• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Realme 3: Solid di Tengah Persaingan Budget Phone

Share

Review Realme 3: Solid di Tengah Persaingan Budget Phone

Realme 3 merupakan smartphone powerful yang terbilang solid di tengah sengitnya persaingan segmen budget phone. Apa yang membuatnya bertahan?


Review Realme 3 – Realme telah menghasilkan beberapa perangkat dengan desain yang menarik dan harga sangat kompetitif. Salah satu yang jadi andalannya kini adalah Realme 3. Handphone ini hadir untuk ‘berperang’ di tengah maraknya budget phone di pasaran.

Smartphone yang tersedia secara resmi di Indonesia ini membawa spesifikasi hardware, kapasitas baterai hingga banderol harga yang membuatnya terlihat ‘seksi’ di mata para konsumen. Selain itu, ia juga bisa diandalkan untuk kebutuhan fotografi biasa.

Lalu, apa yang membuat Realme 3 bisa bertahan dengan solid di tengah-tengah persaingan begitu ketat? Dan, apa alasan untuk kamu memilih ponsel ini? Simak review selengkapnya!

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A30: Smartphone Terjangkau yang Penuhi Ekspektasi

Kelebihan Realme 3

1. Performa Memikat

kelebihan realme 3, kekurangan realme 3, spesifikasi lengkap realme 3
Sumber Gambar: Pocket Lint

Dengan dibekali chipset MediaTek Helio P60 , Realme 3 dapat bekerja dengan sangat baik. ‘Otak’ ini sendiri memiliki delapan inti pemrosesan (octa core) dan dibangun dengan teknologi fabrikasi 12 nanometer (nm).

Sehingga tak cuma kuat, prosesor ini juga canggih dan irit daya.

2. Desain Anggun yang Pas di Genggaman Tangan

kelebihan realme 3, kekurangan realme 3, spesifikasi lengkap realme 3
Sumber Gambar: Smartprix

Realme 3 membawa desain ponsel masa kini dengan poni dewdrop kecil di bagian atasnya. Perpaduan desain dan pilihan warna yang menarik, membuatnya terlihat makin atraktif.

Selain itu, ukuran layar yang hanya 6,2 inci dan tanpa bingkai, membuat Realme 3 sangat pas dalam genggaman tangan. Sangat cocok bagi kamu yang dambakan ponsel untuk penggunaan sehari-hari.

3. Kamera Sesuai Ekspektasi

kelebihan realme 3, kekurangan realme 3, spesifikasi lengkap realme 3
Sumber Gambar: Gizguide

Kamera Realme 3 menawarkan jepretan yang bukan abal-abal. Dilengkapi dengan dua kamera belakang 13 MP + 2 MP dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto dengan baik. Tersedia juga toogle zoom 2x yang berguna saat kamu ingin memperbesar subjek lebih detail.

Sedangkan kamera kamera depannya memiliki resolusi 13 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan baik. Selain itu, fitur nightscape membuat pengguna dapat menghasilkan foto dengan sempurna dan tajam pada saat malam hari.

4. Baterai ‘Badak’

kelebihan realme 3, kekurangan realme 3, spesifikasi lengkap realme 3
Sumber Gambar: YouTube/Geekyranjit

Berkapasitas 4.230 mAh, baterai Realme 3 diklaim dapat bertahan selama 10 jam pada saat menjalankan game PUBG. Jika dari 100 persen, perangkat ini dapat bertahan 2 hari penuh pada penggunaan normal dengan masih ada sisa baterai pada hari ketiga.

Jika brightness smartphone ini mencapai set maksimal, Realme 3 akan bertahan selama sekitar 7 jam. Terbukti baterai Realme 3 sangat kuat dan dapat menjadi pertimbangan untuk menjadi device kamu.

5. AI Face Unlock ala Realme

kelebihan realme 3, kekurangan realme 3, spesifikasi lengkap realme 3
Sumber Gambar: Tech Prolonged

Fitur ini dapat dengan cepat secara respon dan akurat. Realme 3 akan terbuka seketika saat kamu menampakan wajah pada kamera depan. Kecerdasan buatan (AI) ini memang hadir sebagai pelengkap dan pengukuhan bahwa ia adalah smartphone masa kini.

