6 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Menyambut Lebaran Idul Fitri

1751
Persiapan Lebaran

Tak terasa Lebaran sudah hampir tiba. Berikut beberapa persiapan lebaran yang bisa kamu lakukan agar semua rencana di hari raya lancar dan bermakna!


Persiapan Lebaran – Lebaran semakin dekat dan banyak dari kita yang masih belum siap untuk menyambutnya. Sebetulnya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan agar di hari suci ini semuanya bisa berjalan dengan lancar, terutama untuk menyambut para tamu dan bersilaturahmi dengan kerabat.

Berikut ini tips persiapan hari raya Idul Fitri yang bisa kamu lakukan agar Lebaranmu semakin bermakna!

baca juga: Tradisi Mudik Lebaran, Sejarah Dan Asal Usulnya

Tips Persiapan Lebaran

1. Belanja Baju Lebaran

persiapan lebaran - belanja
Sumber Gambar: Pexels

Kadang, pada hari-hari menjelang Lebaran, banyak toko-toko baju yang mengadakan diskon bahkan besar-besaran. Salah satu persiapan lebaran yang perlu kamu lakukan adalah belanja baju baru jika kamu belum memilikinya!

Tapi, jika kamu malas pergi jauh-jauh ke toko, kamu bisa membeli baju lebaran secara online tanpa harus repot.

2. Membersihkan Rumah

Jika kamu berencana untuk memiliki tamu yang datang ke rumahmu, pastikan kamu sudah membersihkan kediamanmu agar mereka merasa kamu telah melakukan persiapan lebaran dengan baik dan mereka merasa nyaman berlama-lama di dalamnya.

Jangan sampai niat baik para tamu yang berkunjung menjadi kurang berkesan jika rumahmu berantakan dan kotor.

3. Belanja Bahan Makanan

persiapan lebaran belanja makanan
Sumber Gambar: Pexels

Tentunya jika akan ada tamu ke rumahmu, kamu pasti akan menyiapkan makanan untuk mereka kan, Toppers? Maka dari itu belanja bahan makanan untuk memasak merupakan persiapan lebaran yang penting.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

4. Menyiapkan Uang THR

Hari Lebaran merupakan hari-hari bertemu dengan keluarga. Dari kakek, saudara, hingga keponakan. Salah satu tradisi yang selalu dilakukan ketika Lebaran adalah memberi uang tunjangan hari raya (THR) kepada saudara-saudaramu yang lebih muda, terutama jika sudah bekerja.

Maka dari itu hitung jumlah uang THR yang harus kamu persiapkan, dan sesuaikan dengan budget-mu sendiri tentunya.

5. Rencanakan Pertemuan

persiapan lebaran silaturahmi
Sumber Gambar: Pexels

Persiapan menyambut Lebaran berikutnya adalah dengan merencanakan pertemuanmu dengan orang yang mungkin sudah cukup lama tak berjumpa.

Jika kamu berencana untuk bertamu ke rumah teman atau saudara, pastikan terdahulu kamu telah memberi tahu mereka atau bahkan mempersiapkan rencana jalan-jalan setelah itu.

6. Sediakan Kue

Tentunya kue-kue merupakan salah satu pelengkap di hari Lebaran, terutama jika kamu akan memiliki banyak tamu. Bermacam-macam kue kering seperti nastar, kue putri salju, kue kacang, hingga kastengel merupakan camilan yang wajib ada di rumahmu.

Baca Juga: Aneka Kue Kering Khas Lebaran Terlezat dan Terfavorit

Itulah beberapa persiapan yang baik untuk kamu lakukan sebelum Lebaran tiba. Tidak peduli apakah kamu yang bertamu atau didatangi tamu, ada baiknya kamu melakukan beberapa persiapan yang matang seperti di atas.

Jika kamu bingung mau beli kue apa, kamu bisa menemukan berbagai macam kue lezat khas Lebaran terlengkap dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

Selamat Lebaran, Toppers!

Ramadan Ekstra
parcel lebaran
Temukan parcel lebaran dengan penawaran terbaik dan terlengkap di sini!

Bagikan Artikel