Review iPhone 12: Alasan Sempurna untuk Upgrade?

0
530
review iphone 12

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi iPhone 12. Ini hal penting yang jadi alasan untuk upgrade dari iPhone 11.


Pada 2010 lalu, mendiang Steve Jobs mengenalkan kita dengan salah satu produk handphone inovatif, iPhone 4. Smartphone garapan Apple tersebut, selain menjadi peningkatan dari generasi sebelumnya, juga menjadi salah satu ponsel dengan desain favorit.

Memasuki 2014, Apple meluncurkan seris iPhone 6 dengan desain yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya. Dengan sisi melengkung dan ukuran yang besar, tren iPhone 6 tersebut terus dipakai Apple hingga 2019.

Lalu pada akhir 2020, Apple merilis lini iPhone 12 yang kembali mengusung desain bingkai favorit dari iPhone 4. Dipadukan footprint yang mirip dengan iPhone 11 namun dengan bagian samping yang rata, membuat smartphone Apple ini tampil cantik dan memiliki nilai nostalgia.

Bagi yang penasaran dengan produk smartphone teranyar Apple, simak review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi lengkap iPhone 12 berikut ini!

Baca Juga: Perbedaan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Kelebihan iPhone 12

Seperti pada iPhone 11 sebelumnya yang telah mendapat banyak peningkatan dari seri iPhone X, apakah iPhone 12 juga mendapatkan peningkatan kembali dari iPhone 11? Berikut ini adalah kelebihan iPhone 12 yang merupakan peningkatan dari seri sebelumnya dan juga ponsel flagship lain:

1. Desain Modern dengan Sentuhan Nostalgia

kelebihan dan kekurangan iphone 12
Sumber Gambar: Unsplash/Frederik Lipfert

Dalam smartphone yang dirilis Apple, tidaklah aneh jika dalam beberapa generasi smartphone terbaru akan menggunakan desain yang sama dengan generasi sebelumnya. Seperti kalimat “If it ain’t broke, don’t fix it.” Yang berarti kalau tidak rusak, tidak perlu diubah.

Pada iPhone 12 ini, Apple memberikan sentuhan tambahan yang tidak membuatnya 100% mirip dengan desain iPhone 11. Salah satunya adalah dengan memberikan bagian samping yang datar dan mirip sekali dengan desain iPhone 4 dan iPhone 5 dari beberapa tahun silam.

Dengan gabungan footprint iPhone 11 yang modern dan sentuhan bagian samping datar dari iPhone 4, smartphone terbaru Apple ini mampu tampil cantik dan juga memiliki kesan nostalgia ketika Apple merilis salah satu smartphone favorit Apple fanboy.

2. Ceramic Shield, Layar Tangguh yang Tahan Goresan

kelebihan dan kekurangan iphone 12
Sumber Gambar: Unsplash/Rahul Chakraborty

Ketika membeli smartphone baru, kita pasti tidak melupakan perlindungan tambahan seperti case dan anti gores untuk menghindarkan perangkat dari goresan-goresan eksternal, baik terjatuh ataupun tergores koin dan kunci di dalam kantong celana.

Pada smartphone barunya, Apple mengenalkan teknologi Ceramic Shield yang terpasang pada seluruh lini iPhone 12. Teknologi tersebut menyertakan kristal keramik berukuran super kecil yang membuat ketahanan jatuh gawai ini empat kali lebih baik.

Selain itu, Apple juga melakukan proses pertukaran ion ganda pada teknologi Ceramic Shield-nya. Proses tersebut bisa memberikan perlindungan lebih terhadap lecet, goresan, dan aus yang biasanya terjadi akibat pemakaian kita sehari-hari.

3. Magsafe, Teknologi Magnet Serbaguna

kelebihan dan kekurangan iphone 12
Sumber Gambar: Unsplash/Daniel Romero

Bersamaan dengan perilisan iPhone 12 ini, Apple juga mengenalkan produk terbaru untuk melengkapi Apple ecosystem yang kamu miliki, Magsafe. Magnet sirkular yang terletak pada bagian iPhone 12 ini, memiliki banyak fungsi yang juga menjadi salah satu kelebihan iPhone 12 dari flagship lainnya.

Jika pada wireless charging smartphone perlu diletakan dengan tepat agar kedua panel terhubung, Magsafe memberikan kemudahan dengan fungsi sekali tempel berkat magnet yang terdapat pada iPhone 12 dan aksesoris Magsafe itu sendiri.

