• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

20 Tempat Wisata Alam Kulon Progo Paling Seru dan Terbaru

25 April 2022

Share

20 Tempat Wisata Alam Kulon Progo Paling Seru dan Terbaru

Cocok untuk liburan, berikut daftar tempat wisata alam Kulon Progo yang paling hits dan terbaru. Yuk, simak selengkapnya!


Wisata Kulon Progo kini bisa menjadi alternatif buat kamu yang berencana liburan ke Yogyakarta. Berbeda dengan destinasi-destinasi wisata di Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo lebih banyak menawarkan sensasi berwisata dengan nuansa alam. Wisata Kulon Progo menyimpan sejumlah atraksi maupun keindahan alam yang menarik untuk dijelajahi. Meskipun memang masih jarang terdengar dan kurang familiar, tapi kamu nggak bakal menyesal menjelajah ke Kulon Progo. Untuk kamu yang ingin mendaki gunung, masuk goa, bermain air, hingga wisata rohani, kamu bisa berkunjung ke Kulon Progo. Di bawah ini berbagai rekomendasi wisata Kulon Progo terbaru.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta untuk Dikunjungi di Malam Hari

Tempat Wisata Kulon Progo yang Hits

Kulon Progo terkenal dengan wisata alamnya, sehingga cocok dijelajahi bersama teman atau keluarga terdekat. Berikut beberapa rekomendasi wisata Kulon Progo yang bisa kamu kunjungi. Simak sampai habis ya, Toppers!

1. Kalibiru

tempat wisata kulon progo

Sumber gambar: Koran Kampus IPB

Popularitas Kalibiru membuat destinasi wisata satu ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya ketika akhir pekan. Saking indahnya, suasana pagi ataupun senja tak luput dari incaran pengunjung. Perjalanan yang harus kamu tempuh untuk bisa sampai ke Desa Wisata Kalibiru ini tidak terlalu sulit, namun butuh berhati-hati. Sebaiknya bawalah kendaraan yang kondisinya prima sehingga tanjakan demi tanjakan dapat ditaklukkan dengan mudah.

  • Alamat: Waduk Sermo, Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000

2. Air Terjun Kedung Pedut

tempat wisata kulon progo

Sumber gambar: Dinas Pariwisata Kulon Progo

Air terjun ini memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut. Sesuai namanya, kedung dalam bahasa jawa artinya kolam sedangkan pedut artinya kabut. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kulon Progo. Di sini, kamu bisa seru-seruan main air dan berendam di kolam sepuasnya. Area sekitar air terjun merupakan hutan hujan tropis yang tampak sangat menyejukkan sekali.

  • Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
  • Harga Tiket: Rp5.000

3. Tebing Gajah

tempat wisata kulon progo, tebing gajah

Sumber gambar: Visiting Jogja

Di tempat wisata ini, ada banyak spot-spot foto yang instagramable buat kamu. Kontur dataran tinggi di Kulon Progo memang selalu menarik untuk ditelusuri. Selain itu, ada juga arena outbound dengan permainan yang memacu adrenalin seperti flying fox atau menyeberangi satu pohon dengan pohon yang lainnya dengan jembatan kayu

  • Alamat: Jl. Sermo - Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
  • Harga Tiket: Rp5.000

4. Goa Kiskendo

tempat wisata kulon progo, goa kiskendo

Sumber gambar: Satusatuen

Goa Kiskendo merupakan salah satu tempat wisata yang lagi hits juga. Goa ini masih dianggap sakral oleh warga sekitar karena konon sering digunakan untuk pertapaan para leluhur. Hal ini terbukti dari 9 batu lokasi pertapaan yang masih ada hingga saat ini. Atraksi utamanya adalah menyusuri goa yang kurang lebih sepanjang 600 meter. Saat menelisik ke dalam, seorang pemandu akan menghibur kamu dengan cerita-cerita sejarah dan legenda seputar Goa Kiskendo.

  • Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
  • Harga Tiket: Rp5.000

5. Waduk Sermo

tempat wisata kulon progo, waduk sermo

Sumber gambar: Daka Tour

Waduk Sermo diresmikan pada tahun 1996 oleh Presiden Soeharto. Kini, waduk yang terletak di Desa Hargowilis ini telah bertransformasi menjadi tempat rekreasi andalan. Area sekitar banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang, jadi adem kalau nongkrong siang-siang. Sementara itu, waktu yang paling ramai adalah sore hari. Menikmati suasana waduk sambil memancing adalah momen paling tepat untuk menutup hari.

  • Alamat: Sremo Tengah, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
  • Harga Tiket: Rp35.000–Rp50.000
Baca Juga: Berbagai Destinasi Wisata Gunung Kidul, Hits dan Eksotis!

