Review Huawei Mate 30 Pro: Sang Penerus ‘Raja Kamera’

0
102
review huawei mate 30 pro, kelebihan dan kekurangan huawei mate 30 pro, spesifikasi huawei mate 30 pro

Lagi-lagi dinobatkan sebagai ‘raja kamera’ di ranah smartphone. Simak review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Huawei Mate 30 Pro!


Huawei merupakan perusahaan produsen smartphone yang sedang menjadi buah bibir berkat polemiknya dengan presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Hasil dari konflik ini berbuntut panjang hingga membuat Huawei melepas kerjasama dengan Google untuk sistem operasi Android stock.

Lantas, raksasa ponsel asal China ini menjawab dengan lantang dan tidak akan menyerah berkat pemutusan kerjasama ini. Isu yang beredar dengan pembuatan perangkat sistem operasi eksklusif, Hongmeng atau Harmony hingga kerjasama lanjutan dengan Android sebagai pengembang UI dan OS.

Dengan banyaknya isu yang menerpa, salah pabrikan handphone dengan penjualan terbanyak di dunia ini tetap mampu memunculkan jagoan mereka, terutama yang begitu menonjol di sektor kamera, yaitu Huawei Mate 30 Pro.

Bagaimana posisi pasar dan spesifikasi yang ditanamkan Huawei untuk produk anyarnya, Huawei Mate 30 Pro? Yuk, simak review selengkapnya di bawah ini, Toppers!

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Huawei P30 Pro: Smartphone Sempurna untuk Fotografi

Kelebihan Huawei Mate 30 Pro

1. Kamera Juara!

review huawei mate 30 pro
Sumber Gambar: Digital Camera World

Lahir di tengah gempuran iPhone 11 Pro Max, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan Samsung Galaxy Note 10 Plus, Huawei Mate 30 Pro tetap bisa menjadi yang paling menonjol soal kualitas kamera. Bahkan, meneruskan tahta Huawei P30 Pro, phablet ini jadi yang terbaik.

Bahkan, DXOMark menobatkan Mate 30 Pro sebagai ‘raja kamera’ dengan skor paling tinggi di antara yang terbaik. Jadi, jika kamu mencari handphone karena mempertimbangkan sektor kamera, ia adalah pilihan paling tepat untuk kamu pilih pertama.

2. Baterai Jumbo dan SuperCharge 40W!

Kualitas baterai bukanlah suatu penghalang, apalagi untuk Huawei Mate 30 Pro. Smartphone dengan kualitas terbaik di segala lini ini memang sulit untuk dikritisi. Segala teknologi terbaru sudah disematkan dengan sempurna.

Tidak hanya itu, Huawei SuperCharge yang merupakan teknologi pengisian daya baterai mampu mendukung pengisian Wireless. Untuk pengisian daya lewat kabel, kamu bisa mendapatkan pengiriman daya sebesar 40W, sedangkan untuk wireless di angka 27W.

Selain pengisian super cepat, baterai berkapasitas 4.500 mAh yang tahan seharian penuh akan memuaskan para pengguna yang punya penggunaan ponsel berintensitas tinggi.

3. Dilengkapi Chipset Jempolan

review huawei mate 30 pro
Sumber Gambar: Pocket Lint

Chipset kerap menjadi momok untuk smartphone serba tanggung, namun jauh dari kata dekat untuk Huawei Mate 30 Pro. Teknologi chipset juara, yaitu HiSilicon Kirin 990 (7 nm+) siap kamu gunakan dalam mengarungi aktivitas di smartphone flagship satu ini.

Semua fungsi multi-media bisa diatasi dengan mudah dan tanpa halangan. Bahkan, hampir semua game bisa kamu mainkan tanpa kendala, tergantung seberapa lama dan sering kamu menggunakan Huawei Mate 30 Pro sebagai platform bermain game.

4. Teknologi AI dan Swing Gesture

Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang terus berkembang untuk membuat segala hal menjadi lebih indah dan mudah. Kamu tidak perlu mengurus dan menyesuaikan beberapa hal secara manual, cukup hitungan detik dengan proses yang cepat.

Baik layar, menangkap kamera, hingga fitur assistance bisa kamu rasakan di Huawei Mate 30 Pro. Beragam gesture juga bisa kamu terapkan, serta mendukung penggunaan fitur face scanner.

5. Sensor Side-Touch Intuitif

kelebihan dan kekurangan huawei mate 30 pro
Sumber Gambar: PC Mag

Kamu tidak akan menemukan tombol “+” dan “-” untuk volume di perangkat satu ini. Rasanya hal itu sudah usang dan termakan zaman mengingat Huawei Mate 30 Pro mengaturnya dengan proses sentuhan.

Sensor juga tersedia di sisi smartphone dan tentunya membuat segala hal menjadi lebih mudah dan terarah. Mungkin kamu akan kesulitan menggunakannya di awal pembelian, namun tenang saja pasti kamu juga akan terbiasa ko, Toppers.

tukar tambah tokopedia
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Huawei Nova 5T: Performa Flagship, Harga Mid-range

6. Kualitas Perekaman 4K Cinematic

Ini nilai utama dan terbaik dari perangkat Huawei, yaitu kamera. Lensa jawara di jajaran smartphone ini mampu melakukan berbagai hal yang mustahil, seperti fitur ultrazoom, night mode 2.0, dan optical image stabilization yang sudah didukung oleh Leica, perusahaan kamera yang berpusat di Jerman.

Bagaimana tidak, kamu dapat melakukan perekaman layaknya kamera profesional. Dengan kualitas 2160p serta kemampuan perekaman 4K tanpa shaking berkat teknologi OIS. Semua bisa kamu rasakan, tentunya fitur foto bukan kendala lagi.