Apple sendiri sudah mengenalkan berbagai aksesoris Magsafe, yang di antaranya Magsafe charger, cases, dan dompet. Tentunya, dari banyak perusahaan pihak ketiga, kita dapat melihat perkembangan perusahaan yang mengeluarkan produk menarik lainnya untuk Magsafe.

4. Konsumsi Media Lebih Puas dengan Super Retina XDR OLED

spesifikasi iphone 12
Sumber Gambar: Unsplash/Denis Cherkashin

Pada generasi sebelumnya, salah satu hal yang membuat kamu memikirkan kembali untuk membeli lini basic, iPhone 11, mungkin terletak pada sektor display-nya. Karena pada generasi tersebut, Apple masih menggunakan panel IPS LCD pada iPhone 11.

Namun, pada generasi terbarunya ini, Apple telah menyematkan layar yang sama untuk semua varian, yaitu layar OLED dengan teknologi Super Retina XDR nya. Selain panel yang lebih superior, Apple juga meningkatkan resolusi untuk iPhone 12, yaitu 2.532 x 1.170 piksel.

Untuk yang gemar menonton film, layar iPhone 12 ini juga sudah memiliki rating HDR10 yang dapat menampilkan gambar lebih baik lagi. Menonton film dan mengkonsumsi media menggunakan iPhone 12 ini sudah lebih dimanjakan lagi dibanding iPhone 11.

5. Tangkap Detail Lebih Baik dengan Peningkatan Kamera

spesifikasi iphone 12
Sumber Gambar: Unsplash/Hendrik Morkel

Memiliki lensa wide dan ultra wide, iPhone 12 dapat mengambil gambar dan video berkualitas yang konsisten. Selain itu, kamera utama dengan lensa lebar di iPhone 12 ini juga mendapatkan peningkatan yang dapat menangkap cahaya 24% lebih banyak dari iPhone 11.

Peningkatan tersebut, selain bisa membuat hasil foto Night Mode yang lebih baik, juga bisa meningkatkan level detail dan warna ketika mengambil foto pada siang hari. Membicarakan seputar Night Mode, fitur tersebut juga dapat dipakai menggunakan lensa ultra wide di iPhone 12.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Perbedaan iPhone XS dan iPhone XR, serta iPhone XS Max

6. Deep Fusion dan Smart HDR 3 untuk Gambar yang Lebih Baik

Masih membahas seputar kamera, iPhone 12 juga dilengkapi dengan fitur Deep Fusion dan Smart HDR 3 terbaru dari Apple. Kedua fitur tersebut dapat kamu gunakan untuk mengambil gambar yang lebih detail dan juga lebih mudah.

Peningkatan fitur Deep Fusion yang dimiliki iPhone 12 ini mampu menganalisis beberapa exposure dalam gambar untuk memaksimalkan detail. Dipadukan dengan lensa ultra wide, fitur Deep Fusion ini mampu memberikan kamu gambar yang dramatis dengan detail yang mantap.

Pada lain hal, bagi kamu yang tidak ingin ribet dan hanya menggunakan fitur otomatis, pastikan aktifkan fitur Smart HDR 3 untuk gambar yang lebih baik. Fitur ini dapat menyeimbangkan elemen dalam foto, menonjolkan detail pada subjek, dan mempertahankan warna background yang cerah seperti langit.

7. Kualitas Video Menjanjikan dengan Dolby Vision

Seperti yang dibahas pada kelebihan iPhone 12 bagian layar yang mendukung pemutaran konten HDR10, tentunya iPhone 12 sendiri sudah bisa menghasilkan video Dolby Vision yang merupakan encoding HDR standar untuk format HDR10.

Fitur ini dapat memberikan hasil video yang lebih baik dari segi kedalaman warna, sekaligus menjaga konsistensi warna hasil tangkapan dengan warna aslinya.

Hasil tangkapan video tersebut sangatlah cocok bagi yang gemar videography atau ingin membuat konten bermodalkan kamera smartphone yang multifungsi.

8. Performa Gaming Mulus Berkat Apple A14 Bionic

CPU hexa core terbaru dari Apple, A14 Bionic, yang memiliki 2 inti 3,1 GHz untuk performa ditambah 4 inti 1,8 GHz yang hemat daya. Meskipun hanya memiliki 6 inti, A14 Bionic diklaim memiliki performa 50% lebih cepat dibanding pesaingnya, seperti prosesor canggih besutan Qualcomm maupun Samsung.

