• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Samsung Galaxy Z Flip 3: HP Futuristis yang Praktis

Share

Review Samsung Galaxy Z Flip 3: HP Futuristis yang Praktis

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3. Smartphone lipat masa kini yang canggih dan futuristis.


Samsung merilis smartphone lipat canggih Galaxy Z Flip pada 2020 yang menarik banyak perhatian pecinta gadget. Setahun berselang, pabrikan asal Korea ini melompati angka “2” dengan merilis Galaxy Z Flip 3.

Handphone (HP) berlayar lipat ini memiliki banyak keunggulan terbaru dan dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan pendahulunya. Ada beberapa keunggulan yang Samsung sediakan termasuk chipset bertenaga dan juga cover screen yang luas.

Device unggulan ini memiliki varian warna yang lebih banyak dari pendahulunya yang hanya mirror purple, mirror black, dan mirror gold. Kini Samsung melengkapinya dengan tambahan warna cream, green, lavender, dan phantom black yang menawan lengkap dengan aksesoris.

Baca Juga:

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 3

Ponsel lipat yang canggih terbaru ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendahulunya. Mulai dari cover screen lebih besar, ketahanan terhadap air, dan mendukung jaringan 5G. Berikut daftar kelebihannya:

1. Memiliki Cover Screen

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy z flip 3

Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 menyediakan layar sekunder atau cover screen yang memiliki kualitas Super AMOLED 1.9 inci yang memiliki resolusi 250 x 512 piksel. Layar cover screen ini lebih besar dibandingkan Galaxy Z Flip pendahulunya karena hanya memiliki cover screen 1.1 inci.

Layar cover screen dapat memberikan kemudahan informasi yang ditampilkan dalam layar kecil, seperti tingkat kecerahan, volume, quick setting, Samsung Pay, dan widget.

Uniknya, cover screen Samsung Galaxy Z Flip 3 ini mendukung fitur Quick Shot yang berfungsi untuk menangkap gambar dan merekam video melalui kamera utama tanpa perlu membuka lipatan ponsel.

Kamu dapat mengubah pilihan lensa wide atau ultra wide hanya dengan menggeser cover screen ke atas dan ke bawah, jika ingin mengubahnya ke dalam mode video, kamu bisa menggesernya ke kiri atau kanan. 

Hasil foto dapat dilihat dengan praktis dengan tampilan pratinjau yang ditampilkan ketika sudah berfoto.

2. Kualitas Layar AMOLED 2X

Layar yang responsif dengan refresh rate 120 Hz pada layar Infinity Flex 6.7 inci menghadirkan scrolling yang mulus dan lancar dengan pengoptimalan kecepatan refresh rate sesuai dengan kebutuhan.

Dengan kombinasi Dynamic AMOLED 2X, Touch sensitivity menjadi 240 Hz, hal ini naik dua kali (2X) lipat dari sebelumnya. Response time menjadi 46,6 ms, naik 45 persen dari 83,4 ms di Galaxy S10 ataupun Note 10. 

Tentunya, layar berkualitas ini sudah dilengkapi sertifikasi TUV Rheinland yang dapat melindungi mata dari efek cahaya biru.

3. Chipset Bertenaga

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy z flip 3

Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 menambah koleksi deretan ponsel terbaru dengan chipset bertenaga paling baru, yaitu Snapdragon 888 5G (5 nm). 

Chipset besutan Qualcomm ini lebih kencang dari versi sebelumnya dengan GPU Adreno 660 yang melakukan proses rendering 35 persen lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi daya baterai hingga 20 persen. 

Dari segi konektivitas, chipset ini sudah memakai modem Snapdragon X60 5G yang mendukung sub-6 dan mmWave dari jaringan 5G dengan kecepatan downlink 7,5 Gbps dan uplink hingga 3 Gbps.

Dengan keunggulan ini, bisa dibilang, Samsung Galaxy Z Flip 3 merupakan HP lipat canggih yang nyaman digunakan untuk bermain game atau melakukan aktivitas multitasking secara efektif tanpa adanya lag.

4. Memiliki Ketahanan Air

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy z flip 3

Sumber Gambar: Samsung

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Z Flip 3 adalah ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Fitur terbaru ini membuat ponsel lipat dapat bertahan apabila terjatuh, terkena debu, atau terendam air dengan kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Dalam perilisannya, Samsung mengklaim bahwa Samsung Galaxy Z Flip 3 ini merupakan satu-satunya perangkat foldable series yang dibekali dengan water resistance.

5. Kemudahan Multitasking

Bagi layar menjadi dua bagian dan lakukan banyak tugas secara multitasking layaknya seorang profesional. Kamu dapat menyetel lagu di YouTube dengan kualitas Dolby Atmos yang dilengkapi speaker stereo sekaligus mengirim pesan teks kepada teman.

Jika kamu mempunyai aplikasi yang tidak mendukung fitur multitasking, kamu dapat mengaktifkan lab di pengaturan untuk menambahkannya ke pengaturan layar terpisah (split screen).

Baca Juga:

6. Ukuran Pas di Kantong!

spesifikasi samsung galaxy z flip 3

Sumber Gambar: Samsung

Sebuah ponsel yang bisa dilipat tentunya memiliki ukuran yang cukup kecil dan ringkas. Saat dilipat, Samsung Galaxy Z Flip 3 akan berukuran 4.2 inci, hal ini memudahkan kamu untuk memasukkannya ke dalam saku pakaian dengan ruang yang kosong.

Tentunya, Samsung Galaxy Z Flip 3 ini tidak akan memakan banyak tempat saat disimpan di mana pun, Toppers.

7. Mendukung Jaringan 5G

Meski masih dalam tahap perkembangan jaringan 5G di Indonesia, Samsung Galaxy Z Flip 3 menyediakan smartphone 5G yang tentunya dalam tahap kerja sama untuk mendukung band n3 (layanan 5G Indosat) dan n40 (layanan 5G Telkomsel) dalam jaringan 5G.

Dengan bantuan chipset Snapdragon 888 5G, jaringan ponsel ini akan berjalan secara maksimal dengan akses kecepatan tinggi untuk memudahkan segala aktivitasmu. Aktivitas unduhan dapat berjalan dengan cepat dan latensi rendah.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip 3

Dengan banyaknya keunggulan yang ada, termasuk chipset bertenaga hingga kemudahan multitasking, tetapi ada juga kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai berikut:

8. Hanya Memiliki Dual Camera

Dari segi kamera Samsung masih mempertahankan Samsung Galaxy Z Flip 3 sama dengan pendahulunya yang mengandalkan dau kamera yang terdiri dari sensor kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), serta kamera selfie beresolusi 10 MP (f/2.4).

Di saat ponsel Samsung terbaru lainnya memakai triple camera yang canggih, ponsel ini masih memakai dua kamera.

9. Kapasitas Baterai Kurang Besar

spesifikasi samsung galaxy z flip 3

Sumber Gambar: Samsung

Kapasitas baterai menjadi salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan saat ingin membeli sebuah smartphone. Dengan kapasitas kamera yang besar, tentunya kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan seharian tanpa khawatir kehabisan baterai.

Samsung Galaxy Z Flip 3 hanya memiliki kapasitas baterai 3.300 mAh, hal ini bisa disebabkan oleh bentuk fisik ponsel ini yang bisa dilipat, sehingga penyimpanan baterai dalam bodi ponsel tidak terlalu besar. Namun, prosesor yang irit daya dan antarmuka yang efisien membuat penggunaan baterai bisa lebih tahan lama.

10. Tidak Memiliki Slot Memory Card

Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 tidak dilengkapi slot memory card di dalam ponselnya, hal ini juga berlaku sama seperti ponsel Samsung terbaru lainnya. Meskipun begitu, hal ini bukan suatu masalah yang besar karena ruang penyimpanan cukup besar, yaitu 128 GB atau 256 GB.

Baca Juga:

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip 3

  • Nama: Samsung Galaxy Z Flip 3
  • Rilis: 27 Agustus 2021
  • Berat: 183 gram (g) 
  • Dimensi: 166 × 72,2 × 6,9 mm (unfolded) & 86,4 × 72,2 × 15,9-17,1 mm (folded)
  • Material: Depan plastik, belakang kaca (Gorilla Glass Victus), bingkai aluminium
  • Jenis dan Ukuran Layar: Foldable Dynamic AMOLED 2X 6.7 inci (rasio layar ke bodi ~84.7%), Cover Display: Super AMOLED. 1.9 inci, 260 x 513 piksel
  • Resolusi Layar: Resolusi Full HD+ 1080 x 2640 piksel (~426 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 8 GB
  • Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1.1
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.8, wide, Dual Pixel PDAF, OIS) + 12 MP (f/2.2, ultrawide) 
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.4, wide)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer Samsung Pay
  • Baterai:  3.300mAh non-removable (fast charging 15W, fast wireless charging 10W
  • reverse wireless charging 4.5W)
  • Harga Resmi: Mulai dari Rp14.999.000 (cek harga harga Samsung Galaxy Z Flip 3 selengkapnya)

Baca Juga:

Samsung Galaxy Z Flip 3 tentunya bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang mencari ponsel canggih untuk kebutuhan multitasking yang tentunya memiliki ukuran ringkas. Dengan berbagai keunggulan yang disediakan, tentunya kamu akan mendapatkan pengalaman menarik dalam penggunaan ponsel.

Ponsel lipat yang satu ini sudah bisa dipesan melalui situs resmi Samsung dan tentunya di Samsung Official Store di Tokopedia. Yuk, dapatkan dengan penawaran terbaik!

Beli Samsung Galaxy Z Flip 3 di Sini

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia