Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Xiaomi Redmi Note 10 5G: Fokus di 'Kecepatan'

06 January 2022
Share icon
Share
Review Xiaomi Redmi Note 10 5G: Fokus di 'Kecepatan'

Review kelebihan, kekurangan, spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 10 5G. HP yang mengandalkan kecepatan koneksi dan juga performa.


Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini sudah tersedia banyak handphone (HP) terjangkau dengan konektivitas 5G. Jika kamu mementingkan 'kecepatan,' maka Xiaomi Redmi Note 10 5G bisa menjadi pilihan yang cocok.

Dengan nama yang sangat mirip, Toppers mungkin mengira bahwa versi ini memiliki fitur-fitur yang sangat mirip dengan generasi sebelumnya, yaitu Redmi Note 10. Harga dari keduanya pun hanya beda tipis. Namun, kedua gawai Xiaomi ini memiliki fitur cukup berbeda.

Salah satu perbedaan yang paling jelas tentunya adalah kehadiran fitur 5G. Walaupun teknologi ini memikat di awal 'kelahirannya,' kamu juga perlu mempertimbangkan fitur-fitur lainnya. Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 9: Penerus HP Terlaris Sedunia

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 10 5G

Xiaomi Redmi Note 10 5G merupakan HP terjangkau dengan fitur-fitur yang premium. Berikut adalah beberapa kelebihannya yang menarik untuk disimak:

1. Dual SIM yang Mendukung 5G

Xiaomi Redmi Note 10 5G dilengkapi oleh slot Dual SIM dan mendukung penggunaan konektivitas 5G. Dengan 5G, koneksi internet kamu tentu akan semakin cepat.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur Smart 5G Power Saving. Fitur ini dapat mengubah konektivitas ponsel kamu antara 4G dan 5G secara otomatis tergantung pemakaian kamu, sehingga membuat konsumsi daya 30% lebih efisien dibanding ponsel 5G lainnya.

2. Layar 90Hz + Proteksi Gorilla Glass

Layar dari Xiaomi Redmi Note 10 5G yang dapat menghasilkan kualitas warna dan tingkat kecerahan memuaskan. Refresh rate 90 Hz juga membuat layarnya tampak sangat mulus. Kamu bisa atur refresh rate untuk berganti secara otomatis tergantung kebutuhan.

Selain itu, layarnya juga dilengkapi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3. Lapisan ini membuat layar perangkat lebih tahan terhadap goresan.

3. Chipset 'Ganas' Dimensity 700

Xiaomi Redmi Note 10 5G dilengkapi oleh chipset MediaTek Dimensity 700 berfabrikasi 7nm. Sebagai ponsel kelas menengah, chipset ini sudah cukup bertenaga untuk memastikan kenyamanan ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari.

Jika kamu sering menggunakan HP untuk gaming, chipset ini juga kuat untuk bermain beberapa game dengan pengaturan grafis paling tinggi. Hadirnya teknologi manufaktur 7nm juga membuat device lebih efisien.

4. Memori dan RAM yang Luas

Varian RAM yang tersedia pada Xiaomi Redmi Note 10 5G adalah 4GB dan 8GB. Dengan RAM 8GB, pengalaman gaming kamu tentu akan lebih mulus dan menyenangkan.

Ponsel ini juga tersedia dengan memori yang cukup luas, yakni 128GB. Kalaupun kamu masih belum puas dengan kapasitas tersebut, kamu bisa menambahkannya dengan microSD tambahan.

5. Desain Elegan dan Beda

Desain dari Xiaomi Redmi Note 10 5G tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya dan tetap tampil elegan. Bagian belakang dari ponsel ini terbuat dari plastik polikarbonat, sehingga lebih tahan terhadap bekas sidik jari.

Bobot dari ponsel ini juga cukup ringan dengan bobot 190 gram. Dengan dimensi 161,8 x 75,3 x 8,9 mm, ponsel ini cukup nyaman untuk digenggam dan digunakan dengan satu tangan.

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 10: Dijamin Lebih Laris!

6. Baterai Besar dengan Fast Charging

Baterai yang diusung oleh Xiaomi Redmi Note 10 5G memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya dalam pemakaian sehari-harimu.

Jika pemakaian ponsel kamu cukup banyak, kamu juga tidak perlu khawatir. Ponsel ini juga dilengkapi oleh fitur fast charging yang mencapai 18W.

7. Fitur NFC dan Infrared

Fitur konektivitas dari Xiaomi Redmi Note 10 5G juga cukup lengkap. Ponsel ini hadir dengan fitur NFC, yang memungkinkan kamu untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik. Infrared pun hadir untuk membantumu mengontrol perangkat elektronik seperti AC atau TV.

8. Kualitas Kamera Cukup Baik

Xiaomi Redmi Note 10 5G dilengkapi oleh 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera utama belakang memiliki resolusi 48 MP, ditemani oleh kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP.

Foto yang dihasilkan dari ponsel ini cukup tajam untuk ponsel kelas menengah dan warna yang dihasilkannya juga cukup natural. Mode malamnya pun juga dapat menghasilkan gambar yang cukup terang.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 10 5G

Dari segi nama, Xiaomi Redmi Note 10 5G tampak sangat mirip dengan generasi sebelumya. Namun dengan hadirnya fitur 5G, ada beberapa fitur lainnya yang berkurang, seperti:

9. Slot SIM Hybrid

Hadirnya slot Dual SIM memungkinkan penggunaan dua nomor berbeda. Namun, jika ingin menambahkan kartu microSD, kamu harus mengorbankan salah satu kartu SIM. Ini tak jadi masalah besar, karena memori yang tersedia terbilang cukup yakni 128GB.

10. Tidak Dilengkapi Layar AMOLED

Layar dari Xiaomi Redmi Note 10 5G tidak dilengkapi oleh panel AMOLED seperti Redmi Note 10 versi 4G. Ini bisa dikatakan sebagai sebuah penurunan.

Walaupun ponsel ini tidak memiliki panel AMOLED, layarnya sudah dilengkapi refresh rate 90Hz yang membuatnya lebih mulus saat menyuguhkan konten.

Baca Juga: Daftar HP Xiaomi NFC, Affordable dan Lengkap

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 10 5G

  • Nama: Xiaomi Redmi Note 10 5G
  • Rilis: 28 April 2021 (Global), 22 Juli 2021 (Indonesia)
  • Berat: 190 gram (g)
  • Material: Kaca depan menggunakan Gorilla Glass 3, bagian belakang polikarbonat, dan frame plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD, 90Hz, 6.5 inci, 102.0 cm2 (~83.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 pixels
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 4GB / 8GB
  • Memori Internal: 128GB
  • Kamera Belakang: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide) + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C 2.0
  • Sensor: Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh, fast charging 18W
  • Harga: Mulai dari Rp 2.749.000 (cek harga Xiaomi Redmi Note 10 5G selengkapnya)
Baca Juga: Daftar HP Xiaomi Terbaru dan Harganya

Beberapa aspek dari Xiaomi Redmi Note 10 5G bisa dikatakan mengalami sedikit penurunan dibanding generasi sebelumnya. Namun, hal tersebut dilakukan agar membuat smartphone ini dapat menghadirkan fitur 5G dengan harga tidak terlalu mahal.

Penurunannya pun juga tidak terlalu drastis dan ponsel ini tetap terasa premium.

Jika kamu ingin mendapatkannya dengan penawaran harga terbaik, temukan produknya di Tokopedia!

Beli Xiaomi Redmi Note 10 5G di Sini

Penulis: Keefe Adrian

#Review

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Editor Picks
    NFT, Masa Depan Seni Digital atau 'Fatamorgana'?
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia