4 Tanda Si Kecil Sudah Siap Disapih

0
101
hal yang harus diperhatikan agar bayi tidur nyenyak - buat kamar tenang dan tidak berisik sehingga mengganggu bayi
sumber foto: cnn.com

ASI memang sumber nutrisi terbaik untuk si kecil. Namun, dalam waktu tertentu saat bayi sudah mulai besar, ada saatnya anak untuk berhenti menyusui. Untuk itu, diperlukannya teknik sapih untuk memulai menghentikan si kecil menyusui.


Tanda si Kecil Sudah Siap Disapih – Proses menyapih anak akan terasa lebih mudah di saat Bunda dan si kecil sudah siap. Menyapih memang bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari membiasakan anak tidak menyusui sebelum tidur, mengurangi waktu anak menyusui dan lain sebagainya.

Sering kali anak pun memberikan tanda kepada Bunda bahwa ia sudah siap untuk disapih. Sehingga tidak ada paksaan dan proses sapih jadi terasa lebih alami. Nah, berikut adalah beberapa tanda si kecil yang sudah siap disapih:

BACA JUGA: Bayi Tumbuh Gigi: 5 Hal yang Bunda Perlu Persiapkan

Tanda Si Kecil Sudah Siap Disapih

1. Proses Tumbuh Kembang Sang Anak

Secara umum, tanda anak yang sudah siap untuk disapih adalah anak yang sudah bisa makan makanan padat untuk lengkapi nutrisinya. Pertumbuhan tubuh anak juga bisa jadi tanda si kecil sudah siap disapih, karena proses pertumbuhan anak berbeda-beda.

Contohnya, saat si kecil sudah bisa duduk tegak. Hal ini memungkinkan si kecil untuk bisa minum susu secara tegak, tanpa harus tiduran. Sehingga mengurangi risiko tersedak. Lalu, di saat anak sudah bisa menggenggam suatu benda semakin kuat juga bisa jadi tanda anak siap disapih. Sehingga ia memiliki kemampuan koordinasi yang baik untuk menggenggam botol susu atau gelas.

2. Rewel Saat Menyusui

Ciri atau tanda lainnya adalah si kecil merasa tidak nyaman dan tidak betah saat proses menyusui. Biasanya ia akan mencoba untuk menghisap ASI dalam waktu yang hanya sebentar. Selain itu, juga terlihat ia tidak tenang saat menyusui dan cenderung terburu-buru.

Agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi, Bunda bisa memberikan ASI atau susu formula melalui botol susu. Cara menyapih satu ini juga dapat membiasakan diri si kecil dan membuatnya tidak kaget atas perubahan cara menyusui dan pola makan.

jual pakaian anak terlengkap
Penuhi lemari si kecil dengan baju, celana dan aksesoris fashion anak favoritnya!

3. Suka dan Memilih Minum Susu Menggunakan Gelas

Di usia anak yang sudah menginjak dua tahun, mereka akan memiliki kemampuan koordinasi motorik halus yang lebih baik. Seperti mampu menggenggam gelas dengan lebih baik dan stabil. Dengan hal ini, memungkinkan si kecil meminta untuk minum susu di gelas.

Saat anak sudah mencapai fase ini, mulailah memberikan susu pada gelas plastik sehabis ia makan. Hal ini merupakan salah satu cara tepat untuk mulai menyapih. Tunjukkan lah rasa bahagia atau berikan si kecil penghargaan sederhana setelah ia berhasil meminum susu di gelas. Seperti Bunda bisa memeluknya dan membelainya dan memberikan penjelasan bahwa sebagai anak besar, meminum susu kini boleh menggunakan gelas.

4. Tertarik dengan Makanan Orang Lain

Tanda si kecil sudah siap disapih lainnya adalah ia tertarik dengan makanan orang lain. Ia menunjukkan ketertarikan kepada makanan yang Bunda makan. Anak akan cenderung meminta untuk disuapi atau membuka mulutnya. Di saat fase ini, Bunda bisa memulainya dengan memberikan makanan sehat untuk lengkapi nutrisinya, seperti buah-buahan.

Untuk menambah ketertarikan si kecil dengan makanannya, Bunda bisa kreasikan makanan semenarik mungkin. Seperti menggunakan piring dan gelas dengan gambar karakter kesukaannya, atau bentuk makanan yang unik.

BACA JUGA: Bunda Harus Tahu! Ini Dia Cara Tepat Bersihkan Popok Kain Bayi

Nah, tanda di atas adalah ciri-ciri anak yang sudah siap untuk disapih. Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda di atas, Bunda mulailah untuk mempersiapkan diri untuk mulai menyapih si kecil. Jangan lupa juga siapkan berbagai makanan pelengkap untuk melengkapi nutrisi si kecil.

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel