Cara Membuat Kaldu Mudah dan Praktis

643
resep cara membuat kaldu

Cara Membuat Kaldu – Untuk membuat berbagai resep nikmat dan sehat, pasti dibutuhkan satu unsur penting yang dapat menunjang dan memperkaya rasa, tekstur agar tidak hambar, tapi juga harum dan enak. Itulah kegunaan kaldu, salah satu bentuk kuah, terbuat umumnya sari dari rendaman atau rebusan bahan daging, tulang, ataupun sayuran. Masakan pasti akan lebih lezat dengan menggunakan kaldu,

Jika bosan menggunakan kaldu instant, Toppers juga bisa, lho mulai pelajari cara membuat kaldu sendiri. Membuat kaldu tidak sesulit dibayangkan, kok! Kamu hanya perlu persiapkan bahan dengan baik untuk mendapatkan rasa yang nikmat. Utamanya, pilihlah bahan-bahan segar dan berkualitas. Jangan lupa persiapkan peralatan masak, dan liat cara membuat kaldu mudah dan praktis berikut ini!

Baca juga: 7 Resep Nasi Goreng Nusantara Praktis dan Lezat

Cara Membuat Kaldu Mudah dan Praktis

cara membuat kalduSumber gambar: Toa Heftiba

Bahan Membuat Kaldu:

  • 1 buah bawang bombay
  • 2 buah bawang putih
  • 2 buah wortel
  • Tulang ayam (serta bagian leher, sayap, ceker)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt cuka
  • Minyak zaitun
  • 3 liter air

Kaldu non MSG

Cara Membuat Kaldu:

  1. Pertama-tama, untuk memastikan kesegaran dan kebersihan, cuci dulu semua bahan terutama sayuran. Setelah kamu cuci bersih, maka potonglah semua bahan tersebut menurut preferensi. Direkomendasikan untuk membuat potongan kecil, dadu-dadu.
  2. Siapkan bagian ayam. Gunakan sebuah panci besar, dan masukan air serta ayam, tambahkan cuka dan minyak zaitun sesuai rasa.
  3. Diamkan sekitar 20 hingga 30 menit. Bau yang kurang nikmat dari ayam akan hilang setelah bercampur.
  4. Masukkan dan campurkan sayuran serta garam dan merica yang sebelumnya telah dipotong-potong ke panci, tunggu hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, biasanya akan menghasilkan busa-busa. Kamu bisa membuangnya dengan mudah menggunakan saringan ataupun sendok.
  6. Walaupun telah mendidih, tetap aduk namun kecilkan api secara perlahan dan biarkan mendidih hingga berubah menjadi kecoklatan dan harum. Umumnya, kamu tunggu sekitar 2 jam, karena beberapa ahli masak berpendapat semakin lama direbus maka bau akan lebih harum dan rasa lezat akan semakin kuat.
  7. Sebelum mengangkat, rasakan apakah sudah pas atau masih ada kekurangan. Jika menurut kamu sudah pas, maka setelah selesai kamu bisa saring semua bahannya dan sisakan airnya ketika sudah dingin. Jangan saring waktu masih panas karena masih ada kesempatan sayuran dan ayam untuk memberikan aroma.
  8. Tunggu kaldu hingga dingin, dan lemak mulai muncul ke permukaan.
  9. Kaldu telah siap kamu gunakan!

Baca juga: 5 Cara Membuat Bakso Mudah dan Praktis

Nah itu dia cara membuat kaldu mudah dan praktis! Tak sulit kan? Tak usah bingung lagi untuk membuat masakan lebih lezat, karena kamu sudah bisa dengan mudah membuat kaldu! Memang membutuhkan waktu cukup panjang, namun semua prosesnya akan tetap lebih menyehatkan, bernutrisi ketimbang membeli bumbu cepat saji, loh. Jadi, selamat mencoba ya Toppers!

produk dapur wajib