Bagi yang hobi gaming di smartphone, tentunya iPhone 12 ini mampu melibas segala game yang kamu mainkan dengan setting rata kanan. Ditambah layar Super Retina XDR miliknya, iPhone 12 ini mampu memberikan pengalaman yang baik untuk dipakai gaming.

Selain itu, chipset teranyar dari Apple ini juga telah mendukung konektivitas 5G untuk kecepatan internet yang lebih baik lagi.

Kekurangan iPhone 12

Di balik beberapa kelebihannya yang menonjol, ada sedikit hal yang menjadi kekurangan dari iPhone 12 yang mungkin terdengar sepele namun penting untuk diperhatikan:

9. Performa Baterai Menurun?

Dari segala keunggulan yang dimiliki iPhone 12, seperti layar Super Retina XDR dan konektivitas 5G yang selalu hidup, membuat performa baterai yang dimiliki iPhone 12 ini mengalami penurunan dari iPhone 11.

Dengan resolusi yang hampir menyentuh QHD dan konektivitas 5G yang demanding, tentunya dapat menguras baterai berkapasitas 2,815 mAh yang dimiliki oleh iPhone 12 lebih cepat lagi. 

Salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk menghemat konsumsi baterai iPhone 12 ini adalah dengan mengganti konektivitas 5G dengan 4G atau LTE. Terlebih, fitur 5G pun masih belum tersedia di Indonesia dan kita masih belum membutuhkan sinyal 5G untuk selalu aktif.

10. Kamera Cuman Dua?

Ya, jika dibandingkan dengan smartphone flagship dari brand lain, pastinya pertanyaan ini akan muncul dan menjadi pertimbangan. Brand-brand lain yang mengeluarkan produk seharga iPhone 12 ini, sudah memiliki paling sedikit empat kamera, tiga di belakang dan minimal satu di depan.

Meski begitu, opsi ketiga dari ponsel kelas atas lain seringkali berisikan kamera telephoto atau kamera makro yang memiliki intensitas penggunaan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera wide dan ultra wide.

Maka dari itu, dual kamera yang dimiliki iPhone 12 ini, rasanya sudah cukup untuk mengabadikan momen-momen penting dan berharga. Dengan konsistensi pengambilan gambar dan video yang baik, rasanya dua kamera yang dimiliki iPhone 12 ini sudah sangat memuaskan.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review iPhone 7: Masih Layak untuk Dimiliki di Masa Kini?

Spesifikasi iPhone 12

  • Nama: Apple iPhone 12
  • Rilis: 23 Oktober 2020
  • Berat: 164 g
  • Material: Kaca bagian depan Ceramic Shield, bagian belakang kaca, dan menggunakan bingkai aluminium
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super Retina XDR OLED, HDR10, 6,1 inci (rasio layar ke bodi ~86%)
  • Resolusi Layar: 1.170 x 2.532 piksel
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • Prosesor: Hexa-Core (2 x 3.1 GHz Firestorm + 4 x 1.8 GHz Icestorm)
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, dan 256 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.6, lensa wide 26 mm, dual pixel PDAF, OIS) + 12 MP (f/2.4, lensa ultrawide 120 derajat 13 mm)
  • Kamera Depan: 12 MP (f/2.2, lensa wide 23 mm, SL 3D (sensor depth dan biometrik), HDR, gyro-EIS)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: Lighting, USB 2.0
  • Sensor: Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, perintah bahasa natural dan diktasi Siri, dukungan Ultra Wideband (UWB)
  • Baterai: 2.815 mAh (fast charging 20W)
  • Harga: Resmi mulai dari Rp 14.999.000 (cek harga Apple iPhone 12 selengkapnya)

Baca Juga: Apa Itu Refurbished? Amankah HP Android atau iPhone Rekondisi?

iPhone 12 ini cocok untuk kamu yang ingin upgrade ataupun bagi pengguna Android yang ingin transisi ke ekosistem Apple. Memiliki desain yang cantik, performa gahar, kamera yang konsisten, juga display yang berkualitas.

Bagaimana Toppers, tertarik untuk meminang iPhone 12 sebagai ponsel andalan barumu?


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Lazuardi