15 Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun

0
37528
tanaman hias daun
Sumber Gambar: Leon & George

Jenis tanaman hias daun terpopuler, ruangan indoor maupun outdoor jadi lebih asri dan anggun. Cocok bagi hunian jenis apa pun!


Keberadaan tanaman hias di rumah merupakan cara untuk tambah keindahan sekaligus nuansa segar dan asri di dalam hunian, terutama tanaman hias daun.

Berbeda dengan tanaman hias bunga, tanaman hias daun justru memiliki daya tarik dari daun-daunnya yang kehijauan dan memiliki corak atau bentuk yang unik.

Beberapa jenis tanaman hias dengan daun yang memikat inilah yang kemudian banyak difavoritkan orang. Dan, bahkan membuat harganya terbilang tidak masuk akal. Tapi, tidak perlu menghamburkan banyak uang, tetap banyak tersedia macam tanaman hias daun cantik berharga terjangkau.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Bunga: Cantik untuk Indoor dan Outdoor

Jenis Tanaman Hias Daun Indoor dan Outdoor

Tertarik hadirkan nuansa lebih asri di rumah lewat tanaman hias daun? Intip rekomendasi jenis tanaman hias daun terpopuler berikut ini:

1. Gelombang Cinta

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Tanaman hias daun satu ini merupakan salah satu yang paling populer. Terkenal akan bentuk daunnya yang besar dan bergelombang, tanaman gelombang cinta ini tepat dijadikan tanaman hias baik untuk menghias taman ataupun mengisi pojok ruang atau teras rumah.

2. Lidah Mertua

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Tak kalah populer dari tanaman hias daun sebelumnya, Sansevieria yang lebih terkenal dengan nama Lidah Mertua adalah tanaman hias daun lainnya yang bisa Toppers pilih untuk melengkapi koleksi tanaman hias dirumah.

Memiliki pola daun memanjang keatas dengan aksen warna menguning pada bagian pinggirannya, tanaman hias daun ini juga digemari karena khasiatnya mengurangi radiasi dan juga polusi udara.

3. Sirih Gading

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Sangat mudah dirawat dan ditemukan, Sirih Gading bisa menjadi alternatif tanaman hias daun selanjutnya untuk menghiasi taman rumahmu. Sifatnya yang merambat membuat tanaman hias daun ini tepat untuk menghiasi dinding atau dijadikan tanaman gantung.

Warnanya yang hijau cerah membuat suasana menjadi lebih segar dengan kehadiran tanaman Sirih Gading ini.

4. Suplir

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Flora dan Fauna

Selain tanaman Sirih Gading, tanaman hias daun lain yang juga bisa jadikan tanaman gantung adalah Suplir. Telah lama populer di Indonesia, Suplir termasuk tanaman hias daun yang cukup mudah ditemui dan mudah dirawat karena habitatnya yang lembab sesuai dengan iklim Indonesia.

5. Tanduk Rusa

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Dikenal juga dengan nama Simbar Menjangan, Tanduk Rusa adalah tanaman hias daun yang sangat umum ditemui di negara-negara beriklim tropis

Untuk bisa menanam tanaman ini, Toppers harus memiliki pohon untuk dijadikan ‘inang’ agar tanaman ini bisa hidup. Bentuknya yang sangat unik membuat tanaman hias daun ini sangat populer.

Baca juga: Tanaman Hias Cantik Pengusir Nyamuk Paling Ampuh di Rumah

jual furnitur kayu minimalis
Lengkapi gaya rumah minimalis dengan furnitur modern terlengkap di sini!

6. Sri Rejeki

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Sri Rejeki atau Aglaonema adalah tanaman hias daun yang cukup populer di Indonesia. Umumnya, tanaman ini tak tahan terhadap sinar matahari langsung sehingga lebih sering dijadikan hiasan untuk di dalam ruangan.

Salah satu alasan mengapa tanaman hias daun ini digemari adalah kepercayaan masyarakat yang percaya bahwa tanaman ini bisa membawa keberuntungan.