JUAL LENSA TELE SMARTPHONE
Zoom maksimal dengan handphone apa pun berkat lensa tele ponsel terbaik!

Baca Juga: Review Oppo F11 Pro: Smartphone Masa Kini yang Istimewa

6. Software Terbaru

Realme 3 beroperasi dengan Android Pie versi terbaru. Dengan ColorOS 6, Realme 3 merombak banyak perubahan baru dan perbaikan visual dari versi sebelumnya. Dalam hal desain, UI baru menggunakan latar belakang putih dengan warna gradien halus untuk penampilan yang bersih.

Sistem operasi ini memiliki beragam fitur menarik mulai dari dual-split multitasking, screenshot dengan 3 jari, kloning aplikasi, dan masih banyak lagi.

7. Triple Slot

Salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah, masih tersedianya slot khusus untuk kartu microSD. Beruntung untuk para pengguna, Realme 3 ini tidak menggunakan slot bertipe hybrid alias slot yang hanya dua buah saja.

Kekurangan Realme 3

8. Charging Tidak Begitu Cepat

Walaupun memiliki kapasitas baterai yang besar, Realme 3 ternyata memiliki kekurangan yang cukup signifikan. Baterai cukup besar, namun proses pengisian ulang dayanya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

9. Sidik Jari Kurang Responsif

Beberapa keluhan menyebut bahwa terkadang respon sidik jari dibilang cukup lambat dan tidak responsif. Hal ini membuat pengguna meninggalkan fitur ini dan lebih menggunakan PIN atau AI face unlock untuk keamanan.

Namun, kabarnya masalah ini bisa diatasi dengan pengaturan tertentu dan mungkin pembaruan perangkat lunak dari Realme sendiri.

10. Tidak Tahan Debu dan Air

Dengan segala aspek kelebihan yang apik, sayangnya Realme 3 tidak memiliki fitur tahan air dan debu. Di mana akan ada lebih banyak orang yang menyukainya jika fitur ini disematkan pada perilisan Realme selanjutnya.

Baca Juga: 12 Smartphone Tahan Banting dan Tahan Air Terbaik untuk Aktivitas Outdoor

Spesifikasi Lengkap Realme 3

  • Nama: Realme 3
  • Rilis: Maret 2019
  • Berat: 175 gram (g)
  • Material: Kaca (depan) dan bodi plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,22 inci
  • Resolusi Layar: HD+ 1.520 x 720 piksel
  • Proteksi Layar: Corning Gorilla Glass 3
  • Chipset: MediaTek Helio P60 (12 nm)
  • Prosesor: Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 + 4×2.0 GHz Cortex-A53)
  • RAM: 3 GB atau 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB atau 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD card hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/1.8, PDAF) + 2 MP (depth sensor)
  • Kamera Depan: 13 MP (f/2.0)
  • Bluetooth: 4.2 LE
  • USB: microUSB 2.0, mendukung USB On-The-Go (OTG)
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • NFC: Tidak ada
  • Waterproof: Tidak ada
  • Baterai: 4.230 mAh
  • Harga: Mulai dari Rp 1.799.000

Baca Juga: Review Vivo V15 Pro: Smartphone ‘Garang’ yang Futuristis

Realme 3 memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Keunggulannya mencakup desain yang indah, masa pakai baterai yang awet, pengalaman kamera yang kaya fitur, dan kemampuan bermain game yang bagus.

Performanya memang tidak bisa dibilang biasa, serta perangkat lunak bawaannya membuat pengalaman menggunakan ponsel jadi lebih menarik. Dengan banderol sekitar Rp 2 juta, ini bisa jadi pertimbangan tepat.

Bagaimana Toppers, tertarik? Temukan Realme 3 dan handphone terbaru lainnya dengan penawaran menarik hanya di Tokopedia!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

16 HP Vivo Terbaru: Spesifikasi & Harga Juni 2024
Gadget dan Teknologi
16 HP Vivo Terbaru: Spesifikasi & Harga Juni 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia