentuk serupa, tapi berasal dari kebudayaan negara yang berbeda. Simak perbedaan kimbab dan sushi yang menarik untuk diketahui!


Bedanya Kimbab dan Sushi – Kimbab dan sushi, mereka memiliki tampilan yang sama namun tentu saja cita rasa dan teksturnya berbeda.

Walaupun dilapisi dengan rumput laut dengan isian berupa gulungan nasi, kamu akan merasakan perbedaan hidangan ini ketika disantap. Selain itu, masih banyak perbedaan dari kedua hidangan ini yang dapat kamu telaah. 

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa kedua makanan ini memiliki asal yang berbeda. Sushi sudah pasti berasal dari Negeri Sakura atau Jepang, dan gimbap atau kimbap berasal dari Korea Selatan.

Karena kedua negara tersebut bertetangga, maka tentunya ada beberapa hidangan khas yang serupa. 

Jika kamu masih belum bisa membedakan kedua dari makanan ini, maka dari itu simak di bawah ini ya, Toppers!

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Kimbab: Cocok untuk Bekal yang Praktis dan Bergizi

Perbedaan Kimbab dan Sushi

1. Tipe Nasi

  • Kimbab: nasi merah, quinoa, variasi nasi lainnya
  • Sushi: nasi biasa

Walaupun kedua dari hidangan ini disajikan dengan metode yang hampir sama, yaitu dengan nasi gulung yang dilapisi dengan rumput laut, salah satu perbedaannya adalah nasi yang digunakan tidak sama.

Walaupun kimbap tidak memiliki variasi isian yang banyak, namun variasi mereka berada pada nasi yang digunakan.

Tidak seperti sushi, kimbap menggunakan nasi merah, quinoa, dan variasi nasi lainnya selain nasi biasa yang digunakan oleh sushi.

2. Bumbu

  • Kimbab: minyak wijen, biji wijen, pemanis
  • Sushi: cuka, gula, garam

Bumbu pada sushi pada umumnya menggunakan cuka, gula, dan garam dengan proporsi yang pas untuk menambahkan cita rasa dan melakukan pencegahan agar tidak terasa asam.

Sedangkan, untuk kimbap, bumbu yang digunakan adalah minyak wijen, biji wijen, dan pemanis. Itulah mengapa rasa kimbap lebih manis daripada sushi.

3. Isian

  • Kimbab: daging merah matang, telur, kimchi
  • Sushi: ikan mentah segar

Perbedaan besar pada kedua hidangan ini adalah isian yang sangat berbeda. Sushi biasanya dihidangkan dengan ikan mentah segar. Ikan tersebut harus langsung dihidangkan.

Apabila belum siap untuk dihidangkan, maka harus disimpan di kulkas dengan temperatur optimal hingga siap disantap. Dengan banyak variasi, sushi juga telah berkembang dengan memiliki banyak pilihan. 

Sedangkan, kimbap memiliki isian yang sudah matang seperti daging merah, telur, fishcake, dan imitasi daging kepiting. Koki modern biasanya juga menggunakan variasi lain seperti ham, kimchi, mayonnaise, dan KBBQ.

Jika kamu merupakan vegetarian atau vegan, kamu juga dapat menyantap kimbap dengan isian kimchi.

4. Variasi

  • Kimbab: Tidak banyak variasi
  • Sushi: Lebih banyak variasi

Salah satu perbedaan kimbap dan sushi adalah variasinya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa kimbap tidak memiliki banyak varian. Mereka hanya menggunakan beragam nasi untuk pengalaman tekstur yang berbeda-beda.

Biasanya, mereka menggunakan filling atau isi merupa myulchi. Namun, myulchi tidak banyak ditemukan di supermarket terdekat dan ketersediaannya sangat terbatas. 

Sedangkan untuk sushi, variasinya banyak dengan style yang berbeda-beda dari Nigiri style, Maki Rolls, Gunkan Sushi, Sashimi, dan lain-lain.

ahan yang digunakan di sushi juga beragam dari ikan mentah dengan spesies berbeda-beda, seafood mentah, daging mentah, sayuran, dan buah-buahan.

perfect roll sushi maker
Bikin sushi di rumah tanpa repot? Gunakan perfect roll sushi maker!

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Makan Sushi Murah di Jakarta

5. Rasa dan Tekstur

Kimbab: asam, manis, renyah
Sushi: asin, manis, lebih lunak

Tekstur sushi yang biasanya terkenal adalah rasanya yang asin dan sedikit manis, serta teksturnya yang lebih lunak. Berbeda dengan kimbap yang lebih renyah karena adanya sayuran seperti acar lobak, kimchi, dan mentimun.

Cita rasa yang ditemukan dari kimbap juga asam dari bahan kimchi dan manis dari wortel dan daging di dalamnya.

6. Bumbu Pelengkap

  • Kimbab: jahe kuning, asinan sayur
  • Sushi: acar jahe, kecap, sawi hijau

Jika kamu sudah tidak asing lagi dengan sushi, maka kamu tahu bahwa yang biasanya dijadikan bumbu pelengkap adalah acar jahe yang digunakan untuk mencuci mulut kamu setiap kamu selesai menyantap tipe ikan yang berbeda-beda.

Selain itu juga ditemani oleh wasabi, kecap, dan sawi hijau. Sedangkan kimbap, ditemani oleh acar jahe kuning atau sayuran lainnya.

Kimbap tidak dilengkapi dengan pencuci mulut karena varian isinya tidak berupa beragam ikan mentah.

7. Metode Preparasi

Kimbab: sajian rumahan atau kaki lima di Korea
Sushi: sajian berseni koki andal

Kimbap merupakan makanan Korea yang biasanya disajikan dengan ibu atau sang istri di rumah. Berbeda dengan sushi, makanan ini disajikan dengan banyak seni yang kerap diolah oleh koki andal sebagai makanan berseni.

Kimbap lebih sering disajikan sebagai makanan kaki lima di Korea atau sebagai makanan sehari-hari yang disajikan di rumah.

Baca Juga: 10 Merk Nori Rumput Laut Paling Gurih dan Lezat untuk Sushi

Itulah bedanya sushi dan kimbap. Memang bentuknya dari luar terlihat sama, namun variasi dan isi tentu saja berbeda. Jadi, yang mana yang lebih enak? Sushi atau kimbap? Semuanya tentu saja tergantung selera kamu!

Jika kamu ingin membuat kedua hidangan ini, kamu tidak perlu repot membeli bahannya, cukup temukan bumbu dan bahan masak di Tokopedia saja!

bumbu masak
Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

Bagikan Artikel