6. Kebun Teh Nglinggo

tempat wisata kulon progo, kebun teh

Sumber gambar: Travel Promo

Letaknya yang strategis di atas puncak perbukitan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik. Selain pemandangan yang indah, di sini kamu juga dapat mempelajari cara memetik daun teh yang baik dan benar. Fasilitas Kebun Teh Nglinggo juga cukup lengkap, diantaranya; Mushola, toilet, area parkir, warung makan dan minum, penginapan, tempat istirahat. Lokasi wisata Kebun Teh ini juga sangat mudah dijangkau karena akses jalan yang cukup memadai, meskipun jarak cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

  • Alamat: Dusun nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp5.000

7. Rafting Sungai Progo

tempat wisata kulon progo, rafting progo

Sumber gambar: Rafting Magelang

Bagi kamu yang suka dengan olahraga ekstrem, bisa mencoba untuk mengikuti rafting di Kecamatan Kalibawang. Derasnya air sungai merupakan tantangan yang akan memacu adrenalin. Sebaiknya, kamu cari info tentang penyedia jasa rafting dulu di Google dan menentukan tanggal agar kamu didampingi oleh pemandu di sana!

  • Alamat: Kisik Kreo, Kalibawang, Banjararum, Kalibawang, Sayangan, Banjararum, Kec. Kalibawang, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672
  • Harga Tiket: Rp100.000–Rp500.000

8. Puncak Kuda Sembrani

tempat wisata kulon progo, puncak kuda sembrani

Sumber gambar: Jogja on Stage

Kalau mau dekat dengan alam, coba deh menjelajahi panorama Puncak Kuda Sembrani. Puncak Kuda Sembrani memberikan keindahan alam yang eksotis serta menyuguhkan sejumlah spot untuk berswafoto. Objek wisata ini menjadi sorotan bagi pecinta fotografi, terutama bagi yang ingin mendapatkan panorama sunset. Sejumlah fasilitas di Puncak Kuda Sembrani juga sudah sangat memadai, diantaranya; Toilet, spot foto, tempat parkir, warung makan dan minum, papan informasi.

  • Alamat: Desa Banjarsari, Kecamatan kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Sukarela

9. Air Terjun Kembang Soka

tempat wisata kulon progo, air terjun kembang soka

Sumber gambar: Dinas Pariwisata Kulon Progo

Menikmati udara dingin dan jernihnya air pegunungan adalah cara yang paling tepat untuk menghilangkan penat. Semua itu bisa kamu dapatkan di Air Terjun Kembang Soka yang berada di Desa Jatimulyo. Suasana di tempat wisata Kulon Progo yang satu ini masih sangat alami. Kamu akan merasakan sensasi berada di alam liar dengan pepohonan liar dan hijau dengan air yang jernih.

  • Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
  • Harga Tiket: Rp5.000

10. Bukit Jangkang

tempat wisata kulon progo, bukit jangkang

Sumber gambar: Alodia Tour

Bukit Jangkang merupakan salah satu objek wisata Kulon Progo yang tidak pernah sepi pengunjung saat weekend maupun weekday. Kamu dapat menikmati keindahan Waduk Sermo dari ketinggian Bukit Jangkang. Sebaiknya datang pada pagi dan sore hari, sebab keindahan panorama alam sesungguhnya ada pada waktu pagi dan sore hari. Fasilitas Bukit Jangkang sudah cukup baik, diantaranya; Tempat parkir, warung makan dan minum, gardu pandang, tempat duduk.

  • Alamat: Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp5.000
promo tiket pesawat tokopedia

Naik pesawat nggak perlu bikin melarat, cek promonya di Tokopedia sebelum berangkat!

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Tawangmangu yang Harus Kamu Kunjungi

11. Wildlife Rescue Center

tempat wisata kulon progo,

Sumber gambar: KSMTour

Jika ingin berwisata sekaligus edukasi, kamu bisa berkunjung ke Wildlife Rescue Center yang berada di Kecamatan Pengasih. Kamu bisa melihat berbagai hewan liar dan juga langka di sini. Tentunnya, anak-anak akan sangat senang belajar sambil bermain di sini!

  • Alamat: Jl. Pengasih - Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55652
  • Harga Tiket: Rp10.000

12. Pantai Congot

tempat wisata kulon progo, pantai congot

Sumber gambar: Pantainesia

Tempat wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi di Kulon Progo adalah Pantai Congot. Pantai ini memiliki hutan bakau dan deretan pohon kelapa di pinggir pantai. Selain itu, terdapat juga berbagai spot yang cocok untuk berfoto. Pantai Congot mempunyai keindahan yang berbeda dengan pantai lainnya karena pantai ini memiliki ombak yang tenang dan pasir putih. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah memancing dan bermain.

  • Alamat: Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp3.000

13. Ayunan Watu Jaran

tempat wisata kulon progo, ayunan watu jaran

Sumber gambar: Phinemo

Ayunan Watu Jaran merupakan salah satu tempat wisata Kulon Progo yang sedang hits dan digemari banyak orang. Di sini, kamu bisa berayun seperti di langit. Dengan berayun dari ketinggian, kamu bisa melihat pemandangan sekitar Kulon Progo yang sangat cantik.