7. Keindahan Horizon Display

kelebihan dan kekurangan huawei mate 30 pro
Sumber Gambar: Forbes

Layar bukan lagi penghalang, melainkan nilai tambah untuk Huawei Mate 30 Pro. Huawei benar-benar serius dalam membuat smartphone terbarunya dengan kualitas premium.

Hal ini ditunjukkan dengan Horizon Display, kualitas layar OLED dengan keindahan 16 juta warna. Segala detail, kontras dan noise bisa diatasi di perangkat juara besutan Huawei satu ini.

Rasanya layar indah satu ini merupakan impian para pencinta gadget, apalagi dengan bezel tipis serta layar lengkung yang diadaptasi sedemikian rupa. Tersedia juga berbagai warna menarik, seperti Black, Space Silver, Cosmic Purple dan Emerald Green.

8. Storage Besar dan Teknologi Nano Memory

spesifikasi huawei mate 30 pro
Sumber Gambar: YugaTech

Nano memory merupakan hal yang cukup baru untuk perangkat smartphone terkini. Pertama, karena memori internal sudah mencukupi kegiatan sehari-hari di segi penampungan daya. Kedua, microSD kerap membuat cache dan OS keberatan dalam memproses berbagai aplikasi.

Namun, teknologi nano memory dikalim dapat menambah daya tampung smartphone sekaligus tidak memberatkan proses di ponsel. Hal ini tentu menjadi nilai lebih, apalagi bagi kamu yang suka dengan daya tampung besar.

Selain itu, Mate 30 Pro juga tersedia dalam varian RAM 8 GB dan 256 GB yang merupakan pilihan terbesar. Ini bisa kamu andalkan dalam jangka penggunaan hingga beberapa tahun ke depan.

Kekurangan Huawei Mate 30 Pro

9. Absennya Fitur Google

Satu hal yang paling logis untuk dikritisi dan disayangkan di Huawei Mate 30 Pro. Kamu tidak akan merasakan hiburan multi-media dari YouTube, maupun face cam dengan teman lewat HangOut karena semua fitur Google tidak tersedia.

Yap, semua fitur Google termasuk Play Store dengan ribuan aplikasi gratis yang bisa kamu coba. Keputusan ini merupakan buah konflik antara Huawei dengan Amerika Serikat.

Untuk sementara, kamu harus puas menggunakan Huawei Apps Gallery guna memenuhi kebutuhan aplikasi penting. Namun, rasanya ini jadi jalan keluar yang tetap bisa memuaskan pengguna.

10. Tanpa Audio Jack

Mungkin satu hal ini sangat subjektif, mengingat banyak smartphone kelas atas atau flagship yang sudah menghilangkan audio jack 3.5mm. Namun, hampir semua hardware earphone/headphone menggunakan slot serupa hingga sekarang.

Banyak dongle yang bisa kamu gunakan untuk memastikan slot yang tersedia dapat dipasangkan. Namun, akan menjadi hal yang kurang menyenangkan bagi kamu yang tidak ingin pusing dan lebih memilih fitur Bluetooth.

Baca Juga: 10 Smartphone Huawei Terbaik, Ternama karena Kamera

Spesifikasi Huawei Mate 30 Pro

  • Nama: Huawe Mate 30 Pro
  • Rilis: September 2019 
  • Berat: 198 gram (g) 
  • Material: Depan dan belakang menggunakan Gorilla Glass 6, frame aluminium
  • Jenis dan Ukuran Layar: OLED 6.53 inci
  • Resolusi Layar: 1176 x 2400 pixel, 18.5:9 ratio
  • Pelindung Layar: Corning Gorilla Glass 6, DCI-P3, HDR10
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 (7 nm+)
  • Prosesor: Octa-core (2×2.86 GHz CortexA-76 & 2×2.09 GHz Cortex A-76 & 4×1.86 GHz Cortex-A55)
  • RAM: 8GB
  • Memori Internal: 128GB / 256GB
  • Kamera Belakang: 40 MP (lensa wide, f/1.6, PDAF, OIS), 8 MP (telephoto, f/2.4, PDAF, OIS, 3x optical zoom), 40 MP (ultrawide, f/1.8, PDAF), 3D TOF Camera
  • Kamera Depan: 32 MP (wide, f/2.0), 3D TOF Camera
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, aptX HD, LE
  • USB: 3.1, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
  • Sensor: Face ID, fingerprint (di layar), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
  • Baterai: 4.500 mAh (fast charging 40W)
  • Harga: Harga resmi Rp 12,5 juta (cek harga Huawei Mate 30 Pro selengkapnya)

Baca Juga: Cari Ponsel untuk Jangka Panjang? Cek 10 Smartphone Flagship Terbaik Berikut Ini!

Itu dia Toppers hasil dan teknologi terkini dari produk Huawei Mate 30 Pro. Harga yang ditawarkan tentu sebanding dengan teknologi yang digunakan, apalagi berbagai inovasi yang mengagumkan.

Sitem operasi EMUI 10 juga menambah kerennya fitur smartphone satu ini. Huawei masih menggunakan Android 10 untuk base OS. Tentu hal ini menjadi nilai positif dan tentunya baik bagi kamu yang menginginkan teknologi terkini.

Temukan Huawei Mate 30 Pro dan beragam pilihan handphone terbaru lainnya di Tokopedia! Nikmati kemudahan pembelian, keamanan serta berbagai sistem pembayaran, baik online, virtual account hingga cicilan kredit nol persen!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Yubian Asfar Huda

Bagikan Artikel