7. Daun Puring

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Flora dan Fauna

Tak semua tanaman hias daun identik dengan warna hijau yang asri dan menyejukkan, ada pula tanaman hias daun yang disukai justru karena daun dari tanaman tersebut memiliki warna-warna cerah yang mencolok seperti Tanaman Hias Daun Puring.

Hadir dengan warna kemerahan dan keunguan yang bergradasi dengan hijaunya daun menjadikan suasana taman bisa jadi lebih hidup.

8. Lili Paris

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Tokopedia

Lili Paris merupakan alternatif tanaman hias daun untuk Toppers yang memiliki lahan terbatas karena ukuran tanaman ini yang tak terlalu besar. Tak hanya ditanam di taman atau pot bunga, Lili Paris juga bisa dijadikan tanaman gantung.

Tanaman hias daun satu ini juga sangat mudah dirawat dan mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias outdoor ataupun indoor.

9. Pucuk Merah

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Flora dan Fauna

Sesuai dengan namanya, tanaman hias daun selanjutnya ini memiliki bagian pucuk tunas yang berwarna kemerahan. Tanaman ini bisa tumbuh menjadi besar dan rimbun sehingga kerap dijadikan sebagai tanaman pagar atau pembatas di taman.

10. Kuping Gajah

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Tokopedia

Satu lagi tanaman hias daun populer Indonesia yang wajib melengkapi koleksi tanaman di taman, Kuping Gajah. Dinamakan Kuping Gajah karena tanaman hias satu ini memiliki bentuk daun yang melebar.

Ditambah tulang daun menjari yang berwarna kontras dari warna daun membuat tampilan tanaman hias daun ini semakin menarik.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan di Rumah

jual furniture lokal
Lengkapi isi rumah dengan furniture lokal berkualitas dan tentunya terjangkau di sini!

11. Monstera

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Tanaman hias daun satu ini merupakan salah satu tanaman dekorasi kekinian yang sangat digemari saat ini. Bentuk daun menjadi dengan ciri khas lubang-lubang membuat Monstera sangat unik dan kerap menjadi pilihan dekorasi asri untuk hunian-hunian modern masa kini.

12. Calathea

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Wikipedia

Karakteristik dari Calathea adalah warna daun yang belang-belang membuat tampilannya mampu memberikan warna berbeda pada taman di rumah. Tanaman hias daun ini sendiri memiliki banyak varian yang menawarkan pola serta komposisi warna yang berbeda-beda.

13. Begonia

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Info Argibisnis

Begonia adalah salah satu tanaman hias daun yang sangat digemari oleh pecinta tanaman hias di luar negeri. Namun, tanaman hias daun yang memiliki ciri khas warna-warna kontras dan pola simetris pada dunnya ini baru populer di Indonesia belum lama ini.

Untuk Toppers yang bosan dengan warna hijau yang monoton, tanaman Begonia bisa jadi alternatif untuk menambah koleksi tanaman hias daun ini.

14. Kadaka

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Grid

Tanaman dengan nama latin Aspienium Scorpio dan juga lebih dikenal dengan nama Pakis Sarang Burung adalah tanaman hias daun yang tak kalah cantik dan cukup mudah tumbuh dan dirawat.

Ciri dari tanaman hias daun ini adalah warna hijaunya yang cerah serta daun memanjang dengan pinggiran yang bergelombang.

15. Daun Dollar

Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: Tokopedia

Daun Dollar yang memiliki nama lain Daun Dollar adalah tanaman hias daun yang unik karena daunnya yang tebal dan tampilannya yang mengkilap, membuat tanaman ini terlihat seperti tanaman plastik.

Tanaman hias daun satu ini sangat cocok untuk dijadikan dekorasi asri dalam ruangan. Satu lagi daya tarik dari tanaman ini adalah kepercayaan bahwa tanaman ini mampu mendatangkan keberuntungan.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Gantung Terbaik untuk Taman Kecil

Sudah temukan tanaman hias daun yang paling pas untuk lengkapi taman atau dekorasi rumah? Agar tanaman hias daun tetap subur dan segar, jangan lupa lengkapi peralatan taman, mulai dari pot tanaman, hingga pupuk, yang bisa Toppers temukan dengan mudah di Tokopedia!

Jual Pupuk Organik Tanaman
Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!