  • Alamat: Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
  • Harga Tiket: Rp10.000–Rp20.000

14. Goa Sriti

tempat wisata kulon progo, gua sriti

Sumber gambar: Campa Tour and Event

Goa Sriti akan memberikan pengalaman berwisata sambil belajar sejarah buat kamu. Meskipun mungkin jarang terdengar oleh wisatawan, Goa Sriti cukup bersejarah karena turut andil dalam perjuangan kemerdekaan zaman dulu. Tempat wisata kulon progo ini menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat menyusun taktik gerilya untuk menyerang Belanda yang kemudian dikenal Perang Diponegoro. Lokasi Goa Sriti cukup mudah dijangkau, tepatnya ada di Dusun Pukuh, Kecamatan Samigaluh.

  • Alamat: Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp30.000

15. Curug Siluwok

tempat wisata kulon progo, curug siluwok

Sumber gambar: WidyaLoka Wisata

Destinasi wisata alam yang tersembunyi memang banyak di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Contoh lain yang merupakan sebuah objek wisata tersembunyi adalah Curug Siluwok. Curug Siluwok memiliki ketinggian air 20 meter, Toppers. Meskipun terbilang tinggi, arus air Curug Siluwok tidak terlalu deras sehingga seringkali dijadikan tempat untuk mandi. Di bawah air terjun ini juga terdapat sebuah kolam atau sungai kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Pasti seru banget kan liburan ke sini!

  • Alamat: Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta
  • Harga Tiket: Gratis
Baca Juga: Bawa Oleh-Oleh ke Rumah, Ini Rekomendasi Bakpia Paling Enak se-Yogyakarta!

16. Puncak Suroloyo

tempat wisata kulon progo, puncak suroloyo

Sumber gambar: Liburmulu

Puncak Suroloyo juga bisa menjadi tempat yang cocok jika kamu ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Di tempat wisata Kulon Progo ini, kamu bisa mendapatkan view berupa Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Bahkan, jika beruntung, kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari atas puncak ini. Harga masuknya juga sangat murah, Toppers!

  • Alamat: Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp2.000

17. Air Terjun Setawing

tempat wisata kulon progo, setawing

Sumber gambar: Rental Mobil Jogja

Keistimewaan wisata air terjun ini adalah letaknya yang berada di perbukitan dengan ketinggian mencapai 45 meter dari permukaan laut. Di sini, terdapat spot foto yang eksotis dari atas gazebo yang bisa kami kunjungi sambil menikmati udara yang sejuk. Berswafoto di tempat wisata ini sambil melihat pemukiman sawah milik warga setempat adalah momen yang mestinya diabadikan, Toppers. Jangan sampai lupa bawa kamera, ya!

  • Alamat: Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Sukarela

18. Pantai Glagah

tempat wisata kulon progo, pantai glagah

Sumber gambar: Jogja Keren

Tidak hanya wisata alam perbukitan, Kulon Progo juga memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Glagah. Tempat ini memiliki spot pemecah ombak yang ikonik, Toppers. Tidak hanya itu, di dekat pantai kamu juga bisa mengunjungi kebun bunga matahari. Hanya mengeluarkan 5000 rupiah saja kamu sudah bisa menjelajahi pantai glagah sepuasnya!

  • Alamat: Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp5.000

19. Puncak Gunung Lanang

tempat wisata kulon progo, gunung lanang

Sumber gambar: Halo Pacitan

Konon, goa yang dijadikan sebagai objek bertapa pun masih digunakan masyarakat setempat untuk bersemedi. Untuk mencapai puncak Gunung Lanang, kamu harus berjalan sejauh 150 meter. Jalan trek di sini cukup curam, jadi kamu harus hati-hati saat berjalan menuju puncak gunung lanang. Fasilitas Puncak Gunung lanang sudah cukup baik, kamu bisa menemukan kamar mandi, tempat parkir, warung makan dan minum, dan berbagai spot foto.

  • Alamat: Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp3.000

20. Kebun Bunga Matahari

tempat wisata kulon progo, bung matahari

Sumber gambar: Arena Wisata

Bukan hanya di Bandung saja, di Kulon Progo juga ada kebun bunga matahari yang tak kalah indah, Toppers. Letak kebun bunga matahari ini berada di kawasan Pantai Glagah. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan bunga sambil berfoto-foto ria. Tapi perlu diingat, jangan bertingkah usil seperti mencabut bunga, ya!

  • Alamat: Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
  • Harga Tiket: Rp5.000
Baca Juga: Daftar Tempat Romantis di Yogyakarta yang Cocok Didatangi Pasangan Muda

Nah, itulah beberapa tempat wisata Kulon Progo yang hits. Bagaimana Toppers, sudah menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi? Jangan lupa ajak keluarga menghabiskan waktu bersama di tempat-tempat tersebut. Untuk kamu yang ingin lebih hemat saat makan, kamu bisa mencoba makan di sejumlah restoran terbaik menggunakan voucher deals Tokopedia.

pesan hotel tokopedia

Pesan hotel anti ribet, klik gambar dan cek di Tokopedia!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia