• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Cara Self Healing Terbaik, Efektif Menyembuhkan Luka Batin

20 September 2022

Share

11 Cara Self Healing Terbaik, Efektif Menyembuhkan Luka Batin

Self healing akan menuntun kamu untuk memaafkan diri sendiri, memahami diri sendiri, dan menyelesaikan hal-hal dimasa lalu yang masih mengikatmu.


Apakah kamu pernah bertemu salah seorang disekitarmu yang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan hingga meninggalkan luka dan trauma dari masa lalu? Atau mungkinkah itu kamu yang tengah mengalami kegagalan dan penyesalan hingga akhirnya mengekang langkahmu untuk maju?

Bila benar kamu atau salah seorang disekitarmu sedang merasakan hal tersebut, jangan pernah merasa sendiri, setiap orang berhak untuk bahagia dan kamu pasti bisa berdamai dengan rasa trauma tersebut. Kamu dapat menyembuhkan rasa tersebut dengan melakukan self healing.

Self healing adalah proses yang perlu dilalui untuk memulihkan gambaran diri. Tujuan melalui proses ini adalah supaya kamu semakin mengenal diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan diri dan bangkit dari rasa penyesalan dan kegagalan yang sempat menghantui. 

Bila kamu sanggup melewati proses self healing, kamu akan kembali sebagai pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya, lebih kuat dan mampu berdiri diatas permasalahan dan masa lalu yang pernah kamu hadapi.

Baca Juga: Depresi, Gangguan Mental Health yang Beresiko Ancam Jiwa

Cara Self Healing yang Ampuh

Dalam menjalani proses self healing kamu perlu melakukan beberapa hal, termasuk melawan pikiran negatif dan berdamai dengan diri sendiri, selain itu ada beberapa tips yang juga dapat mendukung proses self healing:

1. Sugesti Diri untuk Melawan Pikiran Negatif

Sebuah bola kuning dengan emot senyum di atas rumput basah.

Sumber Gamber: Unsplash

Saat kamu tengah tenggelam dalam pikiran sendiri, apa saja yang kamu katakan dan pikirkan saat itu akan menentukan bagaimana diri kamu menanggapi dan menghadapi masalah.

Seringkali seseorang tanpa sadar sedang memelihara pikiran negatif dengan membiasakan diri mengatakan hal yang buruk terhadap dirinya sendiri. Kamu bisa mulai mensugesti diri untuk mengucapkan kata-kata yang positif setiap kali merasa terpuruk.

Mengucapkan dengan lantang dalam diri bahwa kamu mampu dan bisa melawan pikiran negatif akan mendorong kamu pelan tapi pasti untuk bangkit dari segala keterpurukan.

2. Membuat Jarak Fisik Sejenak

Seorang pria berada di atas bukit menghadap matahari yang ingin terbit.

Sumber Gamber: Unsplash

Bila kamu merasa terganggu dalam situasi tertentu atau merasa lingkungan kamu kurang mendukung proses self healing, maka tidak masalah bila kamu membuat jarak fisik sejenak.

Kamu bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membuat kamu semakin kesal atau kecewa pada diri sendiri, setelah kamu merasa lebih baik, kamu bisa perlahan kembali mendekatkan diri.

3. Memberikan Ruang pada Diri Sendiri

Self Healing

Sumber Gamber: Pexels

Memberikan ruang pada diri sendiri bertujuan untuk memberikan ketenangan dan pengenalan akan diri sendiri lebih dalam, dalam waktu-waktu tertentu kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu senangi seorang diri.

Dengan cara tersebut kamu dapat melupakan pikiran negatif dan merenungi sejenak sudah sejauh apa perjalanan yang kamu lewati, pikirkan hal-hal yang menyenangkan dan sadari bahwa kamu begitu berharga dan pantas untuk bahagia.

4. Menerima Kondisi dan Keadaan Diri

Seorang wanita memeluk erat selimut.

Sumber Gamber: Unsplash

Kadang akan sampai titik dimana akan sangat sulit menerima kondisi dan keadaan diri, begitu sulitnya hingga pikiranmu akan dipenuhi dengan pikiran negatif dan rasa gagal atau penyesalan.

Merasa sedih dan kecewa akan keadaan dan kondisi diri merupakan hal yang wajar, namun jangan sampai hal tersebut menghentikan langkahmu bahkan membuat kamu merasa tidak berharga atau tidak berarti, kamu harus memaafkan dan menerima kondisi diri.

5. Berdialog Bersama Diri Sendiri

Seorang wanita tengah duduk merenung dekat jendela.

Sumber Gamber: Unsplash

Kadang kamu perlu jujur dengan diri sendiri untuk mengungkapkan hal-hal yang selama ini masih tersembunyi dalam diri kamu.

Kamu bisa berdialog dengan diri sendiri ketika berkendara atau berada didepan cermin, kamu bisa melakukannya dengan berterima kasih atas segala pencapaian kamu hingga hari tersebut, kamu masih bisa bertahan dan melewati semuanya juga merupakan pencapaian yang luar biasa.

