Review Nintendo Switch Lite: Handled Console Idaman Terbaik

0
151
review nintendo switch lite, kelebihan dan kekurangan nintendo switch lite, spesifikasi nintendo switch lite

Hadir sebagai penentu generasi emas dari industri game. Simak kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Nintendo Switch Lite!


Review Nintendo Switch Lite – Berbeda dengan Nintendo Switch yang dapat berfungsi sebagai konsol game hybrid, justru Nintendo Switch Lite dirancang khusus untuk penggunaan yang benar-benar portabel.

Karenanya, versi Lite ini kehilangan beberapa fitur khas yang dimiliki Nintendo Switch. Seperti tidak dapat terhubung ke televisi, hingga tidak bisa dibongkar pasang layaknya Switch versi reguler.

Namun, Switch Lite memiliki berbagai macam keunggulan. Mulai dari desain yang kompak dan ergonomis, hingga performa yang powerful namun tetap efisien. Membuatnya jadi handled console idaman terbaik.

Penasaran? Berikut kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Nintendo Switch Lite!

Baca Juga: 10 Game Nintendo Switch Terbaik dan Terpopuler

Kelebihan Nintendo Switch Lite

1. Ukuran Compact dan Ringan

review nintendo switch lite
Sumber Gambar: Digital Trends

Desain kompak milik Switch Lite mengingatkan kita kepada konsol handheld terdahulu, yaitu Playstation Portable (PSP). Bagaimana tidak? Switch Lite hadir dengan bodi yang lebih ramping, enteng, dan mudah dibawa ke mana saja.

Dengan beratnya yang hanya 276 gram (g), Switch Lite dinilai memiliki mobilitas tinggi daripada pendahulunya.

2. Lebih Banyak Varian

kelebihan dan kekurangan nintendo switch lite
Sumber Gambar: Nintendo

Switch Lite datang dalam berbagai varian warna yang unik dan cantik. Opsi kuning, abu-abu, dan turquoise (tosca) hadir memperindah Switch Lite dan meramaikan console next-gen yang akan datang.

Selain warna itu, Switch Lite akan banyak merilis edisi khusus yang akan tampil lebih cantik serta menarik perhatian banyak orang.

3. Baterai Efisien

kelebihan dan kekurangan nintendo switch lite
Sumber Gambar: AsiaOne

Untuk memastikan pengguna saat bepergian jauh, Nintendo telah meningkatkan daya pakai baterai untuk bertahan hingga tiga sampai tujuh jam. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan chip terbaru dari Nvidia.

Dibandingkan dengan Switch pertama, pemakaiannya hanya bisa bertahan dua sampai enam jam masa pakai baterai.

4. Hadir dengan D-pad Khas Nintendo

spesifikasi nintendo switch lite
Sumber Gambar: Daily Star

Switch Lite hadir dengan D-pad signature di sisi kirinya yang sedikit berbeda dari Switch terdahulu. Hal ini akan membuat penggunaan kontrol sedikit lebih mudah karena pemain tidak perlu mencari-cari tombol yang tepat.

5. Tingkat Mobilitas Tinggi

spesifikasi nintendo switch lite
Sumber Gambar: Nintendo

Switch Lite dirancang khusus untuk penggunaan portabel. Berkat ukurannya yang lebih kecil dari pendahulunya, sistem ini lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana daripada Switch biasa.

Nintendo telah meninggalkan bagian yang dapat dilepas seperti Joy-Cons. Selain itu versi kompak Nintendo ini juga terasa lebih kokoh dan jauh lebih ringan serta sangat sempurna pada genggaman pengguna.

Game console portable
Hilangkan stres dan temukan kebahagiaan dengan konsol game terbaik di sini!

Baca Juga: Review Nintendo Switch: Game Console Terpopuler dan Terlaris

6. Ergonomis Maksimal

Bermain games di Switch Lite diklaim tidak akan membuat tangan atau jari-jarimu pegal. Hal ini karena ia dihadirkan dengan desain yang begitu ergonomis. Membuat pengalaman gaming jadi jauh lebih nyaman.

7. Harga Lebih Murah

Bagian paling mengejutkannya adalah Switch Lite hadir dengan harga yang jauh lebih murah dari versi terdahulunya. Dengan selisih harga sekitar Rp 1,4 jutaan dibandingkan versi sebelumnya.

Nintendo Lite dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2,8 juta. Beda dengan versi lama yang dihargai Rp 4,2 jutaan saat dirilis pertama kali.

Kekurangan Nintendo Switch Lite

8. Tidak Mendukung Semua Game

Meski harganya lebih murah, Switch Lite tidak didukung dengan Joy-Cons miliknya.  Beberapa game juga tidak akan bekerja dengan sistem seperti versi sebelumnya.

Kamu tidak bisa lagi memainkan game yang menuntut adanya Joy-Cons, sehingga kehilangan fitur ini menjadi hal yang sangat krusial.

9. Tidak Dapat Terhubung ke Televisi

Perangkat Nintendo akan hadir dengan model game handheld portable layaknya Game Boy atau 3DS. Nintendo juga meninggalkan gaya gaming console yang dapat dimainkan di televisi.

Sehingga absennya nirkabel dan kabel akan meminimalisir desain kompak yang dimiliki Switch versi Lite ini.

10. Wajib Beli Controller Terpisah untuk Multiplayer

Nintendo sudah membuat keputusan mutlak dalam pembuatan konsol game terkompak miliknya. Jelas saja, dengan desain yang sedemikian rupa dibuat agar menjadi konsol game handheld, Switch Lite meninggalkan beberapa fitur, salah satunya tidak dapat hosting sesi permainan multiplayer.

Jika dibandingkan dengan Switch, kamu dapat secara langsung mengatur pertandingan pada beberapa game yang bersifat multiplayer dengan memberikan salah satu Joy-Cons ke pemain lain. Namun, sayangnya fitur ini absen pada Switch Lite.

game jadul
Ingin nostalgia dengan permainan seru di masa lalu? Cek game jadul pilihan terpopuler di sini!

Baca Juga: Daftar Game Terbaru untuk Switch, PS4, Xbox One dan PC

Spesifikasi Nintendo Switch Lite

  • Layar: Touch screen 6,2 inci, HD 1.280 x 720 piksel
  • Berat: 299.37 g
  • Chipset: Nvidia Custom Tegra
  • Internal Storage: 32 GB
  • External Storage: Kartu microSDHC atau microSDXC hingga 2TB
  • Wireless Connectivity: Wi-Fi, Bluetooth 4.1
  • USB: USB Type-C
  • Audio: Headphone jack 3.5mm
  • Sensor: Accelerometer, gyroscope, brightness
  • Baterai: 4.310 mAh (4,5-9 jam pemakaian)
  • Charging: Sekitar 3 jam (0-100 persen)

Baca Juga: Waktu Luang Lebih Seru dengan 10 Game Konsol Game Terbaik

Terbukti dengan adanya Nintendo Switch versi Lite akan memudahkan kamu bermain game favorit kamu di mana saja. Jika kamu lebih menyukai bermain di tempat tidur atau bisa dibawa ke mana saja, perangkat ini adalah jawabannya.

Nah, tunggu apalagi, Toppers? Segera temukan Nintendo Switch Lite dan konsol game terbaru lainnya dengan penawaran terbaik di Tokopedia!

jual perlengkapan gaming
Temukan berbagai perlengkapan gaming terbaikmu dengan harga terbaik di sini!

Bagikan Artikel