Kamu juga bisa memaafkan diri atas segala kesalahan dan penyesalan  yang pernah terjadi dalam hidup kamu dan mulai berjalan maju saat kamu telah siap.

Baca Juga: Inilah Deretan Cara untuk Mengatasi Insomnia dan Tidur Teratur

6. Biarkan Emosi Negatif Kamu Mengalir

Seorang bocah menggunakan kaca mata bendera amerika serikat sedang berteriak.

Sumber Gamber: Unsplash

Biarkan emosi negatif dari diri kamu sendiri mengalir, jangan terlalu ditahan atau dipendam, emosi ini dapat berupa kesediham, kekecewaan, kemarahan termasuk penyesalan.

Bila emosi ini terus kamu tahan maka akan menghalangi proses self healing dan membuat kamu terjebak dalam lingkaran hal-hal negatif tanpa selesai.

7. Melakukan Perawatan Diri

Perawatan Diri

Sumber Gamber: Pexels

Ketika kamu terluka secara mental, mungkin tidak akan terlihat secara langsung oleh mata, mempraktikkan perawatan diri dapat kamu lakukan dengan menetapkan batasan, mengatakan tidak pada hal yang memberatkan kamu, termasuk memprioritaskan kebutuhan dan hal-hal yang dapat membuat kamu nyaman.

Semakin kamu menerapkan perawatan diri, maka rasa sakit yang tengah kamu rasakan akan pudar perlahan-lahan dan diganti dengan pemikiran yang lebih positif.

8. Kelilingi Diri dengan Orang-orang yang Mendukungmu

Mendukung

Sumber Gamber: Pexels

Berada dalam lingkungan yang mampu menerima kamu apa adanya akan mempercepat proses self healing yang kamu lalui, jangan ragu untuk keluar dari lingkungan yang merugikan kamu.

Kamu pasti bisa menemukan orang-orang yang mendukung proses self healing kamu, tidak hanya mendukung, mereka juga bahkan menerima dan menghargai keadaan dan kehadiran kamu dalam kehidupan mereka.

9. Carilah Bantuan Profesional

Seorang pria sedang berkonsultasi dengan psikolog.

Sumber Gamber: Pexels

Jangan pernah ragu untuk mencari bantuan profesional, bila kamu merasa kesulitan dan tidak sanggup melepaskan diri dari pengalaman dan rasa trauma yang menyakitkan, kamu bisa berbicara langsung dengan seseorang yang profesional.

Kamu bisa terbuka sepenuhnya tanpa takut akan dihakimi akan cerita dan keputusan yang kamu buat.

Jangan takut karena seorang yang profesional telah memiliki pengalaman dan hadir untuk mengarahkan kamu mengambil keputusan yang tepat untuk terlepas dari hal-hal yang membuat kamu trauma tersebut.

10. Berdamai dengan Diri Sendiri

Seorang wanita tengah merasakan kenikmatan matahari pagi.

Sumber Gamber: Unsplash

Kamu mungkin pernah menyebabkan sesuatu yang buruk terjadi atau mungkin kamu pernah merasakan trauma, kekecewaan dan kesedihan yang sangat mendalam, namun kamu tidak boleh menyalahkan diri terus menerus.

Kamu harus memaafkan diri dan melanjutkan hidup, berdiam dalam perasaan bersalah dan takut tidak akan membawa kamu kemanapun, kamu harus belajar melepaskan dan berdamai dengan masa lalu.

11. Mencari Kegiatan Positif

Membaca buku adalah salah satu kegiatan positif.

Sumber Gamber: Unsplash

Ketika melalui proses self healing, kamu perlu menyaring hal-hal negatif yang ada disekelilingmu, untuk menghindari hal-hal tersebut kamu bisa mencari kegiatan positif yang dapat mengalihkan perhatianmu dari hal-hal negatif.

Kamu bisa mulai dengan mencari hobi baru, mendengarkan musik, membaca buku atau melakukan travelling sendirian. Kamu bisa bertemu orang baru dan masuk dalam komunitas baru yang akan mendukung pertumbuhan diri kamu menjadi lebih baik.

Baca Juga: Berbagai jenis Olahraga yang Baik Dilakukan di Malam Hari, Tubuh Sehat & Bugar!

Itulah beberapa tips yang dapat membantu proses self healing diri kamu. Tidak perlu tergesa-gesa dan memaksakan diri untuk pulih. Kamu boleh bersedih dan kecewa secukupnya, namun jangan lupa bahwa kebahagiaan diri kamu adalah hal yang paling utama.

Ingin berbelanja lebih murah dan hemat? Yuk ikuti promo 10.10 dan promo minggu ini di Tokopedia supaya kamu bisa shopping apapun yang kamu mau dengan murah dan lebih hemat! Dapatkan juga gratis ongkir dan cashback untuk setiap pembelian di aplikasi Tokopedia.

produk kesehatan

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel

© 2009-2024, PT Tokopedia